NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Hari Santri Nasional, Sekolahan di Sidowayah Serempak Gelar Pawai

MEDIA AN NUUR─Setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Dalam rangka memperingati hari bersejarah itu, sekolahan yang ada di Dukuh Sidowayah serempak menggelar acara pawai santri. Sekolahan tersebut adalah MIM Sidowayah, BA Sidowayah, dan PAUD IT An Nuur Sidowayah.

Pelaksanaan pawai dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Oktober 2022. Cuaca cerah mendukung kegiatan yang dilaksanakan pada pagi hari tersebut.

Ketentuan yang sama-sama diterapkan adalah penggunaan pakaian muslim warna putih, dan imbauan agar para siswa membawa poster bertemakan Hari Santri Nasional. Poster diberi pegangan dan dibawa berkeliling.

Pawai Hari Santri Nasional
Marching band MIM Sidowayah meriahkan pawai santri

Pawai dimeriahkan dengan penampilan marching band Surya Nada kebanggaan MIM Sidowayah. Terlihat semarak dan semakin memompa semangat para siswa untuk menempuh rute pawai.

Membuka acara, Bu Sukini, S.Ag, kepala sekolah MIM Sidowayah menyampaikan bahwa dengan diselenggarakan pawai menyambut Hari Santri Nasional ini diharapkan para siswa MIM Sidowayah bisa menjadi generasi santri yang hebat dan bermartabat.

Rute pawai MIM Sidowayah dimulai start dari lapangan MI, menuju ke barat hingga mentok di pertigaan perbatasan Dukuh Tawangrejo dan Dukuh Tawang. Lalu berbelok ke kiri menuju arah kantor kecamatan Weru. Di sana kemudian sejenak rombongan beristirahat. Selanjutnya kembali berjalan melewati Dukuh Jlumbang dan kembali ke Dukuh Sidowayah melalui selatan.

Hari Santri Nasional
Siswa BA Aisyiyah Sidowayah membawa poster masing-masing

Untuk BA Aisyiyah Sidowayah, selain berkeliling pawai juga diadakan acara saling tukar kado antar murid taman kanak-kanak tersebut. Selain mengenalkan tentang adanya Hari Santri Nasional, kegiatan ini juga membuat adik-adik merasa saling menghargai dan bergembira bersama.

Tak mau kalah, anak-anak PAUD IT An Nuur Sidowayah juga melaksanakan pawai dengan membawa poster. Meski poster yang dibawa rata-rata adalah hasil karya orang tua masing-masing. Guyonan mereka, yang bawa poster anaknya, yang gambar atau mewarnai ibunya, yang membuatkan pegangan ayahnya. Jadi kompak semua melaksanakan tugas.

PAUD IT An Nuur Sidowayah
Anak-anak PAUD IT An Nuur Sidowayah meriahkan pawai santri

Demikian keseruan pawai yang diadakan sekolahan yang ada di Dukuh Sidowayah dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional tahun 2022 ini. Semoga makin menambah semangat para generasi penerus ini untuk menjadi santri-santri yang hebat dan bermartabat.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822