NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Keutamaan Membiasakan Berbuat Baik, Sedekah Diam-Diam, dan Menyambung Silaturahmi

MEDIA AN NUUR─Senin, 13 Maret 2023. Pengajian rutin malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah. Di bawah asuhan Ustaz Danuri, ketua ranting Muhammadiyah Ngreco. Majelis taklim diawali dengan membaca kitab suci Al-Qur’an, Surat Al Fatihah dan Surat Al Fath (48) ayat 10 sampai 15.

Ustaz Danuri
Ustaz Danuri ajak membiasakan berbuat baik

Ustaz Danuri menyampaikan kajian tentang keutamaan membiasakan berbuat baik, sedekah diam-diam, dan silaturahmi. Diawali dengan membacakan sebuah hadis.

صَنَائِعُ الْمَعْرُوْفِ تَقِي مَصَارِعَ الشُّوْءِ، وَصَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ، وَإِنَّ صِلَةَ الرَّحِمِ تَزِيْدُ فِي الْعُمْرِ

Perbuatan-perbuatan yang baik akan menghindarkan diri dari pintu-pintu keburukan, sedekah yang tersembunyi akan memadamkan amarah Allah, dan menyambung tali silaturahmi akan menambah usia.” (HR. Ath-Thabrani)

Pada hadis tersebut Rasulullah ﷺ menganjurkan agar kita membiasakan berbuat baik agar terhindar dari pintu keburukan. Kita tentu berharap ketika kematian tiba, kita sedang berada dalam perbuatan baik. Orang yang terbiasa berjemaah di masjid akan sangat bahagia jika meninggal dunia di kala sedang sujud pada Allah ﷻ.

Ini juga menjadi pengingat, agar kita menjauhi perbuatan buruk karena ajal datang tak bisa diduga waktunya. Tentu kita tak ingin mati dalam keadaan berbuat maksiat. Jadi, bagaimana kebiasaan kita saat hidup maka akan sangat menentukan bagaimana kematian kita nantinya.

Selain itu, Nabi Muhammad ﷺ juga menganjurkan kita bersedekah secara diam-diam atau tersembunyi. Bersedekah tanpa harus diberitahukan kepada orang lain dalam hadis di atas disebut bisa memadamkan amarah Allah ﷻ. Sedekah seperti ini tentu sangat utama karena menjauhkan dari rasa pamer atau riya.

Semakin dirahasiakan sedekah yang dilakukan, maka semakin disukai Allah ﷻ. Sedekah itu akan terkenal di langit, dibicarakan penduduk surga dan para malaikat. Sedekah diam-diam juga menjaga muru'ah atau kehormatan dan harga diri penerimanya.

Yang terakhir, Rasulullah ﷺ mengingatkan agar kita menyambung tali silaturahmi. Ini disebut akan menambah usia menjadi lebih panjang. Banyak sekali hikmah dari silaturahmi yang bisa kita peroleh. Termasuk kebaikan menyambung silaturahmi adalah melancarkan rezeki kita.

Dalam hadis lain juga disebutkan bahwa, “Barangsiapa ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.” (H.R Bukhari & Muslim).

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822