NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Rencana Kegiatan TPQ An Nuur Sidowayah Sepanjang Bulan Oktober dan November 2022

MEDIA AN NUUR─Minggu, 16 Oktober 2022. Pengurus TPQ An Nuur Sidowayah berkumpul di Musala Asmaul Husna, Cowati, untuk melaksanakan rapat bulanan. Berhubung sudah pertengahan bulan, maka sekaligus merembuk rencana kegiatan TPQ untuk 2 bulan sekaligus, Oktober 2022 dan November 2022.

Rencana rapat awal Oktober 2022 terkendala hujan dan beberapa kesibukan sekolahan, akhirnya baru bisa terlaksana malam ini. Pertemuan langsung dipimpin Pak Ibnu Ka'ab, Kepala TPQ An Nuur Sidowayah. Hadir seluruh ustaz-ustazah kecuali Mas Mukhtar yang ada acara di kampus.

Rencana kegiatan
Pak Ibnu Ka'ab memimpin pertemuan

Pembahasan utama adalah kegiatan ekstra setiap hari Selasa. Selasa pekan pertama bulan Oktober 2022 sudah dilaksanakan game Gerakan Lawan Kata. Kemudian, hari Selasa pekan kedua juga sudah terlewati dengan praktik ibadah yakni praktik makmum masbuk.

Untuk hari Selasa pekan ketiga yang akan datang, 18 Oktober 2022, anak-anak akan diajak mengenali dan menyanyikan lagu-lagu islami. Untuk kali perdana ini akan menyanyikan Senandung Doa Al-Qur'an. Rencananya bertempat di halaman rumah Bu Yeni.

Rapat bulanan TPQ
Para ustazah mengikuti rapat

Hari Selasa pekan keempat, 25 Oktober 2022, akan dilaksanakan Ajang Kreativitas Santri spesial kultum. Sebelumnya, santri akan dibagikan naskah kultum pendek untuk belajar di rumah terlebih dahulu. Boleh tampil juga dengan kultum sendiri bukan yang dibagikan pengurus TPQ.

Selanjutnya, Pak Ka'ab berencana untuk membuatkan jadwal petugas pembukaan dan penutupan pertemuan TPQ agar ustaz-ustazah bisa bergantian.

Pembahasan kegiatan ekstra untuk bulan November 2022. Hari Selasa pekan pertama, 1 November 2022, akan diadakan games menyusun 10 malaikat dan tugasnya. Penanggung jawab acara Pak Wakhid.

Selasa pekan kedua, 8 November 2022, praktik ibadah salat gerhana matahari. Yang memimpin Pak Ibnu Ka'ab. Kemudian, hari Selasa pekan ketiga, 15 November 2022, kegiatan Ajang Kreativitas Santri tampil menyanyikan Senandung Doa Al-Qur'an yang dipelajari bulan Oktober.

Rapat TPA
Para ustazah muda TPQ An Nuur Sidowayah

Selasa pekan keempat, 22 November 2022, santriwan akan diajak belajar menggunakan sarung yang benar, dan santriwati akan diajari menggunakan jilbab segi empat yang syar'i. Dan hari Selasa pekan kelima, 29 November 2022, akan diadakan kegiatan olahraga.

Demikian hasil pertemuan para pengurus TPQ An Nuur Sidowayah yang membuat perencanaan kegiatan sepanjang bulan Oktober dan November 2022. Semoga apa yang direncanakan bisa berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi para santri.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 2 comments:

  1. Produktif sekali kegiatan TPQ-nya, Mas. Anak-anak pasti suka dengan kegiatan yang variatif, nggak ngebosenin belajarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak Yonal. Semoga dapat ilmunya dapat senangnya.

      Hapus
2907636960708278822