NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Ramadan Tiba, Pastikan Sudah Siap Menyambut Kedatangannya

MEDIA AN NUUR─Rasulullah ﷺ mempersiapkan Ramadan jauh hari bahkan 6 bulan sebelumnya. Para sahabat selalu diingatkan meski bulan suci masih lama. Itu adalah bentuk semangat dan antusias akan kedatangannya.

Persiapan ruhiyah atau batiniah dimulai dengan perasaan senang akan kedatangannya. Jelang Ramadan tebarkan senyum pada sesama, jauhi wajah yang bermuram durja. Sungguh gembira bersuka ria, Ramadan adalah bulan yang dijadikan Allah untuk membersihkan dari dosa dan maksiat.

Ustaz Widodo
Ustaz Widodo ajak persiapkan sambut Ramadan

Persiapkan pula ilmu kita dalam menyambut bulan suci Ramadan. Termasuk ilmu dalam menentukan awal puasa. Muhammadiyah menggunakan metode hisab dalam menentukan tanggal 1 Ramadan adalah bentuk penggunaan ilmu pengetahuan. Inilah perkembangan pemikiran Islam.

Pelajari ilmu tentang ibadah Ramadan. Pentingnya berniat pada malam hari. Niat dalam hati dengan basmalah, tak harus mengucapkan nawaitu. Imsak bukan batas akhir sahur, melainkan sekadar pengingat agar bersegera karena azan Subuh sudah akan berkumandang.

Pelajari ilmu tentang rakaat tarawih, adanya perbedaan jumlah dan ada dalilnya maka tak jadi masalah. Ilmu lainnya, misal perkataan buruk harus dijauhi agar pahala puasa tidak hilang. Semua tentang amalan Ramadan harus dipelajari agar beribadah paham ilmunya dan tak hanya ikut-ikutan.

Selain persiapan ruhiyah dan ilmu, persiapkan pula fisik kita agar jangan sampai masuk Ramadan malah sakit. Jadi, menjaga kondisi agar sehat adalah keharusan sehingga bisa memanfaatkan Ramadan dengan maksimal.

Persiapan yang tak kalah penting adalah harta. Ramadan adalah kesempatan bersedekah dan berinfak. Namun perlu diingat, persiapan harta bukan berarti waktu berbuka memperbanyak jenis makanan dan minuman sebagai balas dendam siang menahan lapar.

Manfaatkan harta dengan baik sehingga bernilai pahala. Membuatkan menu buka bersama di masjid, memberikan hadiah ke orang sekitar dengan peralatan salat misal sarung dan mukena, dan sebagainya.

Demikian, Ramadan datang kita sudah siap menyambutnya dengan berbagai persiapan. Persiapan matang memaksimalkan kita dalam beribadah di bulan suci sehingga akhirnya gelar takwa kita bisa raih.

Ringkasan Pengajian Ahad Pagi PCM Weru di Gedung Dakwah Muhammadiyah Weru (Kalisige, Karakan, Weru) pada 19 Maret 2023 yang disampaikan oleh Ust. Drs. H. Muhammad Widodo, M.Pd (Kartasura)

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822