NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Kendaraan Prima Teladani Nabi Kita, Cek Daftar Harga Aki Motor di Planet Ban untuk Rekomendasinya

MEDIA AN NUUR─Tak hanya ilmu agama, bahkan ilmu duniawi juga perlu kita ketahui. Apalagi kalau ilmu duniawi itu ada pengaruhnya dengan aktivitas ibadah. Sebagai contoh ilmu dunia seputar kendaraan. Setidaknya kita tahu dasarnya, tentang busi, kondisi angin ban, oli yang tak boleh telat, atau mengetahui daftar harga aki motor.

Sepeda motor masih menjadi kendaraan pilihan terbaik untuk menunjang aktivitas dalam menghadiri kajian-kajian, baik yang rutin seperti pengajian Ahad pagi, atau kajian insidental yang tidak terjadwal secara rutin. Apalagi untuk para muda atau keluarga kecil yang masih cukup dengan motoran ke mana-mana.

Merawat Kendaraan adalah Meneladani Rasulullah

Uswatun hasanah kita, Rasulullah Muhammad ﷺ telah memberikan teladan dalam segala aspek kehidupan, termasuk di antaranya adalah dalam hal merawat kendaraan atau hewan tunggangannya.

Merawat kendaraan
Merawat kendaraan seperti Rasulullah merawat tunggangannya dengan baik

Salah satu kendaraan atau tunggangan Rasulullah ﷺ adalah kuda yang beliau miliki yaitu As-Sakbu. Disebutkan bahwa tunggangan beliau ini sangat bersih terawat dan berwarna kinclong, dalam arti bulunya tidak kusam dan pudar. 

 أَفْضَلُ دِينَارٍ يُنْفِقُهُ الرَّجُلُ ؛ دِينَارٌ يُنْفِقُهُ عَلَى عِيَالِهِ، وَدِينَارٌ يُنْفِقُهُ الرَّجُلُ عَلَى دَابَّتِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ، وَدِينَارٌ يُنْفِقُهُ عَلَى أَصْحَابِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ 

"Uang terbaik yang dibelanjakan adalah untuk keperluan keluarganya, lalu untuk perawatan kendaraannya (yang digunakan untuk kebaikan), dan uang untuk mencukupi kebutuhan teman-temannya yang berjuang di jalan Allah." (HR. Muslim dari Tsauban RA).

Nah, korelasinya untuk kehidupan sekarang adalah bahwa kita harus merawat kendaraan yang kita pakai untuk kebaikan. Ternyata selain memang sudah seharusnya begitu, hal ini juga mengikuti keteladanan Nabi yang berarti kita akan mendapatkan pahala sunah karena ittiba Rasulullah ﷺ.

Lepas dari semua itu, pada hakikatnya, merawat kendaraan ternyata sangat menguntungkan. Sebab apabila setiap komponen pada kendaraan dirawat dengan baik maka timbal balik yang kita dapatkan sebagai pemiliknya adalah kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Jadi wajar saja jika pabrikan kendaraan bermotor sangat menyarankan setiap konsumennya untuk melakukan service berkala secara rutin. Hal itu dikarenakan setiap komponen kendaraan memiliki masa pakai sehingga harus selalu dicek kondisinya. Dan kebaikannya akan kembali ke kita juga.

Peran Penting Aki Motor bagi Sistem Kelistrikan Motor

Aki pada sepeda motor memiliki peran penting terutama dalam menghidupkan mesin dan menyediakan daya listrik untuk berbagai komponen elektronik. Apalagi yang namanya sepeda motor pasti dilengkapi dengan berbagai perangkat elektronik seperti lampu, sistem penyalaan, klakson, dan sistem pengisian daya.  

Sumber daya utama itu digunakan untuk menggerakkan starter motor, yang bertugas untuk memutar mesin sehingga mesin dapat hidup. Setelah mesin hidup pun, aki tetap akan membantu menjaga tegangan stabil dalam sistem listrik sepeda motor.  

Menjaga kondisi aki dalam keadaan baik dan selalu dalam kondisi terisi adalah langkah penting dalam memastikan performa dan kinerja mesin sepeda motor yang optimal. Aki yang lemah atau rusak dapat menyebabkan masalah start mesin dan berbagai masalah listrik yang lain.

Tanda-Tanda Aki Motor Sudah Harus Diganti

Setidaknya, kita harus tahu tanda-tanda yang menunjukkan bahwa aki motor sudah harus diganti. Ini untuk menghindari kejadian motor mogok di jalan atau sistem listriknya mati. Rugi dong kalau berangkat kajian jadi telat gara-gara masalah ini. Apalagi kalau yang mogok adalah kendaraan sang dai yang ditunggu jemaahnya.

1. Usia aki sudah lebih dari 2 tahun

Aki motor pada umumnya memiliki masa pakai pada kisaran 1,5 sampai 2 tahun. Jika sudah lebih dari itu, biasanya kemampuan menyimpan muatan listriknya sudah menurun sehingga perlu diganti. Jadi mulai sekarang, catat kapan terakhir kali ganti aki motor kita.

2. Motor susah dihidupkan atau starter tidak berfungsi

Ini menandakan kemampuan aki untuk memberi arus saat starter sudah melemah, sehingga perlu diganti. Meski pun barangkali ada penyebab lain, seperti misalnya busi yang bermasalah. Sambil dilihat gejala lain yang mengarah pada lemahnya aki motor kita.

3. Suara klakson mengecil atau lampu redup

Kecilnya bunyi klakson atau kadang bunyi kadang tidak, ditambah redupnya lampu, adalah gejala yang menunjukkan tegangan yang dihasilkan aki berkurang karena daya menyimpan listriknya berkurang.

4. Setelah di-jumper bisa hidup, tapi mati begitu dilepas

Tanda ini menunjukkan aki sudah kehilangan kemampuan menyimpan muatan listrik sehingga perlu diganti. Gejala ini pun biasanya disertai tanda lain yang mendukung seperti poin-poin di atas.

5. Tegangan aki di bawah 10V saat mesin dimatikan

Tegangan normal aki adalah di atas 12V. Jika di bawah 10V saat mesin dimatikan, daya simpan aki sudah melemah. Artinya, memang sudah saatnya untuk mengganti aki motor kita agar tak menjadi kendala saat berkendara.

Jadi bisa disimpulkan bahwa aki motor yang sudah berusia lebih dari 2 tahun atau mulai menunjukkan tanda-tanda kemampuan menyimpan dan memberi arus listriknya menurun harus segera diganti agar performa motor tetap prima.

Daftar Harga Aki Motor di Planet Ban

Planet Ban adalah toko ritel modern yang mengkhususkan diri dalam menyediakan suku cadang berkualitas tinggi untuk sepeda motor. Dengan fokus utama pada penyediaan ban motor berkualitas dan tahan lama. Selain itu juga menawarkan layanan unggulan seperti servis motor, ganti oli dan suku cadang otomotif.

Sebagai ritel otomotif modern, sebagaimana disebutkan pada web resminya, Planet Ban menyediakan suku cadang eksklusif brand X-Grade untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor. Mulai dari kampas rem, aki, minyak rem, komponen CVT, rantai, cairan anti bocor, filter udara, seal dan berbagai suku cadang lainnya, semua ditawarkan dengan harga yang transparan.

Salah satunya adalah X-Smart NS Accu yang bisa jadi pilihan untuk mengganti aki motor yang sudah lemah atau soak. Aki X-Smart NS cukup kuat dan tahan lama, hingga mampu meningkatkan performa motor ke depannya.

Planet Ban
Daftar harga aki di Planet Ban

Kita bisa mendapatkannya di Planet Ban yang berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk masyarakat Indonesia dengan lebih dari 1100 tokonya dan sudah memiliki lebih dari 7 juta pelanggan di seluruh negeri.

Harga sparepart yang transparan, bisa dilihat di situs resminya, termasuk daftar harga aki motor yang recommended. Sudah sepantasnya merawat sepeda motor dengan aki yang berkualitas agar sepeda motor awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat!

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 10 comments:

  1. Harga aki 200-an bisa dipakai sekitar 1,5 -2 tahun. Per bulan rata-rata 10 ribuan. Murah ya sebenarnya kalau dihitung perbulan. Tetapi, kalau beli kok ya terasa banget😁.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, kadang juga ada kebutuhan lain yang harus diutamakan. Padahal ini juga pengeluaran penting.

      Hapus
  2. Saya pilih pakai aki kering sih Pak kok lebih awet ya sepertinya dan umurnya bisa sampai 2 tahun lebih kalau saya pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung pemakaian juga ya. Semoga motornya jadi awet juga dengan selalu memperhatikan perawatannya.

      Hapus
  3. saya pernah mobil mogok pas di cek eh aki abis. memang aki itu salah satu item yang kadang terlewat di cek. Kami lebih suka pakai aki kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tak terulang lagi mogok gara-gara aki tak diperhatikan ya Bu... Semangat!

      Hapus
  4. Merawat motor adalah bentuk syukur pada Allah atas rezeki pemberian-Nya. Dengan motor prima maka kita mendapati nikmat yang bertambah, yakni kenyamanan berkendara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali itu... Siapa bersyukur maka akan ditambah nikmat, yang kufur akan mendapat azab pedih.

      Hapus
  5. Aki motor adalah bagian penting untuk kelistrikan kendaraan, harus diperhatikan itu, jangan sampai akinya mati, kita bisa repot sendiri nantinya.

    BalasHapus
2907636960708278822