NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Kegembiraan Berpuasa Saat Berbuka dan Masuk Surga Lewat Pintu Ar Rayyan

MEDIA AN NUUR─Jumat, 24 Maret 2023. Pertemuan pertama TPQ An Nuur Sidowayah di bulan Ramadan 1444 H. Hujan deras sebelum Salat Asar dan menyisakan gerimis setelahnya, tak menyurutkan langkah anak-anak santri TPQ berangkat ke masjid.

Kegiatan belajar mengajar berjalan seperti biasa. Anak-anak membaca Iqro dan Al-Qur’an disimak ustaz-ustazahnya. Juga ada 3 santri Ponpes Qoryatul Qur'an yang membantu mengajar. Ketiganya bertugas safari dakwah di Masjid An Nuur. Namanya Mas Aldino, Mas Amir, dan Mas Irsyad.

Keutamaan puasa
Mas Aldino semangati anak-anak berpuasa

Setelah kegiatan membaca, ketika menunggu waktu berbuka puasa, anak-anak dikumpulkan di serambi timur masjid. Mas Aldino mengisi kajian ringan untuk mereka. “Sebentar lagi kita akan berbuka puasa,” kata Mas Aldino. “Semua pasti bergembira saat puasa kan, ya?”

Mas Aldino kemudian mengatakan bahwa orang yang berpuasa akan memperoleh dua macam kegembiraan. Kegembiraan yang pertama saat berbuka puasa, kegembiraan kedua kelak saat bertemu dengan Tuhan.

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ: فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ، وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ 

“Orang yang berpuasa akan meraih dua kegembiraan, kegembiaran ketika berbuka puasa dan kegembiraan ketika bertemu Tuhannya.” (HR Muslim)

Mas Aldino juga menyampaikan bahwa  orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu khusus yang bernama Ar Rayyan. Hadisnya diriwayatkan dari Sahl bin Sa’ad RA, dari Nabi ﷺ, beliau bersabda,

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ ، يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ ، فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ ، فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

“Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut ‘Ar Rayyan’. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, “Mana orang yang berpuasa.” Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Wah, anak-anak musti bersemangat nih. Puasa sebulan harus bisa penuh. Agar bisa mendapatkan dua kegembiraan yakni saat berbuka dan saat bertemu Allah kelak. Apalagi bisa masuk surga melalui pintu khusus bernama Ar Rayan. Pasti tambah bergembira tentunya.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822