NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Allah Menaungi Orang yang Hatinya Bertaut pada Masjid, Pasangan karena Allah, Menolak Zina, Berinfak Diam-Diam, dan Menangis dalam Zikir Sunyi

MEDIA AN NUUR─Selasa, 27 Februari 2023. Pengajian rutin malam Selasa di Masjid An Nuur di bawah asuhan Ustaz Danuri, ketua ranting Muhammadiyah Ngreco. Diawali dengan bersama-sama membaca Surat Al Fatihah dan Surat Al Fath (48) ayat 1 sampai 9.

Ustaz Danuri
Ustaz Danuri sampaikan kajian

Ustaz Danuri melanjutkan pembahasan pekan sebelumnya, terkait perlindungan Allah ﷻ kepada 7 golongan manusia ketika tiba hari akhir atau hari kiamat. Hadis selengkapnya adalah sebagai berikut;

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ في ظِلِّهِ يَوْمَ لا ظِلَّ إلَّا ظِلُّهُ: إِمامٌ عادِلٌ، وشابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللَّه تَعالى، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌفي المَسَاجِدِ، وَرَجُلانِ تَحَابَّا في اللَّه: اجتَمَعا عَلَيهِ، وتَفَرَّقَا عَلَيهِ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ، وَجَمَالٍ فَقَالَ: إِنِّي أَخافُ اللَّه، ورَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فأَخْفَاها، حتَّى لا تَعْلَمَ شِمالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينهُ، ورَجُلٌ ذَكَرَ اللَّه خالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

Ada tujuh golongan yang akan dinaungi Allah dengan naungan 'Arsy-Nya pada hari di mana tak ada naungan kecuali naungan- Nya. (Yaitu) pemimpin yang adil; pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Tuhannya; orang yang hatinya terpaut pada masjid; dua orang yang saling mencintai karena Allah sehingga berkumpul dan berpisah karena Allah; lelaki yang diajak (berzina) oleh seorang yang berkedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, 'Sungguh aku takut kepada Allah'; orang yang bersedekah lalu merahasiakannya hingga tangan kirinya tak tahu apa yang diinfakkan tangan kanannya; orang yang berzikir kepada Allah kala sunyi, lalu bercucuran air matanya.” (HR. Bukhari)

Pembahasan kali ini adalah golongan ketiga, yakni orang yang hatinya terpaut pada masjid. Orang yang akan mendapat perlindungan Allah ketika tak ada perlindungan selain hanya dari-Nya ini selalu bersegera menuju masjid ketika azan berkumandang. Ia tak akan meninggalkan salat berjemaah.

Golongan keempat, adalah dua orang yang saling mencintai karena Allah sehingga berkumpul dan berpisah karena Allah. Dua orang ini di antaranya adalah sepasang suami istri yang berumah tangga karena Allah semata.

Pasutri seperti ini tak terpengaruh kekayaan pasangan sebelum menikah, tidak karena rupawan semata, sehingga ketika yang indah-indah pada pernikahan sudah tak ada maka mereka tetap berbahagia karena Allah. Mereka bersatu karena Allah, dan perpisahan mereka pun karena Allah, seandainya terjadi perceraian ataupun salah satu meninggal duluan.

Bagi para orang tua, ketika anak kita menyukai lawan jenis dan hendak menikah, tanyakan alasan memilih calonnya itu. Apa karena hartanya, wajah rupawannya, atau karena agamanya? Hendaklah memberi pemahaman agar menikah karena Allah agar hubungan langgeng bernilai ibadah.

Golongan kelima, yang akan mendapat naungan Allah adalah lelaki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang berkedudukan lagi cantik, lalu ia menolak dengan mengatakan bahwa sungguh dirinya takut kepada Allah. Ini seperti kisah Nabi Yusuf AS yang digoda Zulaikha.

Golongan keenam adalah orang-orang yang berinfak secara sembunyi-sembunyi. Memberi bukan untuk pujian manusia, tapi semata untuk mencari keridaan Allah saja.

Yang terakhir, adalah golongan orang yang berzikir pada Allah dalam kesunyian hingga matanya melelehkan air mata. Menangis karena zikir yang dilafalkannya hingga merasuk ke dalam sanubari. Merasa kerdil di hadapan Allah, merasa dosa sedemikian besar dan menyesalinya di hadapan sang pencipta.

Demikian penjelasan tuntas untuk 7 golongan yang kelak mendapat naungan Allah di hari akhir. Semoga menggerakkan hati kita untuk memasukkan diri ke dalam golongan istimewa tersebut, sehingga kelak mendapat perlindungan Allah.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822