NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Puasa Ramadan Membentuk Insan Bertakwa Berbuah Surga Seluas Langit dan Bumi

MEDIA AN NUUR─Sebagaimana maklumat PP Muhammadiyah, bahwa puasa Ramadan 1444 H jatuh pada tanggal 23 Maret 2023, maka Takmir Masjid An Nuur Sidowayah sudah mulai menggelar salat tarawih pada Rabu sore, 22 Maret 2023.

Tarawih perdana malam ini diimami oleh santri dari Ponpes Qoryatul Qur'an yang bertugas safari dakwah di Masjid An Nuur Sidowayah. Pelaksanaan salat tarawih sejumlah rakaat 2.2.2.2.3 berjalan lancar.

Usai salat tarawih dan witir, Pak Sutarto selaku Kepala Takmir Masjid memberikan sambutan kepada ketiga santri Ponpes Qoryatul Qur'an. Mengucapkan selamat bertugas dan memohon maaf jika banyak kurang dalam penyambutan dan penyediaan tempat.

Selanjutnya, salah satu santri mewakili berbicara di depan jemaah tarawih. Memperkenalkan diri, namanya adalah Aldino Yoga Ahyan Sayfulloh berasal dari Gabeng, Ngreco, Weru. Dua temannya bernama Muhammad Amirudin dari Grogol, Sukoharjo dan Irsyad Nur Fajri dari Kebakkramat, Karanganyar.

Aldino Yoga Ahyan
Aldino Yoga Ahyan Syaifullah

Aldino sekaligus menyampaikan kultum tarawih perdana malam ini. Disampaikannya tentang perintah puasa di bulan Ramadan sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an yang bertujuan menjadikan kaum mukmin agar bertakwa.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”(QS. Al Baqarah 2: Ayat 183)

Kultum Ramadan
Jemaah menyimak kultum

Allah memberikan kesempatan di bulan suci ini untuk berpuasa sehingga bisa meningkatkan ketakwaan. Definisi takwa itu ibarat seorang berjalan di tempat penuh duri, maka ia akan berhati-hati melewatinya hingga sampai di tujuan.

وَسَارِعُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَۙ

Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali 'Imran 3: Ayat 133)

Kesempatan luar biasa ini diberikan secara gratis. Rasulullah dan para sahabat selalu menantikan bulan Ramadan, bahkan berharap 11 bulan lainnya menjadi bulan Ramadan. Ini karena mereka tahu betapa istimewanya keberkahan Ramadan. Takwa sebagai tujuan berpuasa akan berbuah nikmat di surga seluas langit bumi.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822