NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

3 Nasihat Malaikat Jibril untuk Rasulullah Muhammad dan Seluruh Umatnya

MEDIA AN NUUR─Senin, 19 September 2022. Pengajian rutin malam Selasa di Masjid An Nuur di bawah asuhan Ustaz Danuri, ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Ngreco. Sebagai pembuka, jemaah diajak membaca lanjutan Surat Az Zukhruf (43) ayat 11 sampai 22.

Kajian Malam Selasa
Ustaz Danuri bacakan hadis

Ustaz Danuri menyampaikan sebuah hadis tentang 3 nasihat Malaikat Jibril kepada Rasulullah Muhammad ﷺ.

تَانِي جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ، فَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ عِشْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَيِّتٌ، وَأَحْبِبْ مَنْ شِئْتَ فَإِنَّكَ مَفَارِقُهُ، وَاعْمَلْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَجْزِيٌّ بِهِ،

Jibril mendatangiku lalu berkata, Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena sesungguhnya kamu akan mati. Cintailah siapa yang kamu suka, karena sesungguhnya engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah sesukamu, karena sesungguhnya engkau akan diberi balasan karenanya.”  (HR. Ath-Thabarani)

3 Nasihat Jibril pada Rasulullah

Dari hadis di atas bisa kita lihat ada 3 nasihat dari Malaikat Jibril yang disampaikan kepada Nabi Muhammad ﷺ. Adapun ketiganya adalah sebagai berikut:

1. Hiduplah sesukamu tapi ingatlah akan mati

Jibril menyatakan bahwa Rasulullah ﷺ dipersilakan berbuat sesukanya dalam hidup, tapi harus ingat bahwa nantinya akan mati. Kematian adalah sebuah kepastian dan kita tak bisa lari darinya, sebagaimana Allah berfirman:

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِى تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُۥ مُلٰقِيكُمْ ۖ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلٰى عٰلِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهٰدَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Katakanlah, Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS. Al-Jumu'ah: Ayat 8)

Pengajian Muhammadiyah
Ibu-ibu menyimak kajian

Sungguh, dengan mengingat kematian maka kita akan mengontrol diri secara otomatis. Pantas saja Jibril mempersilakan hidup suka-suka, bersamaan dengan mengabarkan akan datangnya kematian.

2. Cintailah siapa saja, tapi ingatlah akan ada perpisahan dengannya

Jibril mempersilakan mencintai siapa saja, tapi harus sadar betul bahwa nantinya akan ada perpisahan dengannya. Kecintaan itu akan  terputus. Pada waktunya semua akan berpisah. Hingga akan menyadari bahwa cinta yang abadi hanya cinta pada Allah.

3. Berbuatlah sesukamu, tapi ingat akan ada pertanggungjawaban

Jibril mengatakan Rasulullah ﷺboleh berbuat apa saja, tapi harus menyadari sekecil apa pun kebaikan dan keburukan yang dilakukan manusia, Allah pasti akan membalasnya. Semua akan dipertanggungjawabkan dan dibalas oleh Allah. Balasan datang bisa secara langsung maupun tidak.

Pengajian
Bapak-bapak menyimak kajian

Apa yang dinasihatkan Jibril kepada Rasulullah ﷺ berlaku juga sebagai nasihat untuk kita semua. Kita boleh hidup sesuka kita, mencintai siapa saja, dan berbuat apapun. Tapi tetap harus ingat bahwa semua itu ada konsekuensinya.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822