NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Ribuan Warga Weru Meriahkan Pawai Gebyar Muktamar Muhammadiyah Ke-48

MEDIA AN NUUR─Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Weru menggelar pawai Gebyar Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 dengan start dan finish di Lapangan Desa Karangtengah, Weru, Sukoharjo. Pawai yang dilaksanakan pada hari Ahad pagi, 11 September 2022 ini, tak hanya diikuti warga Muhammadiyah, melainkan juga masyarakat umum yang turut hadir memeriahkan acara tersebut.

Semarak muktamar
Penampilan marching band

Lapangan Desa Karangtengah meriah oleh penampilan marching band dari beberapa sekolah binaan Muhammadiyah. Sebuah panggung utama didirikan panitia, sekaligus untuk memajang cukup banyak doorprize yang disediakan PCM maupun PCA dan juga para sponsor.

Sejak pukul 06:30 WIB warga sudah berdatangan. Ada yang membawa sepeda, sepeda motor, dan juga mobil bak terbuka. Bendera Muhammadiyah berkibar di mana-mana. Pawai dimulai dengan peserta yang bersepeda di depan diikuti motor dan mobil bak terbuka.

Kokam Weru
KOKAM amankan acara

Para anggota KOKAM (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah) dibantu dari kepolisian, membantu pengamanan sepanjang jalan lokasi pawai.

Rute pawai mengelilingi Kecamatan Weru. Keluar dari Lapangan Desa Karangtengah menuju ke timur, arah Watukelir. Sesampainya di perempatan SMP Negeri 2 Weru, Desa Karangwuni, berbelok ke utara menuju ke Desa Weru. Sampai di pertigaan Sigrojok, rombongan pawai diarahkan belok ke kiri menuju arah Kantor Kecamatan Weru.

Semarak muktamar
Peserta pawai bermotor

Sampai di pertigaan depan Kantor Kecamatan Weru, peserta pawai belok ke barat, arah ke Cawas, Klaten. Kemudian berbelok lagi ke selatan melewati pusat usaha genteng Dukuh Nambangan, Desa Grogol. Di Dukuh Nambangan inilah panitia membagikan kupon undian doorprize kepada peserta pawai.

Sepeda santai
Pesepeda memimpin di depan

Rute berlanjut ke selatan, sampai ke jalan utama menuju Desa Karangtengah untuk kemudian seluruh peserta mencapai garis finish kembali ke Lapangan Desa Karangtengah. Lelah mereka disambut banyak pedagang makanan dan minuman ringan yang turut berjualan memeriahkan acara pawai.

Ketua PCM Weru, Pak H. Sukasno menyampaikan apresiasi setingginya kepada panitia dan juga seluruh peserta. Dijelaskannya bahwa kegiatan hari ini merupakan rangkaian acara menyambut Muktamar Muhammadiyah yang akan dilaksanakan di  Solo, 18-20 November 2022.

Pak H. Sukasno juga meneriakkan yel-yel yang disambut para peserta pawai, “Meneguhkan Muhammadiyah Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta!”

Acara pengundian doorprize segera berlangsung, sementara sengatan matahari semakin membakar. Usai pembagian doorprize, warga bubar, pulang kembali ke rumah masing-masing. Tercatat oleh panitia, peserta pawai mencapai angka 4.645 orang. Sungguh meriah luar biasa.

Semarak muktamar
Suasana pengundian doorprize

Adapun kegiatan serupa dilaksanakan serempak oleh PWM Jawa Tengah bersama dengan 35 PDM se-Jawa Tengah di tiap PCM. Untuk PCM Sukoharjo, Nguter, Bendosari dan Grogol berpusat di Lapangan Joho Sukoharjo.

PCM Blimbing berpusat di ICMA Blimbing, barat Balai Desa Wonorejo. PCM Bekonang berpusat di Lapangan Cangkol. PCM Kartasura berpusat di Lapangan Gumuksari Pucangan.

PCM Baki berpusat di MIM Waru. PCM Gatak berpusat di pendapa Kecamatan Gatak. PCM Bulu berpusat di Masjid Al Jami Bulu. PCM Tawangsari berpusat di Masjid Ar Rohman Lorog.

Peserta pawai Muhammadiyah
Rekap peserta pawai yang dirilis PDM Sukoharjo

Demikianlah semarak kegiatan yang diadakan warga Muhammadiyah dalam menyongsong dan siap menyukseskan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 yang mengusung tema “Muhammadiyah memajukan Indonesia mencerahkan semesta.”

Foto: dok pribadi dan unduhan dari akun facebook Irsam Nasirin

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 1 comments:

  1. Hwah seru sekali pawai semarak muktamarnya. Dengan peserta lebih dari 4000 orang, pasti pecah banget sich. Sehatnya dapat, kebersamaannya juga pasti terasakan

    BalasHapus
2907636960708278822