NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Praktik Masak Yuk! Bikin Piscok Kulit Lumpia bersama Santri TPQ An Nuur Sidowayah

MEDIA AN NUUR─Selasa, 21 Maret 2023. TPQ An Nuur Sidowayah mengadakan kegiatan ekstra yakni cooking class. Kegiatan memasak yang dilaksanakan sore ini bertempat di halaman rumah Pak Ka'ab-Bu Nurul.

Santriwan-santriwati TPQ An Nuur berangkat dari masjid berjalan kaki menuju rumah Pak Ka'ab bersama-sama. Di sana sudah disiapkan gelaran tikar dan kompor lengkap untuk praktik memasak.

“Manusia hidup perlu makan, maka Allah memperbolehkan kita untuk makan apa saja, asal halal bahannya. Tidak boleh makan makanan yang diharamkan,” kata Pak Ka'ab saat membuka acara.

Piscok kulit lumpia
Praktik membuat piscok kulit lumpia

Sore ini, makanan yang akan dibuat adalah piscok alias pisang cokelat. Makanan yang sedang viral ini banyak disukai anak-anak dan orang tua. Bahan utamanya pun mudah didapatkan.

Bahan-Bahan Piscok Kulit Lumpia

Sebelum praktik memasak, yang perlu disiapkan adalah bahan-bahannya. Bahannya adalah pisang kepok matang, kulit lumpia, adonan terigu, meises cokelat, susu kental manis cokelat, dan minyak goreng.

Cara Membuat Piscok Kulit Lumpia

  1. Mulai dengan mengupas pisang kemudian potong memanjang menjadi empat bagian.
  2. Ambil lembaran kulit lumpia. Taruh sepotong pisang dan taburi meises lalu gulung hingga potongan pisang itu berada di dalamnya.
  3. Agar gulungan tidak lepas, pada tiap ujungnya diberi perekat yang dibuat dari adonan tepung terigu.
  4. Dalam wajan, panaskan minyak goreng secukupnya. Goreng lumpia berisi pisang hingga matang berwarna cokelat keemasan.
  5. Angkat dan tiriskan. Tabur toping susu kental manis.
  6. Piscok kulit lumpia sudah siap disajikan.

Untuk praktik membuatnya, santriwan-santriwati TPQ An Nuur dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing dibagikan bahannya. Dengan arahan dari Bu Nurul dibantu guru lainnya, anak-anak mempraktikkan menggulung piscok.

Membuat piscok
Santriwati menggulung piscok
Praktik masak
Santriwan menggulung piscok
Gulungan piscok
Hasil gulungan santri
Menggoreng piscok
Menggoreng piscok

Susu cokelat
Toping atasnya susu cokelat

Setelah semua anak mencoba dan sudah jadi gulungannya, gulungan dikumpulkan dan praktik menggoreng di depan. Biar aman, yang menggoreng adalah para ustazah TPQ. Setelah piscok kulit lumpia jadi, semua anak mendapat hasil masakan itu dan makan bersama-sama.

Makan bersama
Menikmati piscok kulit lumpia bersama-sama

Kegiatan membuat makanan ringan atau cooking class ini diadakan secara berkala oleh pengurus TPQ An Nuur Sidowayah. Program ini untuk selingan agar anak-anak tak bosan berangkat TPQ. Juga untuk mengajari anak agar mengenal cara memasak.

Selain itu, kegiatan ini juga memacu kreativitas para pengajar TPQ terutama ustazah, agar bisa mencari referensi resep makanan ringan yang bahannya mudah didapat dan mudah pembuatannya. Demikian semoga manfaat.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822