NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

3 Sumpah Rasulullah tentang Hakikat Sedekah, Sabar Memaafkan, dan Kebiasaan Meminta

MEDIA AN NUUR─Senin, 12 September 2022. Pengajian malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah. Sebagaimana biasanya, diasuh oleh Ustaz Danuri, ketua PRM Ngreco. Pertemuan diawali membaca basmalah dan Surat Al Fatihah, dilanjut membaca bersama-sama Surat Asy Syura (42) ayat 52 sampai Surat Az Zukhruf (43) ayat 10.

3 sumpah Rasulullah
Pengajian Ustaz Danuri

Malam ini, Ustaz Danuri menyampaikan tentang 3 sumpah Rasulullah ﷺ yang sudah bisa dipastikan akan menjadi kenyataan. Sumpah ini terkait perbuatan manusia yang bisa mengangkat derajat atau menghinakannya.

أَبُو كَبْشَةَ الْأَنَّمَارِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ ثَلَاثَةٌ أُقْسِمُ عَلَيْهِنَّ وَأُحَدِّثُكُمْ حَدِيثًا فَاحْفَظُوهُ قَالَ مَا نَقَصَ مَالُ عَبْدٍ مِنْ صَدَقَةٍ وَلَا ظُلِمَ عَبْدٌ مَظْلَمَةً فَصَبَرَ عَلَيْهَا إِلَّا زَادَهُ اللَّهُ عِزًّا وَلَا فَتَحَ عَبْدٌ بَابَ مَسْأَلَةٍ إِلَّا فَتَحَ اللَّهُ عَلَيْهِ بَابَ فَقْرٍ. رواه أحمد و الترميذى

Abu Kabsyah Al Anmari ia mendengar Rasulullah ﷺ  bersabda: “Tiga hal, aku bersumpah atasnya dan aku akan mengatakan suatu hal pada kalian, hendaklah kalian menjaganya.” Rasulullah ﷺ  bersabda: “Tidaklah harta seorang berkurang karena sedekah; tidaklah seseorang diperlakukan secara lalim lalu ia bersabar melainkan Allah akan menambahkan kemuliaan untuknya; dan tidaklah seorang hamba membuka pintu minta-minta melainkan Allah akan membukakan pintu kemiskinan untuknya.” (HR Ahmad dan Tirmidzi)

3 Sumpah Rasulullah tentang Sedekah, Sabar, dan Kebiasaan Meminta

Sumpah memiliki derajat yang tinggi dan bukan hal yang boleh untuk main-main. Sumpah memiliki konsekuensi dan dampak pada yang mengucapkannya. Bagaimana jika yang bersumpah adalah Rasulullah ﷺ? Maka sumpah itu pasti menjadi kenyataan.

Pengajian malam Selasa
Ibu-ibu mengikuti pengajian

Dari hadis di atas, kita bisa menjumpai 3 sumpah Rasulullah ﷺ yang jika kita perhatikan bisa membuat kita mulia, juga sebagai peringatan agar kita tak jadi hina. Apa sajakah itu?

1. Harta Tak Akan Berkurang Sebab Sedekah

Sumpah pertama Rasulullah ﷺ adalah sedekah tidak akan menjadikan harta berkurang. Kalau dilogika, bersedekah mengeluarkan harta maka harta akan berkurang. Tapi Rasulullah ﷺ mengatakan sebaliknya, justru berkat sedekah orang akan menjadi tambah hartanya.

Sumpah Rasulullah ﷺ ini seirama dengan ayat Al-Qur'an tentang perumpamaan orang berinfak. Yakni pada Surat Al Baqarah (2) ayat 261.

مَّثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَشَآءُ ۗ وَاللَّهُ وٰسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: Ayat 261)

2. Kesabaran Orang Terzalimi akan Menjadikannya Mulia

Orang yang memberi maaf pada orang lain, apalagi yang berbuat zalim, maka akan diberikan kemuliaan oleh Allah ﷻ. Bahkan dalam Al-Qur'an ada dijelaskan bahwa pemaaf merupakan ciri khas orang bertakwa, yang dijanjikan Allah ﷻ akan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi.

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِى السَّرَّآءِ وَالضَّرَّآءِ وَالْكٰظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

(yaitu) orang-orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Ali 'Imran: Ayat 134)

3. Allah Membukakan Pintu Kemiskinan bagi Orang yang Meminta-minta

Sedemikian hinanya derajat orang yang suka meminta-minta sehingga Allah ﷻ membukakan baginya pintu kemiskinan.  Mendapatkan harta hasil usaha mengemis bukanlah sesuatu yang patut untuk dibanggakan, bahkan adalah kehinaan.

Islam mengajarkan untuk mencari rezeki dengan cara yang terhormat dan sangat mencela budaya meminta-minta. Oleh sebab itu, Islam memandang sangat mulia orang-orang yang berusaha mencari rezeki secara halal.

Pengajian rutin
Bapak-bapak yang hadir pengajian

Demikian isi taushiah pengajian malam Selasa kali ini. Semoga kita bisa kaya dengan bersedekah, bisa mulia berkat bersabar saat dizalimi, dan dijauhkan dari kebiasaan meminta pada orang lain. Aamiin.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822