NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Sungguh, Hanya Umat Beriman Saja yang Gemar Memakmurkan Masjid

MEDIA AN NUUR─Banyak sekali fitnah melanda umat Islam. Sudah saatnya kita menyikapinya dengan kembali ke masjid. Masjid adalah sentral umat Islam. Di masjid banyak hal dan masalah bisa kita bicarakan dan mencari solusi terbaik.

Ustaz Bejo Widyatmoko
Ustaz Bejo Widyatmoko sampaikan khotbah Jumat

Banyak orang beragama Islam tapi enggan datang ke masjid, bahkan pada waktu Jumat pun tidak ikut Salat Jumat. Memang sudah dijelaskan Allah ﷻ bahwa hanya umat yang beriman saja yang bisa memakmurkan masjid.

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللَّهِ مَنْ ءَامَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْأَاخِرِ وَأَقَامَ الصَّلٰوةَ وَءَاتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا اللَّهَ ۖ فَعَسٰىٓ أُولٰٓئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah: Ayat 18)

Dalam hal memakmurkan masjid, hendaklah kita tidak takut pada orang lain. Termasuk di antaranya adalah atasan di tempat kerja, tak bisa menghalangi ketika ada kewajiban Salat Jumat. Jangan pula kita takut akan ancaman ketika hendak memakmurkan masjid, meskipun itu dari penguasa.

Apa yang akan kita peroleh dengan menjadi hamba yang memakmurkan masjid? Allah ﷻ akan memberikan kecukupan bagi hamba yang menjadikan masjid sebagai rumah keduanya. Kasih sayang Allah ﷻ akan turun pada para hamba yang memakmurkan masjid.

Hamba yang memakmurkan masjid kelak akan bisa melewati shirat secepat kilat dan dimudahkan jalan menuju surga. Sementara ketika dunia, memakmurkan masjid bisa menahan azab dari Allah ﷻ.

Allah ﷻ telah berfirman dalam sebuah hadis qudsi, “Sesungguhnya Aku benar-benar akan menimpakan azab kepada penduduk bumi, tetapi apabila Aku memandang kepada orang-orang yang meramaikan rumah-rumah-Ku (masjid-masjid) dan orang-orang yang saling menyayangi demi karena Aku, serta orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur, maka Aku kesampingkan azab-Ku dari mereka.” (HR. Baihaqi).

Banyak sekali keutamaan bisa didapatkan di masjid. Salah satunya adalah duduk setelah Magrib dengan berniat menunggu Isya, maka baginya pahala seolah berada dalam salat sampai tiba waktu Isya.

Semoga kita selalu diberikan iman yang kokoh. Bersegera memenuhi panggilan azan untuk berjemaah di masjid. Sungguh benar, hanya orang beriman saja yang gemar memakmurkan masjid, dan baginya kemudahan menggapai jalan ke surga.

Ringkasan Khotbah Jumat, 9 September 2022 di Masjid An Nuur Sidowayah yang disampaikan oleh Ustaz Bejo Widyatmoko.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822