NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Anjuran Makan Sahur, Sunah Berpahala yang Membawa Keberkahan bagi Orang Berpuasa

MEDIA AN NUUR─Pada bulan Ramadan kita umat beriman diwajibkan berpuasa seperti telah disebutkan dalam Surat Al Baqarah ayat 183. Perintah berpuasa ini juga pernah diwajibkan bagi kaum terdahulu dengan tujuan menjadi takwa.

Sebelum memasuki waktu berpuasa, kita dianjurkan bersahur. Sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Anas bin Malik, Nabi ﷺ bersabda,

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berkah adalah kebaikan yang diturunkan dan ditetapkan dari Allah pada sesuatu. Berkah bisa mendatangkan kebaikan dan pahala, bahkan bisa mendatangkan manfaat dunia dan akhirat. Sebagai catatan, bahwa berkah itu datangnya dari Allah yang hanya diperoleh jika seorang hamba mentaati-Nya.

Anjuran makan sahur
Kultum Subuh tentang anjuran makan sahur

Salah satu tujuan dianjurkan makan sahur adalah agar kita kuat menjalankan puasa siang hari. Aktivitas siang sebagai manusia kita tetap bekerja. Bahkan Rasulullah ﷺ dan para sahabat pun pernah berperang pada saat bulan Ramadan di mana mereka dalam kondisi berpuasa.

Makan sahur juga merupakan syi’ar Islam yang membedakan dengan ajaran Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani). Dari ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah ﷺ bersabda,

فَصْلُ مَا بَيْنَ صِيَامِنَا وَصِيَامِ أَهْلِ الْكِتَابِ أَكْلَةُ السَّحَرِ

Perbedaan antara puasa kita dan puasa Ahli Kitab (Yahudi dan Nashrani) adalah makan sahur.” (HR. Muslim)

Ternyata begitu besar makna sahur bagi umat Rasulullah ﷺ. Makan di waktu malam menjelang waktu subuh memang tidak menyenangkan bagi sebagian besar orang. Dengan memahami bahwa makan sahur adalah anjuran dari Rasulullah maka sepantasnya kita bersemangat agar mendapat pahala sunah tersebut.

Marilah kita berusaha tak meninggalkan anjuran Nabi yang jelas bermanfaat dan membawa berkah ini. Jangan sampai meninggalkan sahur meski hanya dengan meminum air saja. Seperti disebut dalam hadis dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi ﷺ bersabda,

السُّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad)

Ringkasan kultum bakda subuh di Masjid An Nuur pada 24 Maret 2023 disampaikan oleh Muhammad Amirudin (Grogol, Sukoharjo), santri Ponpes Qoryatul Qur'an yang bertugas safari dakwah.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822