NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Hasil Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Hari Raya Idulfitri 1444 H di Masjid An Nuur Sidowayah

MEDIA AN NUUR─Ahad, 16 April 2023 bakda Salat Tarawih. Takmir Masjid An Nuur Sidowayah menggelar rapat koordinasi kegiatan Hari Raya Idulfitri 1444 H. Dihadiri para tokoh masyarakat Sidowayah, termasuk Kepala Dusun Pak Muhammad Ismail. Hadir juga ketua RT dan ketua RW.

Rakor Salat Idulfitri
Takmir dan para tokoh masyarakat bahas hari raya

Pertemuan dipandu Pak Wakhid sebagai pembawa acara. Musyawarah inti dipimpin langsung oleh Pak Sutarto selaku Kepala Takmir Masjid An Nuur Sidowayah. Beberapa kesepakatan berhasil diputuskan dalam rapat koordinasi ini. Berikut selengkapnya:

  1. Sesuai hasil hisab PP Muhammadiyah, bahwa 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Jumat Pahing, 21 April 2023. Untuk itu pelaksanaan Salat Id di Sidowayah dilaksanakan sesuai maklumat tersebut.
  2. Penerimaan zakat fitri atau zakat fitrah hari Kamis, 20 April 2023 dimulai pukul 07.00 WIB. Tidak mengapa meski pada sekitar pukul 10.00 WIB nantinya diadakan salat gerhana matahari. Pembagian zakat kepada yang berhak dilaksanakan bakda Salat Zuhur.
  3. Menurut edaran besaran zakat dari Kemenag Sukoharjo, harga beras terbagi 2 jenis, yakni medium seharga Rp11.000/kg dan premium harganya Rp12.500/kg. Berdasar itu maka 2,5 kg untuk medium besaran zakat jika menggunakan uang dibulatkan menjadi Rp28.000 dan premium Rp32.000 per jiwa. Namun demikian, diimbau lebih baik zakat fitri dengan bahan makanan beras.
  4. Merujuk maklumat PP Muhammadiyah bahwa pada Hari Kamis, 20 April 2023 akan terjadi peristiwa Gerhana Matahari Hibrid. Takmir Masjid An Nuur akan menggelar Salat Gerhana Matahari sekitar pukul 10.00 WIB dengan imam dan khatib dari PPTQ Qoryatul Qur’an.
  5. Pengumpulan dana LPD (Lembaga Pembangunan Desa) yang berupa iuran dari warga tiap RT se-Sidowayah paling lambat pada malam takbir. Penyerahan langsung ke bendahara takmir, yakni Pak Heri Purwanto.
  6. Pengurus TPQ An Nuur dan remaja masjid akan mengadakan acara Takbir Keliling pada malam 1 Syawal. Rutenya hanya berkeliling Dukuh Sidowayah dengan pertimbangan adanya potensi perbedaan 1 Syawal dengan pemerintah, sehingga dukuh lain bisa jadi masih melaksanakan Salar Tarawih.
  7. Salat Idulfitri 1444 H dilaksanakan di Masjid An Nuur Sidowayah sekira pukul 07.00 WIB dengan imam dan khatib Ustaz Ahmad Faqih dari Sukoharjo. Untuk sarapan ustaz ditemani sebagian takmir bertempat di rumah Pak Diyono.
  8. Sehubungan Hari Raya Idulfitri 1444 H bertepatan dengan hari Jumat, sesuai kebiasaan maka di Masjid An Nuur tetap mengadakan salat Jumat berjemaah.

Aisyiyah Sidowayah
Perwakilan ibu-ibu yang hadir

Demikian beberapa hal yang disepakati dalam rapat koordinasi takmir Masjid An Nuur Sidowayah tentang penyelenggaraan Hari Raya Idulfitri 1444 H. Semoga apa yang telah disepakati bisa terlaksana dengan lancar dan mendapat rida dari Allah ï·». Aamiin ya Rabbal Alamiin.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 2 comments:

2907636960708278822