NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa

MEDIA AN NUUR─Senin, 15 Januari 2024. Kajian malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah di bawah asuhan ketua ranting Muhammadiyah Ngreco Ustaz H. Danuri, M.Ag. dimulai dengan membaca bersama-sama Surat Al Hadid (57) ayat 12 sampai 18.

Malam hari ini, Ustaz Danuri menyampaikan keutamaan menyegerakan berbuka puasa. Dengan bersegera dalam berbuka ketika sudah masuk waktunya, maka akan membawa kebaikan pada diri kita.

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ قَالَ : لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih)

Menyegerakan buka puasa
Ustaz Danuri sampaikan keutamaan menyegerakan buka puasa

Perkara ini adalah sunah yang diajarkan Rasulullah ﷺ. Jadi tidak selayaknya kita mengabaikannya, meski merasa belum benar-benar haus dan lapar. Selayaknya kita amalkan, apalagi itu adalah amalan yang mudah dilaksanakan.

Berbuka puasa dengan segera juga menjadi pembeda antara umat muslim dengan pemeluk agama lainnya. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah ﷺ penah bersabda yang artinya:

Agama Islam akan selalu menang selama para pemeluknya mempercepat berbuka (puasa) karena orang Yahudi dan Nasrani selalu mengakhirkannya.”

Rasulullah juga menyontohkan syariat berbuka puasa dengan kurma. Tentu sangat bagus berbuka puasa dengan kurma. Namun kurma basah (ruthob) lebih utama, lalu kurma kering (tamr), kemudian jika tidak ada, berbuka puasalah dengan seteguk air.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Rasulullah ﷺ biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan salat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud dan Ahmad)

Dengan mengetahui teladan dari Nabi ﷺ di atas, maka sebagai muslim, kita bisa membiasakan melaksanakan sunah Rasulullah ﷺ tersebut. Amalan yang mudah dilakukan saat berpuasa, dan dengannya akan mendapatkan kebaikan.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822