NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

4 Pintu Surga yang Bebas Kita Pilih Masuk Lewat Mana Saja

MEDIA AN NUUR─Manusia diciptakan Allah ﷻ untuk beribadah kepada-Nya. Meski beribadah adalah kewajiban, ternyata Allah ﷻ juga menyiapkan hadiah pada ahli ibadah. Hadiah terbesar itu adalah surga yang kekal.

Pengajian Ahad Pagi
Ustaz Taufiqurrahman sampaikan taushiah

Allah ﷻ juga menyiapkan pintu-pintu khusus untuk masuk surga menyesuaikan amalan yang telah dilakukan hamba-hamba-Nya. Ketika kita melaksanakan ibadah-ibadah tersebut maka akan bebas lewat dari pintu mana saja.

Pintu Surga yang Bisa Kita Pilih

Disebutkan dalam hadis dari Abu Hurairah Ra, bahwa Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

مَن أنْفَقَ زَوْجَيْنِ مِن شيءٍ مِنَ الأشْياءِ في سَبيلِ اللَّهِ، دُعِيَ مِن أبْوابِ، – يَعْنِي الجَنَّةَ، – يا عَبْدَ اللَّهِ هذا خَيْرٌ، فمَن كانَ مِن أهْلِ الصَّلاةِ دُعِيَ مِن بابِ الصَّلاةِ، ومَن كانَ مِن أهْلِ الجِهادِ دُعِيَ مِن بابِ الجِهادِ، ومَن كانَ مِن أهْلِ الصَّدَقَةِ دُعِيَ مِن بابِ الصَّدَقَةِ، ومَن كانَ مِن أهْلِ الصِّيامِ دُعِيَ مِن بابِ الصِّيامِ، وبابِ الرَّيّانِ

“Siapa yang berinfak sedikit saja untuk dua kendaraan di jalan Allah, maka dia akan dipanggil dari pintu-pintu surga: wahai hamba Allah ini adalah hasil kebaikanmu! Jika ia ahli shalat, maka akan dipanggil dari babus shalah (pintu shalat), jika ia ahli jihad maka akan dipanggil dari babul jihad (pintu jihad), jika ia ahli sedekah maka akan dipanggil dari babus shadaqah (pintu sedekah), jika ia ahli puasa maka akan dipanggil dari pintu puasa atau babur rayyan (pintu ar Rayyan).” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no.1027).

Banyak hadis menyebutkan bahwa pintu surga ada delapan, namun yang disepakati ulama ada empat. Pertama, Babus shalah (pintu shalat), yang dimasuki oleh orang-orang yang mendirikan shalat. Kedua, Babul jihad (pintu jihad), yang dimasuki oleh orang-orang yang berjihad di jalan Allah.

Pengajian ahad pagi
Bapak-bapak menyimak pengajian

Ketiga, Babus shadaqah (pintu sedekah), yang dimasuki oleh orang-orang yang gemar bersedekah. Dan yang keempat, Babur rayyan (pintu ar rayyan) atau disebut juga babus shiyam (pintu puasa), yang dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.

1. Pintu Salat

Panggilan menegakkan salat ketika azan diiringi dengan menuju kemenangan atau kebahagiaan. Itu memberikan makna bahwa dengan salat kita akan mendapatkan kemenangan.

Menegakkan salat akan menghadirkan ketenangan dalam kehidupan, melancarkan rezeki. Merupakan amalan saleh yang akan menemani di alam kubur. Menjadikan orang yang menegakkannya bisa melewati shirat dengan secepat kilat. Bahkan berpeluang masuk surga tanpa hisab.

Keutamaan lainnya, dengan menjadi ahli salat, senantiasa menegakkan salat, maka Allah ﷻ menyediakan pintu surga khusus untuknya, yang disebut babus shalah.

2. Pintu Jihad

Jihad adalah syariat untuk menegakkan kemuliaan Islam. Jihad indentik dengan perang melawan musuh Islam. Selain itu, jihad bisa bermakna bersungguh-sungguh memaksa diri dalam beribadah, memerangi diri sendiri yang menghalangi dari beribadah.

Seringkali kita ibadah harus kita paksakan untuk diri sendiri. Diawali dari memaksa diri itulah maka kita akan bisa membiasakan diri menjalaninya. Kalau kita tidak bersungguh-sungguh dan berusaha istikamah maka akan banyak amalan kita lewatkan.

3. Pintu Sedekah

Pintu ketiga ini termasuk paling mudah yakni bersedekah. Sedekah tak hanya berupa uang atau harta benda, tapi bisa berupa tenaga atau kekuatan. Jadi siapa pun bisa membiasakan bersedekah.

Ibnul Qoyyim mengatakan,

أنها تقي مصارع السوء وتدفع البلاء حتى إنها لتدفع عن الظالم وتطفئ الخطيئة وتحفظ المال وتجلب الرزق وتفرح القلب وتوجب الثقة بالله وحسن الظن به

Sungguh bersedekah itu mencegah kematian yang jelek, mencegah bala’ sampai penggemar maksiat pun terjaga dari bala’ karena rajin bersedekah, menghapus dosa, menjaga harta, mendatangkan rezeki, membuat gembira hati dan menyebabkan hati yakin dan baik sangka kepada Allah.” (Uddah ash-Shabirin hlm 490)

Jadi ada 7 manfaat sedekah yang bisa kita peroleh. Yakni:

  1. Bisa mencegah suul khatimah (kematian yang buruk)
  2. Bisa menghindarkan dari musibah atau bencana
  3. Bisa menghapuskan dosa
  4. Bisa menjaga harta
  5. Bisa mendatangkan rezeki
  6. Bisa menenteramkan hati
  7. Bisa meyakinkan hati berprasangka baik kepada Allah ﷻ

4. Pintu Puasa

Pintu selanjutnya adalah pintu puasa. Puasa adalah ibadah yang istimewa. Hanya orang beriman yang mampu melaksanakannya. Dalam ibadah puasa terkumpul 3 macam kesabaran yakni sabar dalam ketaatan beribadah, sabar dalam menahan diri dari kemaksiatan, dan sabar menerima kesulitan hidup.

Pengajian
Ibu-ibu menyimak pengajian

Dengan mengetahui pintu-pintu surga yang disediakan Allah ﷻ maka kita bisa memilih mau masuk dari mana saja. Kita bisa memperbanyak ibadah untuk memasukinya.

Ringkasan Pengajian Ahad Pagi PCM Weru di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kalisige pada 7 Agustus 2022 yang disampaikan oleh Ust. Taufiqurrahman, M.Pd (Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Sragen)

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822