NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Para Operator EMIS TPQ Kecamatan Weru Ikuti Sosialisasi Sistem Informasi Pelayanan Tanda Daftar Pendidikan Al-Qur'an

MEDIA AN NUUR─Senin, 5 September 2022. Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-Qur'an (Badko LPQ) Kecamatan Weru mengumpulkan para operator TPQ untuk Sosialisasi EMIS LPQ dan Sistem Informasi Pelayanan Tanda Daftar Pendidikan Al-Qur'an (SIPDAR-PQ). Sosialisasi dilaksanakan di aula SMK Muhammadiyah Watukelir setelah Salat Isya.

Sosialisai Emis
Operator EMIS TPQ se-kecamatan Weru ikuti sosialisasi

Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren akan membuat Direktori Lembaga Pendidikan Al-Qur'an yang berbasis kepada data Lembaga Pendidikan Al-Qur'an (LPQ) yang telah terdaftar dalam data Sistem Informasi Pelayanan Tanda Daftar Pendidikan Al-Qur'an (SIPDAR-PQ) berdasarkan Kabupaten/Kota di setiap Provinsi seluruh Indonesia.

Ketua Badko LPQ Weru
Pengarahan dari Pak Bambang, ketua Badko LPQ Weru

Sosialisasi dipandu langsung oleh Pak Bambang Wahyudi dan Pak Budi Purwanto selaku ketua dan sekretaris Badko LPQ Kecamatan Weru. Dibantu para Kordes (Koordinator Desa) dalam menyiapkan teknis dan mengatur peserta. Sosialisasi ini dianggap sangat penting karena merupakan ujung dari pengerjaan EMIS PD-PONTREN yang sudah dilakukan selama ini.

TPQ yang sudah memiliki Ijin Operasional (Ijop) dan mengerjakan EMIS PD-PONTREN wajib melakukan pengecekan NSLPQ (Nomor Statistik Lembaga Pendidikan Al-Qur'an) pada aplikasi SIPDAR-PQ. Jika identitas TPQ sudah masuk maka tinggal melengkapi data-data yang diminta. Sementara bagi TPQ yang NSLPQ tidak bisa diakses di SIPDAR-PQ maka harus mengurus Ijop baru.

Budi Purwanto
Pak Budi Purwanto menjelaskan teknis pengisian sistem.

Untuk keperluan pengisian aplikasi SIPDAR-PQ bagi TPQ yang sudah terdaftar, diperlukan scan Ijop TPQ dalam bentuk PDF. Isian yang harus dilengkapi adalah Nama Operator Lembaga, Email Operator Lembaga, dan Email Lembaga. Termasuk juga data Tahun Berdiri Lembaga dalam Masehi dan Hijriah, kemudian Koordinat Latitude dan Longitude tempat TPQ.

Data lain yang harus diisi terkait Kepala TPQ  adalah Nama,  Gelar Kepala TPQ, NIK Kepala TPQ, serta nomor telepon dan email Kepala TPQ, serta TMT (Tanggal Mulai Tugas) Kepala TPQ. Ada juga isian terkait tempat untuk kegiatan TPQ meliputi Jumlah Bangunan dan Luas Tanah. Serta mengisi Jumlah Santri dan Jumlah Asatid.

Operator EMIS
Operator diharap aktif update EMIS.

Sosialisasi berlangsung dengan lancar. Beberapa kendala yang muncul berhasil dicarikan solusi bersama. Para operator di tiap TPQ diharapkan selalu meng-update EMIS terutama saat ada perubahan baik jumlah pengajar maupun jumlah santri yang ada.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 2 comments:

  1. Masya Allah, keren banget ini TPQ jadi terdata. Semoga ada inputan lain yang menunjang pembelajaran maupun kesejahteraan asatidz dan asatidzahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. TPQ yang memiliki ijop bisa mengakses bantuan pemerintah, para asatidz juga mendapat insentif bulanan.

      Hapus
2907636960708278822