NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Manfaat Internet Mendukung Kemajuan Pendidikan Generasi Islam di TPQ

MEDIA ANNUUR─Internet sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang hidup di era digital. Siapa saja yang ingin maju harus beradaptasi dengan keberadaannya. Begitupun dunia pendidikan, wajib paham manfaat internet agar bisa terus berkembang.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan internet dengan produktif, baik di perkotaan maupun di daerah pelosok negeri.  Manfaat internet bisa untuk mendorong kemajuan masyarakat, terutama dalam bidang ekonomi dan pendidikan.

Pendidikan tak hanya yang bersifat formal di sekolahan, yang tak bisa dipandang sebelah mata adalah keberadaan pendidikan nonformal berupa Taman Pendidikan Al-Qur'an, atau biasa kita singkat dengan TPA atau TPQ. Di sanalah generasi Islam dibentuk sejak dini. Diajari bagaimana membaca kitab suci, bagaimana mencintai Allah ï·» sebagai Tuhan dan Nabi Muhammad ï·º sebagai rasul utusan-Nya.

Manfaat internet

Internetnya Indonesia bisa bermanfaat untuk memajukan apa saja. Termasuk memajukan pendidikan Islam di TPQ. Jadi, sudah semestinya pengurus TPQ beserta para ustaz-ustazah untuk mengenal internet dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kebaikan.

Manfaat Internet bagi Pendidikan di TPQ

Banyak yang bisa dilakukan oleh pengurus TPQ agar bisa maju dengan bantuan internet. Dari materi pembelajaran, kajian daring, hingga publikasi kegiatan akan sangat terbantu dengan adanya jaringan internet. Bahkan dengannya bisa memudahkan mencari dana dari para dermawan untuk kemajuan TPQ.

Publikasi Kegiatan TPQ

Pengurus TPQ bisa memublikasikan setiap acara dan kegiatan bersama adik-adik santri baik melalui website maupun media sosial. Bukan bermaksud riya', publikasi ini sebagai bentuk pertanggungjawaban atas amanah dari wali santri yang menitipkan anak belajar di TPQ.

Publikasi kegiatan bisa melalui website atau blog. Dengan blog memungkinkan membuat liputan berupa teks dan gambar yang lebih detail penyajiannya. Membuat blog semacam ini juga bisa jadi arsip online atas kegiatan yang dilakukan.

Manfaat internet
Contoh kanal Youtube yang dikelola oleh pengurus TPQ.

TPQ juga bisa membuat kanal di Youtube. Di sana kita bisa mengunggah kegiatan berupa tayangan video. Lengkapi sekalian dengan akun media sosial seperti Facebook dan Instagram. Media sosial bisa untuk sharing apa yang diunggah di Youtube maupun postingan di blog TPQ agar semakin banyak pengguna media sosial yang bisa mengaksesnya.

Materi Pembelajaran Mudah Didapatkan

Manfaat internet yang bisa kita gunakan selanjutnya adalah untuk mencari bahan pembelajaran untuk santri TPQ agar tak monoton hanya membaca iqro. Ustaz-ustazah bisa mengakses internet untuk mendapatkan bermacam materi tambahan dalam mengajar.

Manfaat internet
Santri TPQ diajak menonton film edukatif.

Sesekali santri juga bisa diajak nonton bareng film di Youtube. Banyak kanal muslim yang berisi video edukatif bisa ditonton bersama. Dari Kisah 25 Nabi, kartun bertema akhlak, ataupun cerita-cerita yang mengandung hikmah.

Media Komunikasi dengan Para Donatur

Seluruh kegiatan TPQ tak akan berjalan dengan lancar tanpa adanya donatur. Pendanaan TPQ sebagai lembaga pendidikan nonformal lebih banyak didapat dari para dermawan. Program-program penggalian dana seperti donatur bulanan adalah satu sumber yang menjadi pemasukan rutin.

Manfaat internet
Pengurus TPQ melakukan virtual meeting bersama donatur.

Untuk tetap mendapat kepercayaan itu, maka pengurus TPQ semestinya selalu berkomunikasi dengan para donatur. Dengan internet, laporan keuangan bisa disampaikan kepada mereka di manapun berada. Terlebih untuk TPQ di perdesaan yang biasa memiliki donatur di perantauan. Keberadaan internet sangat membantu sebagai media berkomunikasi.

IndiHome Hadir dengan Layanan Internet Tanpa Batas

Bicara internetnya Indonesia tak mungkin lepas dari pembicaraan layanan Telkom. Telkom Indonesia memiliki peran penting dalam penyediaan layanan internet sebagai provider yang memiliki jaringan paling stabil dan jangkauan wilayah yang luas di negeri kita tercinta ini.

Manfaat internet
Telkom hadirkan IndiHome untuk internet stabil.

IndiHome dari Telkom menyediakan layanan internet yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Termasuk untuk menunjang kegiatan pendidikan di TPQ. Sekaligus untuk kebutuhan koneksi internet di masjid, menyediakan WiFi untuk jemaah sebagai bentuk pelayanan.

Internet menjadi semakin berguna ketika dimanfaatkan untuk kebaikan. Internet mendukung kemajuan pendidikan di zaman digital sebagai sarana berbakti pada Allah ï·». Keberadaannya bisa menjadi anugerah bagi orang yang beriman.

Every time there’s a new tool, whether it’s Internet or cell phones or anything else, all these things can be used for good or evil. Technology is neutral; it depends on how it’s used.” — Rick Smolan

(Setiap kali ada alat baru, apakah itu Internet atau ponsel atau apa pun, semua itu dapat digunakan untuk kebaikan atau kejahatan. Teknologi itu netral; hal itu tergantung pada bagaimana digunakannya.)

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822