NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Ilmu Menjadi Bekal Bahagia di Dunia dan Akhirat

MEDIA AN NUUR─Untuk memotivasi diri, kita bisa melihat banyak atlet difabel yang memiliki cacat fisik tapi mereka tetap mampu berprestasi. Mereka saja bisa, maka bagi kita yang diberi anggota tubuh yang sempurna maka seharusnya bisa lebih berprestasi.

Usia remaja mari dimanfaatkan untuk menuntut ilmu. Apa yang dimaksud dengan ilmu? Ilmu adalah sesuatu yang dengannya akan diketahui segala sesuatu. Awalnya kita belum tahu, lalu kita menjadi tahu.

Muhlisin, S.Pd
Pak Muhlisin ajak remaja semangat belajar

Kita hidup di zaman yang banyak fasilitas untuk belajar. Kalau menengok masa lalu, belajar atau mengaji tak ada listrik, menggunakan lampu petromaks. Papan tulis hitam menggunakan kapur. Sekarang sudah ada proyektor.

Banyak hadis Nabi yang menjelaskan keutamaan menuntut ilmu, yang merupakan kewajiban bagi umat Islam. Dengan ilmu kita bisa mudah menggapai apa yang dicita-citakan.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah)

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu.” (HR Ahmad).

Dalam menuntut ilmu kita berprinsip 3T, yakni tekun teken tekan. Tekun itu rajin tak mudah bosan. Teken itu tongkat yang akan menuntut kita ke tujuan. Tekan itu berarti kita akan sampai pada tujuannya.

Remaja masjid kajian
Remaja menyimak kajian dengan saksama

Perkara dunia akan menjadi mudah dicapai ketika kita ada ilmunya. Perkara akhirat akan tepat dilaksanakan ketika amalan didasarkan pada ilmu. Jadi ilmu dunia dan ilmu akhirat sama-sama perlu untuk dipelajari.

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَفِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Barangsiapa yang keluar untuk menuntut ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang.” (HR Tirmidzi)

Hadis di atas tentu sangat memotivasi kita untuk keluar rumah dalam rangka menuntut ilmu yang disebut berada di jalan Allah sampai akhirnya pulang. Tak ada alasan bermalas-malasan untuk belajar.

Kajian remaja di Masjid An Nuur Sidowayah pada hari Ahad, 10 September 2023 bakda Salat Isya, disampaikan oleh Pak Muhlisin, S.Pd, guru SMP Negeri 2 Mojolaban.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822