NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Review Aplikasi Jagat: Kemudahan Berbagi Lokasi Terkini dan Serunya Planet Teman Seminat

MEDIA AN NUUR ─Tuhan menciptakan kita sebagai makhluk sosial, yang memiliki kecenderungan senang berinteraksi dengan orang lain. Selain karena memang tak mungkin bisa hidup sendiri, kita cenderung senang kalau punya teman banyak. Apalagi teman-teman yang memiliki minat yang serupa dan berada dalam frekuensi yang sama. 

Di masa yang serbadigital ini, kebutuhan akan banyaknya teman, bahkan bisa dipenuhi dengan mudah, tanpa perlu ke luar rumah. Cukup rebahan dengan nyaman di rumah, gunakan smartphone, dan di sana kita bisa berjumpa banyak kawan di luaran sana. Salah satu medianya adalah menggunakan sebuah aplikasi bernama Jagat.

Kenalan Sama Jagat

Jagat adalah sebuah aplikasi berbagi lokasi yang dengannya kita dapat dengan mudah saling tahu keberadaan siapa pun yang berteman di dalam aplikasi itu. Termasuk ketika teman, keluarga, pasangan, orang tua, atau anak kita sama-sama menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi shareloc
Aplikasi Jagat

Untuk menikmati fitur dari aplikasi ini, kita hanya perlu mengunduh di smartphone kita. Lalu mendaftar dengan akun email atau dengan facebook. Koneksikan pada teman yang telah menggunakan Jagat, dan kita pun akan langsung mengetahui di mana lokasinya berada.

Mulai terbayang betapa serunya, bukan? Aplikasi Jagat benar-benar akan membuat jalinan ukhuwah kian erat, seolah tak ada sekat ruang dan waktu. Di dalam genggaman, di bentangan layar smartphone kita, terlihat keberadaan teman di lokasinya masing-masing. Bisa saling pantau keberadaan dengan sangat mudahnya.

Logo aplikasi Jagat cukup unik, berupa gelas minuman kekinian lengkap dengan sedotan dengan warna gradasi dari merah, kuning, hijau dan pink. Tampilan bumi yang berputar dengan tulisan putih kebiruan JAGAT - Your World. Ketika kita sukses mendaftar dan masuk, maka aplikasi akan menampilkan peta lokasi layak Google Maps yang menunjukkan lokasi terkini.

Fitur-Fitur Keren di Aplikasi Jagat

Jagat punya kelebihan yang terlihat dari segi tampilan atau user interface. Desain yang apik tersaji dengan berkelas, sangat modern dan kekinian. Sekali membuka, tampilan aplikasi langsung memenuhi layar. Menu-menu yang disediakan dapat ditemukan langsung dari halaman utama. Setiap menu disediakan dalam bentuk ikon yang mudah dikenali sehingga tidak akan menyulitkan ketika pertama kali menggunakan.

Location sharing

Sebagai aplikasi share loc yang simple tanpa ribet, fitur utama ini sangat memudahkan kita untuk akses lokasi keluarga, teman bahkan pasangan. Kerennya lagi aplikasi Jagat ini bisa berbagi lokasi secara real time dengan sangat akurat. Tentu saja aman karena yang bisa akses dan tahu lokasi kita hanya yang berteman dengan kita di aplikasi Jagat ini.

NOW

Ini adalah fitur yang bisa digunakan untuk mengunggah foto secara real time, begitu foto di-upload bisa langsung terlihat oleh teman yang ada dalam aplikasi Jagat.  Mirip snapgram di Instagram namun yang membedakan NOW hanya dapat mengunggah foto secara real time.

Planet

Fitur Planet berfungsi untuk mempertemukan dengan orang-orang yang memiliki hobi serupa. Misalnya kita yang senang memelihara kucing, maka di fitur ini kita bisa bersua dengan sesama pengguna aplikasi Jagat yang sama-sama memiliki hobi memiliki binatang peliharaan kucing.

Jadi di Planet itu kita bisa dengan mudah berkenalan dengan orang baru yang punya minat sama dengan kita. Mendapat teman baru tentu akan membawa pengalaman sosial baru yang pastinya menarik, apalagi berada dalam komunitas yang seminat, sehingga dengan itu akan mudah membangun relasi. Kesamaan minat bisa mendukung kita dalam mewujudkan keinginan agar tidak hanya sekedar menjadi angan dan impian.

Group Nearby

Melalui fitur ini, kita bisa join di grup terdekat di lokasi kita.  Dengan begitu, peluang pertemanan kian beragam dan bisa memperluas lingkaran sosial kita. Berlanjut dengan keterlibatan aktif dalam grup itu, maka kita memiliki kesempatan untuk membangun hubungan yang lebih intens dengan orang-orang di sekitar lokasi kita. Keren, kan? 

Cheers feature 

Cheers Feature berguna untuk mengabarkan kepada dunia bahwa kita sedang bersama teman-teman dan menghabiskan waktu bersama. Caranya hanya dengan menggoyangkan smartphone bersama teman-teman dengan maksimal sejauh 200 meter, notifikasi akan terkirim ke semua teman. Seru untuk dicoba bersama teman-teman.

Add friends

Untuk mendapatkan teman-teman baru, kita bisa menggunakan fitur NOW untuk menambah teman. Kemudian ada Add friends melalui rekomendasi friend. Terus, bisa dengan Invitation (mengundang), buka halaman POPS untuk melihat visual dari teman-teman yang akan kita invite. Gunakan Emoji bomb agar dapat berinteraksi dengan menggunakan emoji yang eye popping dan menyenangkan.

Kemudahan Berbagi Lokasi Terkini

Fitur berbagi lokasi memang menjadi fitur utama aplikasi Jagat. Kalau selama ini kita harus berbagi lokasi dengan mengirim link keberadaan kita, maka di Jagat itu tidak perlu. Kita dengan mudah bisa memantau keberadaan teman, begitu pula sebaliknya, teman kita bisa begitu saja melihat kita sedang di mana dengan tinggal membuka aplikasi ini.

Shareloc Jagat
Saling pantau keberadaan pasangan

Ketika kita sedang dalam perjalanan pun, aplikasi Jagat bisa membagikannya kepada teman. Selain dapat melihat lokasi, kita bisa melihat kecepatan gerak, hingga lama waktu berada di suatu tempat. Bahkan saking terbentuknya kedekatan, kita bisa melihat indikator baterai smartphone teman, sehingga bisa mengingatkan kalau sedang lowbatt.

Serunya Planet Teman Seminat

Manusia punya kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Minat merupakan sifat yang relatif menetap pada diri seseorang. Minat besar sekali pengaruhnya terhadap kegiatan seseorang sebab dengan minat ia akan melakukan sesuatu yang diminatinya. Dan di Jagat, kita bisa menjajal fitur Planet untuk menemukan teman seminat.

Planet
Planet sesuai minat

Planet merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk menggunakan gambar-gambar dengan hashtag yang sama dan menggabungkannya menjadi satu entitas visual. Fitur ini bekerja dengan mengumpulkan dan menghubungkan momen-momen yang terkait dengan hobi atau tema tertentu dalam satu tempat yang menarik.

Kelebihan aplikasi Jagat yang bisa kita nikmati adalah leluasanya berbagi lokasi, bisa mendapatkan banyak teman baru, dan sajian tampilan yang keren. Soal keamanan, seluruh data dienkripsi sehingga informasi pribadi yang digunakan tetap aman. Pengembang juga selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dengan rutin update aplikasi.

Download Aplikasi Jagat

Untuk yang ingin merasakan pengalaman menyenangkan, mencari teman baru, atau ingin berkomunitas, silakan bisa men-download aplikasi Jagat. Perangkat Android bisa mengunduh melalui Play Store dan pengguna Iphone bisa men-download melalui Apple App Store. Mau kenal lebih dekat lagi, silakan follow medsos Jagat. Instagram : @Jagatapp_id Tiktok : @Jagatapp_id Backlink Web : https://www.jagat.io/ dan blog.jagat.io. Semoga menyenangkan!

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822