NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Takmir Masjid An Nuur Sidowayah Putuskan Gelar Salat Iduladha 1444 H Hari Rabu, Menyembelih Kurban pada Hari Kamis

MEDIA AN NUUR─Sabtu, 24 Juni 2023 bakda Salat Isya. Takmir Masjid An Nuur Sidowayah melaksanakan rapat koordinasi persiapan Iduladha 1444 H. Dihadiri para tokoh masyarakat Sidowayah termasuk kepala dusun dan para ketua RT dan ketua RW.

Iduladha 1444 H
Pak Tarto memimpin rakor Iduladha

Pertemuan dipandu oleh Pak Wakhid selaku pembawa acara. Musyawarah sepenuhnya dipimpin oleh Pak Sutarto, ketua takmir. Beberapa hal yang disepakati dalam musyawarah adalah sebagai berikut.

1. Pelaksanaan Salat Iduladha mengikuti maklumat PP Muhammadiyah Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 Hijriah, yakni Iduladha (10 Zulhijah 1444 H) jatuh pada hari Rabu Kliwon, 28 Juni 2023 M.

2. Pada hari Selasa Wage, 27 Juni 2023, warga diimbau berpuasa arafah yang keutamaannya bisa menghapus dosa setahun lalu dan setahun yang akan datang.

Tokoh Sidowayah
Tokoh masyarakat yang hadir

3. Pelaksanaan Salat Iduladha pada hari Rabu Kliwon, 28 Juni 2023 dimulai pukul 06.00 WIB di Masjid An Nuur Sidowayah, dengan imam dan khatib Ustaz Drs H. Sagiyo dari PCM Weru.

4. Mengikuti imbauan dari PP Muhammadiyah, karena hari Rabu masih ada yang berpuasa, maka penyembelihan kurban dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Juni 2023 dimulai pukul 07.00 WIB di pekarangan kebun Pak Amat Sumardi.

Pak Ibnu Kaab
Pak Kaab juru tulis notulen

5. Sapi kurban (sampai malam ini terdaftar 9 ekor), diantar ke area penyembelihan pada hari Rabu sore. Penanggung jawab pakan Pak H. Narmin. Untuk kurban kambing sejauh ini belum ada yang mendaftarkan.

6. Remaja masjid (Irmas) ditugaskan menjaga ternak kurban pada malam Kamis dan menginap di masjid, konsumsi minta ke bendahara takmir, Pak Heri Purwanto.

7. Petugas jagal atau penyembelihan terdiri dari Pak Setyadi (RT 01/06), Pak Fauzan (RT 01/06), Pak Ratno (RT 02/06), Pak Sutarto (RT 02/07), dan Pak Rohadi (RT 01/07).

Ibu ibu aisyiyah
Ibu-ibu Aisyiyah yang hadir

8. Pelaksanaan perawatan pengulitan dipasrahkan ke tiap RT. Yang menjadi hak lingkungan RT langsung adalah kepala, blondot, dan tulang. Sementara untuk daging, kulit, sampil kambing (kalau ada), dikumpulkan dulu ke masjid.

9. Setiap ketua RT berkewajiban mendata jumlah KK dan menyetorkan ke Pak Muh Ismail, Kepala Dusun Sidowayah, untuk pembagian daging yang tadinya tersentral di masjid sesuai prosentase jumlah KK.

Kurang lebih demikian hasil musyawarah pada malam hari ini. Semoga bisa terlaksana dengan lancar tanpa kendala suatu apa. Semoga Allah meridai dan memberkahi kita semua. Aamiin.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 4 comments:

  1. Untuk imam sholat setiap hari raya baik iedul fitri atau iedul adha entah kenapa kynya kurang manteb aja, bukankah di sekitaran lingkungan kita banyak yg hafidz quran yg bacaan qurannya bagus kenapa tdk dipakai, utk kohotib sih bisa aja ya siapapun tp kl utk imam sebaiknya diusulkan cari yg bener2 bagus baik bacaan ataupun suaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salat Idulfitri kemarin diimami oleh Ustaz Ahmad Faqih dari Sukoharjo, dosen tahfizh Qur'an UMS lho...

      Hapus
    2. Salat Iduladha 1443 H diimami oleh Ustaz Habib As Salam, sekaligus khatib. Kurang apa beliau?

      Hapus
    3. Salat Idulfitri 1443 H diimami oleh Ustaz Sukasno, S.Ag. Beliau adalah ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Weru.

      Hapus
2907636960708278822