NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Perlindungan Allah untuk Pemimpin Adil dan Pemuda yang Taat Beribadah

MEDIA AN NUUR─Senin, 20 Februari 2023. Pengajian rutin malam Selasa di Masjid An Nuur di bawah asuhan Ustaz Danuri, ketua ranting Muhammadiyah Ngreco. Diawali dengan membaca Surat Al Fatihah bersama-sama dan melanjutkan Surat Muhammad (47) ayat 30 sampai selesai ayat 38.

Ustaz Danuri
Ustaz Danuri jelaskan pemimpin yang adil

Malam ini, Ustaz Danuri mengawali kajian dengan membacakan hadis panjang terkait perlindungan Allah ﷻ kepada 7 golongan manusia ketika tiba hari akhir atau hari kiamat. Hadis selengkapnya adalah sebagai berikut;

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ في ظِلِّهِ يَوْمَ لا ظِلَّ إلَّا ظِلُّهُ: إِمامٌ عادِلٌ، وشابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللَّه تَعالى، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌفي المَسَاجِدِ، وَرَجُلانِ تَحَابَّا في اللَّه: اجتَمَعا عَلَيهِ، وتَفَرَّقَا عَلَيهِ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ، وَجَمَالٍ فَقَالَ: إِنِّي أَخافُ اللَّه، ورَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فأَخْفَاها، حتَّى لا تَعْلَمَ شِمالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينهُ، ورَجُلٌ ذَكَرَ اللَّه خالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

Ada tujuh golongan yang akan dinaungi Allah dengan naungan 'Arsy-Nya pada hari di mana tak ada naungan kecuali naungan- Nya. (Yaitu) pemimpin yang adil; pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Tuhannya; orang yang hatinya terpaut pada masjid; dua orang yang saling mencintai karena Allah sehingga berkumpul dan berpisah karena Allah; lelaki yang diajak (berzina) oleh seorang yang berkedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, 'Sungguh aku takut kepada Allah'; orang yang bersedekah lalu merahasiakannya hingga tangan kirinya tak tahu apa yang diinfakkan tangan kanannya; orang yang berzikir kepada Allah kala sunyi, lalu bercucuran air matanya.” (HR. Bukhari)

Golongan pertama yang akan diberi perlindungan Allah ﷻ di hari akhir adalah pemimpin yang mampu berlaku adil ketika mendapatkan amanah menjadi pemimpin. Siapa saja yang masuk kategori pemimpin yang adil?

Kajian Ranting Muhammadiyah Ngreco
Mahasiswa KKN UMS ikuti kajian

Pemimpin yang adil adalah yang mau mengurusi rakyatnya tanpa pilih kasih. Di negeri kita, pemimpin dipilih oleh rakyat, tentu wajar ada perbedaan pilihan. Namun, ketika yang terpilih memimpin maka tidak seharusnya membedakan rakyat atau warganya. Pemimpin yang tidak pilih kasih itu termasuk jenis pemimpin yang adil.

Kategori pemimpin adil selanjutnya adalah pemimpin yang menegakkan kebenaran. Sebagai muslim, kebenaran yang harus ditegakkan adalah yang sesuai dengan apa yang diajarkan Allah dan rasul-Nya. Pemimpin adil bisa memilah kebiasaan adat yang menuju kepada kesyirikan dan kemaksiatan untuk tidak dibudayakan, meski itu warisan nenek moyang.

Pengajian masjid An Nuur
Ibu-ibu menyimak penjelasan

Sebaliknya, pemimpin yang adil adalah yang mau meluruskan jalan yang salah menuju pada jalan lurus sesuai aturan agama. Pemimpin yang berusaha membawa orang-orang di bawah kepemimpinannya menuju jalan lurus dalam naungan rida Allah ﷻ.

Golongan kedua yang akan mendapat perlindungan Allah ﷻ di hari kiamat adalah pemuda yang yang tumbuh dewasa dalam ibadah kepada Allah ﷻ. Mengapa harus pemuda? Karena masa muda itu identik dengan hedonis dan foya-foya, hanya memikirkan kesenangan dunia, maka pemuda yang tumbuh dengan ibadah menjadi pemuda istimewa. Pantas baginya mendapat perlindungan Allah ﷻ dari panasnya penantian di Padang Mahsyar.

Demikian kajian yang disampaikan Ustaz Danuri malam hari ini. Baru mengulas 2 golongan yang mendapat perlindungan Allah ﷻ kelak di hari akhir, yakni pemimpin yang adil dan pemuda yang tumbuh dalam ibadah kepada Allah ﷻ. Semoga bermanfaat!

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822