NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Make Your Bed, Bagaimana Hal-Hal Kecil Bernilai Besar Berkat Ketelatenan

MEDIA AN NUUR─Sebuah buku bagus yang membuat melek pembacanya, nih. Make Your Bed, Revolusi Diri Dimulai dari Merapikan Tempat Tidur. Bukan sekadar melek karena terbangun dari tidur lalu merapikan kasur. Lebih dari itu, pembaca akan diajak memaknai hal-hal kecil yang ternyata bisa bernilai besar berkat ketelatenan.

Berlabel #1 New York Times Bestseller, karya William H. McRaven, seorang pensiunan Angkatan Laut Amerika Serikat (Navy SEAL) ini layak masuk list antrean bacaan kalian. Edisi bahasa Indonesia yang masih hangat, baru terbit bulan Maret 2023 kemarin. Renebook menerbitkannya untuk memberikan inspirasi pada kita.

Identitas Buku

Make Your Bed
Make Your Bed

  • Judul : Make Your Bed: Revolusi Diri Dimulai dari Merapikan Tempat Tidur
  • Penulis : William H. McRaven
  • Penerjemah : Moh. Sidik Nugraha
  • Penerbit : Renebook, Jakarta Selatan
  • ISBN : 978-623-6083-50-5
  • Cetakan : I, Maret 2023
  • Tebal : xviii + 146 halaman

Semua Berawal dari Merapikan Tempat Tidur

Buku ini ditulis oleh William H. McRaven berdasarkan pengalamannya ketika menjajaki karier di dunia militer. Ada 10 prinsip yang dipelajarinya selama menjalani pelatihan pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat (Navy SEAL) yang ternyata bermakna universal dan sangat bermanfaat bagi pencapaian apa pun dalam berbagai latar belakang.

“Jika Anda berkenan untuk mendengarkan pelaut tua ini sebentar, saya punya beberapa saran yang mungkin membantu Anda mengubah dunia menjadi lebih baik,” begitu William mengatakan. “Meskipun pelajaran ini saya dapatkan ketika bertugas di militer, saya pastikan kepada Anda bahwa Anda bisa mengamalkannya tanpa harus menjadi tentara.”

Dalam buku ini, mantan petinggi Angkatan Laut Amerika Serikat itu membagikan pengalaman hidupnya yang menunjukkan betapa pentingnya disiplin, kerja keras, dan resistensi dalam menemukan dan mencapai sebuah tujuan. Dan memang prinsip-prinsip itu relevan untuk pembaca segala usia dan latar belakang.

William menyadarkan kita satu hal, bahwa hal-hal kecil ternyata bisa bernilai besar berkat ketelatenan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas hidup. Sepele, merapikan tempat tidur di pagi hari akan membawa dampak besar dalam hidup kita.

Menarik apa kata Ade Rai, binaragawan Indonesia, pada pengantar buku ini. Menurutnya, satu hal menarik yang perlu digarisbawahi adalah kata “monoton”. Umumnya kata ini selalu diasosiasikan dengan kebosanan. Padahal sejatinya monoton adalah esensi daripada komitmen dan dedikasi. Monoton itulah kunci sebuah kesuksesan.

Kedisiplinan terbentuk dari aktivitas kecil yang monoton dilakukan. Dengan itulah akan terbentuk karakter yang menjadi sebuah identitas. Kata pepatah repetition is mother of skill, pengulangan adalah ibu dari keahlian. Melatih berulang-ulang apa yang dipelajari secara sadar penuh, tenang, berhati-hati, dan tidak tergesa-gesa.

Jadi secara umum, Make Your Bed ini cocok untuk orang-orang yang ingin memperbaiki diri secara keseluruhan. Cocok sekali untuk orang yang mencari inspirasi dan motivasi dalam meraih tujuan hidup. Belajar bagaimana disiplin sangat berarti untuk sebuah kesuksesan dan produktivitas.

Buku ini disajikan secara sederhana. William mengajak kita memasuki lorong kenangannya pada masa-masa pelatihan dasar SEAL. Diajak turut merasakan bagaimana para instruktur memberikan perintah latihan sedemikian keras dan disiplin. Dan tugas pertama setiap harinya adalah merapikan tempat tidur masing-masing.

Kalau kita kaitkan dengan pembelajaran ibadah dalam Islam, seperti ketika berada di bulan Ramadan. Kita dilatih berpuasa, baca Al-Qur’an, salat malam, bersedekah, dan sebagainya. Bagaimana itu bisa menjadi kebiasaan sehingga kita bisa istikamah menjalaninya meski Ramadan telah usai. Jadi benar, kan, monoton itulah karakter kedisiplinan. Dalam perkara apa pun.

Jika kalian tertarik untuk mengoleksi buku bagus ini, bisa membelinya melalui toko online Reneturos Bookstore. Untuk pengunjung setia blog islami Media An Nuur, kalian bisa mendapat diskon atau potongan harga menarik untuk berbelanja buku di sana secara online dengan memasukkan kode kupon SIDOWAYAH. Semoga bermanfaat.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822