NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru Tarawih Keliling ke Masjid An Nuur Sidowayah

MEDIA ANNUUR─Pimpinan Cabang Muhammadiyah Weru Tarawih Keliling ke Masjid An Nuur Sidowayah. Hari Selasa, 12 April 2022, masjid An Nuur Sidowayah kedatangan Tim Tarawih Keliling dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Weru. Tim PCM Weru hadir sekira pukul 16:30 WIB, disambut para tokoh masyarakat yang kemudian dijamu buka puasa di rumah Bapak Diyono.

Tarling PCM Weru
Pelaksanaan Salat Tarawih bersama PCM Weru.

Pelaksanaan Salat Tarawih berlangsung khidmat dan khusyuk diimami oleh Ustaz Widodo. Adapun Tim PCM Weru yang hadir ke Ranting Ngreco ini di antaranya adalah Ustaz Suwarto, Ustaz Sunardi, Ustaz Sumanto, dan Ustaz Luqman.

Setelah pelaksanaan Salat Tarawih dan Witir, Ustaz Sutarto selaku Kepala Takmir Masjid An Nuur Sidowayah naik ke mimbar sekaligus mewakili Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Ngreco, mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Tim Tarawih Keliling PCM Weru.

Sambutan Ustaz Sutarto
Sambutan Ustaz Sutarto

Ustaz Sutarto menyampaikan perkembangan pendidikan di Sidowayah secara sekilas, tentang kemajuan MIM Sidowayah dan juga BA Aisyiyah Sidowayah. Termasuk pembangunan gedung BA Aisyiyah Sidowayah yang sedang berlangsung.

Usai Pak Sutarto, selanjutnya naik ke mimbar perwakilan dari Tim PCM Weru untuk memberikan sambutan. Pada kesempatan ini disampaikan oleh Ustaz Sumanto.

Ustaz Sumanto mengawali dengan mengajak mensyukuri kesehatan sehingga masih bisa beribadah di bulan suci Ramadan tahun ini. “Banyak saudara kita yang ingin bisa beribadah di bulan Ramadan 1443 H tapi tidak kesampaian karena sudah keburu dipanggil Allah Swt menghadap-Nya,” kata beliau.

Sambutan Ustaz Zumanto
Sambutan Ustaz Sumanto

Muhammadiyah mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sidowayah atas perjuangan dan kemakmuran sekolahan di Sidowayah. “Kami titip untuk dijaga dan dimakmurkan keberadaannya,” pesan Ustaz Sumanto.

Ustaz Sumanto juga mengimbau para orang tua yang menyekolahkan anak di BA dan MI Muhammadiyah Sidowayah bisa melanjutkan sekolah di SMP Muhammadiyah dan SMA atau SMK Muhammadiyah. “Kalau mau anaknya dipondokkan ke pesantren, sudah ada PPTQ Atmo Wahjono Kalisige dan Ponpes Modern Muhammadiyah Sangen,” kata beliau.

Dalam kesempatan Tarawih Keliling kali ini, PCM Weru membawa buah tangan berupa 3 eksemplar kitab suci Al-Qur'an dan 1 eksemplar buku Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah 3. Paket diserahkan langsung kepada Kepala Takmir Masjid An Nuur Sidowayah, Ustaz Sutarto.

Oleh-oleh Tarling PCM Weru
Penyerahan oleh-oleh Tarling PCM Weru

Taushiah pada kesempatan kultum malam ini disampaikan oleh Ustaz Suwarto. Beliau menyampaikan bahwa kita manusia pastilah banyak dosa. “Marilah kita banyak memohon ampunan kepada Allah Swt,” ajak beliau.

Ustaz Suwarto
Taushiah Ustaz Suwarto

Ustaz Suwarto kemudian membacakan ayat-ayat Al-Quran, yakni pada Surat Az-Zariat ayat 15-18.

اِنَّ الْمُتَّقِيْنَ فِيْ جَنّٰتٍ وَّعُيُوْنٍ 

اٰخِذِيْنَ مَاۤ اٰتٰٮهُمْ رَبُّهُمْ ۗ اِنَّهُمْ كَا نُوْا قَبْلَ ذٰلِكَ مُحْسِنِيْنَ 

كَا نُوْا قَلِيْلًا مِّنَ الَّيْلِ مَا يَهْجَعُوْنَ

وَبِا لْاَ سْحَا رِ هُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ

Yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik, mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam, dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).” (QS. Az-Zariyat: 15-18)

Ayat di atas menyebutkan yang kelak masuk ke taman surga adalah orang yang berbuat baik selama di dunia, sedikit sekali tidur malam, dan memohon ampun pada akhir malam.

Kesempatan memohon ampun kepada Allah Swt dengan memperbanyak istighfar pada akhir malam di bulan suci Ramadan adalah waktu kita sahur. “Manfaatkan waktu terbaik tersebut agar Allah Swt melimpahkan maghfirah pada kita semua,” pungkas beliau.

Berakhirnya taushiah Ustaz Suwarto menandakan berakhirnya acara Tarawih Keliling PCM Weru kali ini. Semua berharap silaturahim ini memberikan manfaat bagi kebaikan bersama.

PCM Weru
Foto bersama PCM Weru dan Takmir Masjid An Nuur

Di akhir pertemuan, Tim PCM Weru berfoto bersama Takmir Masjid An Nuur Sidowayah dan 3 santri Ponpes Qoryatul Qur'an yang sedang bertugas Safari Dakwah di Sidowayah.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822