NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Persiapan Menyambut Ramadan agar Puasa Tak Kehilangan Pahala

MEDIA AN NUUR─Senin, 20 Maret 2023. Pengajian rutin malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah di bawah asuhan Ustaz Danuri. Pengajian terakhir sebelum Ramadan 1444 H. Majelis taklim diawali dengan membaca Surat Al Fatihah dan melanjutkan Surat Al Fath (48) ayat 16 sampai 23.

Persiapan Ramadan
Ustaz Danuri ajak persiapkan sambut Ramadan

Malam hari ini, Ustaz Danuri menyampaikan kajian yang berkaitan dengan persiapan bulan Ramadan. Sekiranya apakah yang harus kita persiapkan untuk menyambut kedatangan bulam suci ini? Yuk disimak bersama.

Apa yang Harus Dipersiapkan Menyambut Ramadan?

Ustaz Danuri menyampaikan bahwa merujuk maklumat dari PP Muhammadiyah, hari pertama puasa Ramadan tahun ini adalah pada Kamis, 23 Maret 2023. Sudah dekat sekali, maka kesempatan bersiap pun tinggal sebentar.

Persiapan Iman

Mengapa harus menyiapkan kekuatan iman kita? Manusiawi ketika bulan-bulan berjalan sadar tak sadar kita banyak melakukan perbuatan yang tidak baik, contohnya membicarakan keburukan orang lain. Maka dari itu, agar kebiasaan buruk itu tidak muncul kala Ramadan, kita perbaiki kualitas iman terlebih dulu.

Kalau sampai kebiasaan-kebiasaan buruk itu muncul saat kita berpuasa maka ia akan merusak pahala puasa, meski tidak sampai membatalkannya. Namun, ini bukan perkara sepele karena sangat merugi jika berpuasa kita hanya mendapatkan haus dan lapar.

Persiapan Fisik

Agar Ramadan tidak terganggu oleh gangguan kesehatan, maka seyogianya kita jaga fisik. Jika kita punya pantangan makanan tertentu maka hindari agar penyakit tidak kambuh. Dengan kondisi sehat maka puasa dan ibadah lainnya bisa dilaksanakan dengan maksimal.

Persiapan Ilmu

Persiapan ilmu menjadi sangat penting karena dalam menjalani ibadah sepanjang Ramadan harus paham ilmunya. Tanpa ilmu maka kita tak akan paham adanya hal yang mengurangi pahala puasa. Tanpa ilmu kita bisa kehilangan kesempatan mendapat pahala dari ibadah-ibadah ringan bernilai besar.

Persiapan Amal

Menjadi penting adalah mempersiapkan berbagai amalan yang akan kita lakukan ketika Ramadan. Tanpa ada persiapan, bisa jadi kita akan tertinggal dari amal yang harusnya bisa dilakukan. Pasang target baca Al-Qur’an, istikamahkan berinfak, sediakan menu buka puasa bersama, dan sebagainya.

Persiapan Jiwa

Persiapan ini untuk membersihkan niat dalam hati. Jauhi rasa ingin dipuji atau ria yang bisa memusnahkan pahala ibadah kita. Jangan pula kita jadi penilai ibadah orang lain. Jangan sampai kita sibuk mencari salah atau kekurangan dari ibadah orang lain yang kita lihat. Tahanlah hati dari perasaan-perasaan yang buruk pada orang lain.

Larangan Meninggalkan Puasa Ramadan

Ustaz Danuri tak lupa mengingatkan bahwa meninggalkan puasa Ramadan tanpa sebab yang diperbolehkan syariat maka tak ada yang bisa dilakukan untuk menggantikannya. Hal ini sesuai dengan apa yang disabdakan Nabiyullah Muhammad ﷺ berikut ini.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَفْطَرَ يَوْمًا مِنْ رَمَضَانَ فِي غَيْرِ رُخْصَةٍ رَخَّصَهَا اللَّهُ لَهُ فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ الدَّهْرَ كُلَّهُ

Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, “Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa berbuka sehari dari (puasa) bulan Ramadan bukan dengan (alasan) keringanan yang Allah berikan kepadanya, maka tidak akan diterima darinya (walaupun dia berpuasa) setahun semuanya. [HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Demikian kajian malam hari ini. Waktu yang tinggal beberapa hari manfaatkan untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci. Semoga kita bisa meraih kebaikan Ramadan dengan panen pahala dan terampuni dosa-dosa.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822