NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Salat Gerhana Bulan 26 Mei 2021 di Masjid An Nuur Sidowayah

MEDIA-ANNUUR─Salat Gerhana Bulan 26 Mei 2021 di Masjid An Nuur Sidowayah. Rabu, 26 Mei 2021 terjadi peristiwa gerhana bulan. Masjid An Nuur menggelar Salat Gerhana Bulan bakda Salat Magrib dengan imam dan khatib Ustaz Habib As-Salam.

Jamaah masjid An Nuur menggelar Salat Gerhana Bulan.
Jamaah masjid An Nuur menggelar Salat Gerhana Bulan.

Dalam khotbah, Ustaz Habib menyampaikan bahwa peristiwa gerhana adalah tanda kekuasaan Allah, bukan tanda kelahiran atau kematian seseorang, bukan tanda hancurnya suatu kaum. Selanjutnya, beliau menyebutkan ada tiga golongan berbeda dalam menyikapi terjadinya gerhana.

Kelompok pertama adalah mereka yang mempelajari sunah dan mengkajinya, lalu membangun keyakinan dari situ. Gerhana bukan tanda kelahiran dan kematian seseorang, tapi salah satu tanda kekuasaan Allah Swt. Mencontoh Nabi Muhammad dalam menyikapi terjadinya gerhana dengan melaksanakan salat.

Ustaz Habib menyampaikan khotbah gerhana.
Ustaz Habib menyampaikan khotbah gerhana.

Kelompok kedua adalah mereka yang ketika terjadi gerhana bersikap acuh tak acuh, tidak peduli sama sekali. Mereka menganggap hanya peristiwa alamiah biasa, selayaknya terbit dan tenggelamnya matahari. Ada dan tidaknya gerhana bukan hal penting bagi kelompok ini.

Kelompok ketiga adalah yang bersikap berlebih-lebihan dalam menyikapi gerhana. Mereka meyakini sebagai tanda kejadian tertentu. Muncullah tahayul dan khurafat yang merusak keimanan.

Sebagai muslim kita disunahkan untuk salat, memperbanyak zikir dan doa, serta anjutan bersedekah begitu terjadi gerhana. Jauhi sikap khurafat yang biasa menjadi adat kebiasaan warisan nenek moyang yang tak sesuai ajaran Nabi Muhammad Saw.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822