NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Senandung Doa Al-Qur'an, Lirik Arab, Latin, dan Terjemahannya

MEDIA AN NUUR─Kegiatan TPQ An Nuur Sidowayah pada Selasa sore, 18 Oktober 2022 adalah bernyanyi lagu islami Senandung Doa Al-Quran, merupakan doa khotmil quran. Pengurus TPQ membagikan lembar kertas berisi teks Senandung Doa Al-Qur'an, lirik Arab, Latin, dan terjemahannya.

Sebelumnya, pertemuan dibuka oleh Bu Mu'alimah atau akrab disapa Bu Alim. Santri diajak membaca Surat Al Fatihah dan doa mau belajar. Kemudian pembacaan Ikrar Santri dipimpin oleh Alfan dan Fauzi.

Barulah kemudian Pak Wakhid mengambil alih mikropon dan memulai kegiatan ekstra berupa menyanyikan lagu islami. Pada kesempatan ini, dipilih lagu Senandung Doa Al-Qur'an. Ada juga yang menyebut Doa Senandung Al-Qur'an, atau Senandung Al-Qur'an dan sejenisnya.

Menyanyi lagu islami
Belajar menyanyikan lagu islami

Seluruh santri sudah mendapatkan kertas teks lagunya. Pak Wakhid mulai mengajak menyenandungkannya. Sebagian santri memang sudah cukup akrab dengan lagu ini sehingga bisa langsung menyanyikannya bersama-sama.

Senandung Doa Al-Qur'an, Lirik Arab, Latin, dan Terjemahannya

Lagu ini sangat mudah dinyanyikan, nadanya bisa diikuti oleh siapa saja. Meski orang baru sekali mendengar, rata-rata bisa langsung ikut menyenandungkannya.

Lirik Senandung Doa Al-Qur'an
Lirik Senandung Doa Al-Qur'an yang dibagikan pada santri

Lirik Arab Senandung Doa Al-Qur'an

اللَّهُمَّ ارْحَمْنَا بِالقُرْءَانِ
وَاجْعَلْهُ لَنَا إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًا وَرَحْمَةً
اللَّهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نَسِيْنَا
وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا
وَارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ ءَانَآءَ الَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ
وَاجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Lirik Latin Senandung Doa Al-Qur'an

ALLOOHUMMAR HAMNAA BIL QUR’AAN
WAJ-‘ALHU LANAA IMAAMAW WANUURAA WAHUDAW WARAHMAH
ALLOOHUMMA DZAKKIRNAA MINHUMAA NASIINAA
WA ‘ALIMNAA MINHUMAA JAHILNAA
WARZUQNAA TILAAWATAHU
AANAA ALLAILI WA ATHROOFAN NAHAAR
WAJ-‘ALHU LANAA HUJATAN
YAA ROBBAL ‘ALAMIIN

Terjemah Indonesia Senandung Doa Al-Qur'an

“Ya Allah rahmatilah kami dengan Al-Qur’an. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam.”

Setelah menyenandungkan beberapa kali untuk mengenalkan lagunya pada santri yang baru tahu lagu Senandung Doa Al-Qur'an, Pak Wakhid kemudian memutarkan musik pengiringnya. Santri pun semakin bersemangat menyenandungkan lagu tersebut.

Musik karaoke lagu Senandung Doa Al-Qur'an ini diupload di Youtube oleh akun Nuansa Channel. Dengan nada yang santai disertai lirik pada video karaoke tersebut membuat mudah dalam melantunkan lagunya.

Senandung Doa Al-Qur'an
Meisya tampil di depan teman-teman

Pak Wakhid kemudian menantang maju siapa yang berani menyanyikan lagu Senandung Doa Al-Qur'an di depan teman-temannya. Santri putri yang maju adalah Meisya dan santri putra yang maju Bara. Setelah kedua santri itu, Pak Wakhid meminta santri maju berkelompok sesuai kelas. Semua kebagian tampil. Selesai sudah kegiatan sore hari ini.

Senandung Doa Al-Qur'an
Bara tampil di depan teman-teman

Dalam penutupan pertemuan, Pak Wakhid mengatakan bahwa tujuan mengenalkan lagu islami adalah untuk alternatif nyanyian bagi anak-anak karena minimnya lagu anak yang tayang atau viral di media sosial. Daripada mereka menyanyikan lagu-lagu orang dewasa yang minim edukasi.

Senandung Doa Al-Qur'an
Bernyanyi secara berkelompok sesuai kelas

Selanjutnya musik karaoke dibagikan di grup wali santri agar anak-anak bisa menyanyikannya di rumah masing-masing. Akan mudah bernyanyi dengan musik lagu Senandung Doa Al-Qur'an, yang dilengkapi lirik Arab, Latin, dan terjemahannya.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822