NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Puncak Keimanan Muslim adalah Terbentuknya Pribadi Berakhlak Mulia

MEDIA AN NUUR─Islam adalah agama sempurna yang diturunkan Allah ﷻ sebagai nikmat yang harus kita syukuri. Islam adalah satu-satunya agama yang diridai oleh Allah ﷻ.

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

“… Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Aku cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agama bagimu …” [Al Maidah (5): 3]

Kesempurnaan Islam termasuk di antaranya adalah kesempurnaan akhlak yang dicontohkan langsung oleh Rasulullah Muhammad ﷺ. Nabi kita berada dalam taraf puncak akhlak-akhlak yang mulia. Akhlak mulia adalah barometer sempurnanya tingkat iman seseorang.

عَنْ أَبِي هُرَيرة قَالَ: قَالَ رسولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّمَا بُعِثتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ

Dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ pernah bersabda: Sesungguhnya aku diutus hanyalah untuk menyempurnakan akhlak-akhlak yang baik.

Termasuk akhlak yang baik adalah memaafkan kesalahan orang lain. Maka seharusnya kita mudah memberi maaf. Memberi maaf atas kesalahan orang, terlebih pada keluarga sendiri. Amatlah miris menjumpai anak dan orang tua yang saling bermusuhan enggan bermaafan.

Khutbah Jumat
Ustaz Fauzan sampaikan khotbah Jumat

Rasulullah menegaskan betapa tinggi derajat muslim yang berbudi pekerti luhur dengan menyamakan derajat para ahli puasa dan ahli salat.

وَإِنَّ صَاحِبَ حُسْنِ الْخُلُقِ لَيَبْلُغُ بِهِ دَرَجَةَ صَاحِبِ الصَّوْمِ وَالصَّلاَةِ

“Sesungguhnya orang yang berakhlak mulia bisa menggapai derajat orang yang rajin puasa dan rajin salat.” (HR. Tirmidzi)

Ucapan-ucapan yang baik dalam memberikan nasihat sebagai bentuk perilaku akhlak mulia jauh lebih baik dari perkataan-perkataan yang kasar. Nasihat tak akan diindahkan orang lain, apalagi diiringi kalimat-kalimat yang tak pantas.

Rasulullah ﷺ bahkan memberikan jaminan berupa istana bagi kaum muslimin yang berakhlak mulia, sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis berikut ini.

أَنَا زَعِيمُ بِبَيْتٍ فِي أَعَلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ

“Aku menjamin istana di atas surga bagi orang yang memperindah akhlaknya.” (HR. Abu Dawud)

Maka marilah kita berusaha sekuat tenaga untuk menjadi pribadi muslim yang berakhlak mulia. Mencerminkan ajaran Islam yang santun sehingga Allah ﷻ mencurahkan cinta kepada kita semua sebagai hamba yang beriman bertakwa.

Ringkasan khotbah Jumat, 22 September 2022 di Masjid An Nuur Sidowayah yang disampaikan oleh Ustaz Fauzan. Diringkas dari hasil rekaman suara.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822