NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Ramadan Bulan Mulia, Bulan Diturunkannya Al-Qur'an, Petunjuk Bagi Manusia

MEDIA AN NUUR─Bulan Ramadan adalah bulan yang mulia di mana seluruh amal kebaikan yang dikerjakan di dalamnya akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah ﷻ. Bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sehingga menjadi salah satu penyebab yang menjadikannya mulia.

شَهْرُ رَمَضَا نَ الَّذِيْۤ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰ نُ هُدًى لِّلنَّا سِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَا لْفُرْقَا نِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَـصُمْهُ ۗ وَمَنْ کَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّا مٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِکُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِکُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُکْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمْ وَلَعَلَّکُمْ تَشْكُرُوْنَ

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 185)

Muhammad Amirudin
Muhammad Amirudin, santri Ponpes Qoryatul Qur'an menyampaikan kultum tentang Ramadan bulan turunnya Al-Qur'an

Al-Qur’an turun menjadikan Ramadan bulan yang mulia. Turun kepada Rasulullah ﷺ maka menjadikan Rasulullah sebagai nabi dan rasul yang mulia. Maka kita pun harus berusaha memuliakan kitab suci ini. Caranya dengan membaca, mempelajari, menghafal dan mengamalkannya.

وَعَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ “مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ حَسَنَةٌ وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا , لاَ أَقُوْلُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيْمٌ حَرْفٌ” (رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ)

Ibnu Mas’ud RA berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tetapi aliif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Itu baru keutamaan ayat pertama Surat Al Baqarah yang terdiri dari 3 huruf. Apalagi jika kita bisa memanfaatkan Ramadan dengan istikamah membaca Al-Qur’an. Pahala besar menunggu kita. Dan ini tentu menjadi amalan yang layak kita perjuangkan sehingga kita bisa benar panen pahala di bulan suci setahun sekali ini.

Ringkasan kultum bakda tarawih di Masjid An Nuur Sidowayah pada 23 Maret 2023 disampaikan oleh Muhammad Amirudin (Grogol, Sukoharjo), santri Ponpes Qoryatul Qur'an yang bertugas safari dakwah.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822