NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Kandungan Surat Yasin Ayat 40, Alquran Ungkap Sebagian Rahasia Alam Semesta

MEDIA AN NUUR─Surat Yasin sangat populer di kalangan umat Islam. Bahkan banyak yang menghafalnya, juga merutinkan membacanya. Merupakan surat ke-36 dalam Alquran dan memiliki jumlah 83 ayat. Surat Yasin termasuk surat Makiyah karena diturunkan di kota Mekah.

Surat Yasin Ayat 40 dan Terjemahannya

Salah satu ayat pada Surat Yasin mengungkapkan tentang rahasia alam semesta, berkaitan dengan matahari dan bulan, serta siang dan malam. Yakni pada ayat ke-40.

Surat Yasin

لَا الشَّمْسُ يَنۢبَغِى لَهَآ أَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا الَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ ۚ وَكُلٌّ فِى فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Masing-masing beredar pada garis edarnya.” (QS. Yasin: Ayat 40)

Alquran Ungkap Rahasia Alam Semesta

Alquran telah mengungkapkan pengaturan dan ketetapan Allah ﷻ terkait matahari dan bulan yang mengelilingi garis edarnya. Bergerak bolak-balik secara terus menerus sampai akhir zaman.

Surat Yasin ayat 40 menunjukkan bahwa Allah ﷻ berkuasa atas segala sesuatu, mengatur alam semesta tanpa sedikit pun kelemahan. Masing-masing benda langit dalam tata surya berada di tempatnya sesuai garis edar.

Matahari dan bulan tidak saling berkejaran, sehingga tidak menimbulkan benturan. Tentu saja jika tak ada yang mengatur garis edarnya pastilah bertabrakan satu sama lain. Begitu juga kehadiran malam dan siang bergantian sesuai ketentuan-Nya.

Manfaat Tadabur Alquran bagi Manusia

Menyadari betapa kuasanya Allah ﷻ maka terasa betapa kerdilnya kita sebagai manusia yang lemah. Kita membuat aturan rambu lalulintas saja masih banyak terjadi kecelakaan. Sungguh, remeh sekali kita sebagai manusia, di hadapan kuasa Allah ﷻ atas alam semesta.

Sebagai makhluk lemah, memahami kandungan Surat Yasin ayat 40 mengajarkan kita agar semakin yakin bahwa Allah ﷻ tak akan pernah meninggalkan hamba-Nya. Menjadikan kita berpikir positif dalam menjalani kehidupan.

Mentadaburi ayat-ayat Alquran sejatinya membuat kita semakin tahu berbagai ilmu. Dengan ilmu akan meraih segala kebaikan. Pada ujungnya akan menguatkan keimanan kita kepada Allah ﷻ.

Syekh Abdurrahman bin Nashir As Sa’di pernah berkata,

تَدَبُّر كِتَاب اللهِ مِفْتَاح لِلْعُلُوْمِ، وَبِهَ يَسْتَنْتِج كُلّ خَيْر، وَتَسْتَنْتِج مِنْهُ الْعُلُوْم، وَبِهِ يزْدَادُ الْإِيْمَان فِيْ الْقَلْبِ، وَترْسَخ شَجَرَته

“Mentadaburi kitabullah adalah kunci bagi berbagai ilmu, dengannya seseorang akan meraih segala kebaikan serta meraih ilmu-ilmu (yang banyak) dan dengannya pula akan menambah iman di dalam hati serta menguatkan akar pohonnya.” 

Demikian ulasan tentang kandungan Surat Yasin ayat 40 yang mengungkapkan sebagian rahasia alam semesta. Semoga kita bisa menjadi hamba yang gemar mentadaburi Alquran, agar kian dekat dengan Sang Maha Pencipta.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 2 comments:

2907636960708278822