NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Masak Urap Sayuran Pake Bumbu Kobe, Simak Resepnya!

MEDIA AN NUUR─Urap adalah salah satu kuliner tradisional Indonesia yang disukai oleh banyak orang. Urap sayuran umumnya hadir saat perayaan atau hajatan besar. Jenis makanan ini, disajikan dengan campuran beberapa jenis sayuran yang bisa dipilih sesuai selera. Kemudian sayuran tersebut dicampurkan dengan parutan kelapa yang sudah diberi bumbu. 

Urap Sayuran
Urap sayuran bumbu Kobe

Rasa bumbu urap umumnya cenderung manis pedas. Jika hari biasa, kamu tetap bisa menemukan urap sayur di warung makan tertentu yang memang setiap harinya menyajikan menu urap sayuran. Namun jika di daerah kamu terlalu sulit untuk mencari urap sayur, maka bisa masak sendiri karena cara atau resep memasaknya juga sangat mudah. 

Resep Urap Sayuran

Resep urap sayuran sebenarnya sangat mudah untuk dicoba, namun yang menjadi PR biasanya adalah bagaimana membuat parutan kelapa untuk bumbu urap rasanya lezat dan gurih. Berikut ini bahan dan cara memasaknya step by step

Bahan yang harus ada : 

Bahan sayuran : kacang panjang 12 lonjor dipotong 3 cm, toge 150 gram, kangkung 2 ikat, bayam 2 tingkat. Sebenarnya untuk pilihan sayuran bebas sesuai selera, jadi kamu tidak perlu terlalu mengikuti bahan yang disebutkan tadi jika memang bahan yang disebutkan sulit untuk kamu dapatkan.

Bahan bumbu urap : 

  • Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas 1 bungkus
  • Daun jeruk 10 lembar
  • Cabe merah besar 3 buah
  • Kencur 4 cm
  • Terasi 2 sendok teh
  • Gula 1 sendok teh
  • Kelapa setengah tua parut kasar 1 butir.

Cara membuat :

  • Sebelumnya semua sayuran direbus terlebih dahulu. Setelah itu sayuran yang sudah direbus ditata di piring.
  • Sekarang giliran pembuatan bumbu urap. Haluskan cabe merah, bersama dengan terasi dan daun jeruk yang sudah diiris tipis-tipis.
  • Setelah itu masukkan kencur dan gula dan jangan lupa tambahkan Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedasss. 
  • Masukkan kelapa parut kasar tadi dan kukus bumbu urap sampai matang atau sekitar 30 menit di dalam kukusan. 
  • Campurkan bumbu urap ke sayuran rebus yang sudah ditata tadi lalu sajikan. 
  • Urap sayuran juga enak, jika ditambahkan dengan suwiran daging ayam agar tambah enak.

Manfaat Sayuran Untuk Kesehatan

Makan urap sayuran jadi salah satu solusi terbaik untuk kamu yang males makan sayur sehari-hari. Seperti diketahui, sayuran sangat baik untuk kesehatan karena memiliki banyak sekali manfaat untuk memenuhi nutrisi harian. Berikut ini beberapa manfaat sayuran. 

  • Untuk kesehatan kulit,  sayuran sangat baik untuk mencegah kesehatan kulit terutama untuk meningkatkan elastisitas kulit kamu. Kamu bisa pilih sayuran dengan warna hijau untuk meremajakan sel kulit mati.
  • Kurangi resiko sakit jantung, konsumsi sayuran sangat baik untuk memenuhi asupan serat dan baik untuk jantung. Apalagi jenis sayuran seperti selada dan bayam yang punya asosiasi paling kuat untuk menghindari resiko sakit jantung.
  • Jaga kesehatan mata, berbagi sayuran sangat baik untuk kesehatan mata tidak hanya wortel. Kamu bisa dapatkan kandungan karotenoid dari bayam, brokoli dan jagung yang bisa kurangi risiko degenerasi makula atau gangguan penglihatan pada lansia.
  • Rendah gula, untuk kamu yang sedang diet maka wajib konsumsi berbagai jenis sayuran karena terbukti rendah gula, rendah kalori namun tinggi serat dan gaya nutrisi. 
  • Kontrol tekanan darah, sayuran juga sangat baik untuk kamu yang punya tekanan darah tinggi karena kaya akan potasium. Potasium sendiri merupakan kandungan yang membantu untuk mengurangi efek buruk dari makanan, yang punya kandungan garam berlebih sehingga bisa menekan darah tinggi.
  • Menjaga imunitas tubuh, sayuran sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dengan kandungan nutrisinya salah satunya yaitu kandungan Vitamin C. 
  • Kurangi resiko kanker, selain menghindarkan kamu dari penyakit jantung, sayuran juga sangat baik untuk menurunkan resiko kanker terutama bahaya kanker prostat. Dalam sayuran juga terkandung folat dan phytochemical serta sulforafan, untuk melindungi sel-sel tubuh dari karsinogen. 

Untuk bikin urap sayuran enak bumbu andalan yang wajib kamu siapkan adalah Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas. Bumbu nasi goreng ini ternyata juga sangat enak, jika dicampurkan untuk membuat bumbu urap dan pastinya bumbu masakan lainnya.

Terutama bagi kamu yang penyuka pedas maka bisa tambahkan bumbu nasi goreng ini untuk masak mie goreng, masak nasi liwet dan masih banyak. Kenapa harus pilih Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas? 

Sudah pasti karena bumbu Kobe ini dibuat tanpa bahan pengawet, apalagi bahan pewarna yang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia. Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedas diklaim jadi bumbu nasi goreng terpedas yang ada di Indonesia. Bahan yang digunakan dibuat dari bumbu-bumbu pilihan dan juga cabe rawit pilihan yang membuat rasa pedas dari bumbu nasi goreng ini otentik. 

Dan memang bumbu Kobe pedas ini serbaguna untuk berbagai masakan mulai dari tumisan, masakan berkuah, masakan panggang hingga masakan digoreng. Kamu bisa temukan bumbu Kobe mudah di marketplace di Kobe Official yang ada di Tokopedia dan Shopee.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822