NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Aqiqah Nurul Hayat Aqiqah Keluarga Indonesia

MEDIA ANNUUR─Islam terlalu indah. Syariat-syariatnya pun memiliki nilai keindahan yang dapat dirasakan setiap pribadi dari sudut yang berbeda-beda. Ajarannya luas, seluas kehidupan itu sendiri. Sangat pantas disebut sebagai rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil alamin).

Aqiqah Nurul Hayat

Salah satu syariat yang keberadaannya bernilai sosial tinggi adalah aqiqah. Ibadah yang tak hanya mengajarkan rasa syukur, tetapi juga bagaimana bisa memberikan nilai kemanfaatan bagi sesama. Ini selaras seirama dengan apa kata Nabi Muhammad  ﷺ dalam sebuah hadis populer.

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni)

Aqiqah sebagai ibadah yang dianjurkan pada awal kelahiran manusia ke muka bumi ini menyampaikan pesan yang luar biasa penting terkait kebermanfaatan bagi sesama dengan berbagi. Betapa indah cara Allah ﷻ mengajari hamba-hamba-Nya dalam bermasyarakat.

Memandang pentingnya ibadah yang satu ini, banyak layanan jasa pelaksanaan aqiqah hadir menjadi solusi yang praktis namun tetap sesuai syariat. Salah satunya yang sudah sangat berpengalaman adalah Aqiqah Nurul Hayat, Aqiqah Keluarga Indonesia.

Ternyata Begini Sejarah Awal Syariat Aqiqah

Berbicara aqiqah tentu harus dimulai dengan tahu asal muasalnya dulu. Dengan berkenalan lebih lanjut maka akan timbul rasa sayang, begitu kata orang. Dari rasa sayang itulah akan menghadirkan cinta dalam mengamalkannya.

Masa jahiliyah dulu, ada kebiasaan masyarakat Arab dalam hal merayakan kebahagiaan. Yakni dengan menyembelih kambing. Tradisi itu biasa dilakukan di antaranya adalah saat masuk bulan Rajab yang disebut atirah. Penyembelihan anak unta yang pertama lahir yang dipersembahkan untuk berhalanya atau biasa dinamakan fara'. Lalu untuk kelahiran anak laki-laki mereka menyembelih kambing itu dikenal dengan nama aqiqah.

Perayaan atas lahirnya anak itu menunjukkan suka cita dari orang tua. Usai menyembelih kambing, mereka mencukur rambut bayi laki-laki tersebut. Selanjutnya, kepala bayi dilumuri dengan darah hasil pemotongan kambing.

Ketentuan hewan aqiqah

Begitu Islam datang, Rasulullah Muhammad  ﷺ  menghapus tradisi atirah dan fara', sebagaimana disebut dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim, dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi  ﷺ  bersabda:

لا فَرَعَ وَلا عَتِيرَة

Tidak ada (dalam syariat islam) fara’ dan tidak ada atirah.”

Kemudian untuk tradisi aqiqah, Rasulullah  ﷺ  meneruskannya dengan mengubah aturan. Aqiqah tak hanya untuk kelahiran anak laki-laki, tapi juga untuk anak perempuan. Laki-laki 2 ekor kambing, sedangkan perempuan 1 ekor kambing. Islam jelas mengangkat derajat perempuan yang di masa jahiliyah tak dihargai.

أَنَّ عَائِشَةَ أَخْبَرَتْهَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَهُمْ عَنْ الْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاةٌ

Dari Aisyah dia berkata : Rasulullah bersabda : “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” (Hadits Riwayat Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, dengan sanad hasan)

Lalu kebiasaan melumuri darah pada kepala bayi juga dihilangkan oleh Rasulullah Muhammad  ﷺ. Beliau menganjurkan mengganti dengan melumurkan air bunga-bunga atau minyak wangi. Ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dari Buraidah berikut:

كُنَّا فِى اْلجَاهِلِيَّةِ اِذَا وُلِدَ ِلاَحَدِنَا غُلاَمٌ ذَبَحَ شَاةً وَ لَطَخَ رَأْسَهُ بِدَمِهَا، فَلَمَّا جَاءَ اللهُ بِاْلاِسْلاَمِ كُنَّا نَذْبَحُ شَاةً وَ نَحْلِقُ رَأْسَهُ وَ نَلْطَخُهُ بزَعْفَرَانٍ

Dahulu kami di masa jahiliyah apabila salah seorang di antara kami mempunyai anak laki-laki, ia menyembelih kambing dan melumuri kepalanya dengan darah kambing tersebut. Maka, setelah Allah mendatangkan Islam, kami menyembelih kambing, mencukur (menggundul) rambut anak tersebut dan melumurinya dengan minyak wangi.

Ternyata begitu sejarah mula syariat aqiqah. Ibadah yang erat kaitannya dengan suka cita dan kebahagiaan dalam keluarga. Kebahagiaan yang ditunjukkan dengan berbagi kepada sesama melalui penyembelihan kambing. Begitulah keindahan Islam dalam syariatnya.

Aqiqah Mendidik Keluarga Pandai Bersyukur

Aqiqah adalah perwujudan rasa syukur kepada Allah ﷻ atas karunia-Nya berupa kelahiran anak. Dialah yang memberikan nikmat pada hamba-Nya, maka sudah sepatutnya bersyukur agar kita tak menjadi kufur.

Aqiqah mengajarkan anak untuk mendekatkan diri kepada Allah ﷻ sejak dini. Kebiasaan berbagi diharapkan akan terbentuk pada anak, sebagaimana mereka diaqiqahi ketika bayi.

Keluarga islami
Aqiqah mendidik keluarga senang berbagi pada sesama.

Selain itu, mengaqiqahi anak yang telah dilahirkan juga untuk menunjukkan rasa tanggung jawab atas amanah yang diberikan Allah ﷻ. Tak semua orang bisa mudah mendapatkan anak. Sangat banyak pasangan yang menanti kehadiran buah hati yang tak kunjung tiba.

Momentum kelahiran anggota keluarga baru menjadi bermakna dengan aqiqah. Mendidik keluarga menjadi hamba-hamba yang pandai mensyukuri nikmat.

Rasa syukur juga bermanfaat sebagai usaha kita sekeluarga agar jauh dari penyakit hati. Tak layak sebagai keluarga muslim jika kita memiliki penyakit hati seperti kufur nikmat, takabur, iri, dengki, riya', dan sebagainya.

Aqiqah Ajarkan Keluarga Miliki Jiwa Sosial Tinggi

Rasa syukur pada Allah ﷻ dengan meyakini dalam hati, mengungkapkan dengan lisan, dan mengaplikasikan dalam perbuatan kita. Menyembelih kambing untuk aqiqah dan membagikan kepada orang di sekitar kita adalah wujud nyata kesyukuran itu.

Manusia sebagai makhluk sosial tak mungkin bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Untuk itulah Islam mengajarkan agar kita menjaga hubungan baik dengan sesama manusia.

Contoh terdekatnya adalah menjaga hubungan baik dengan tetangga. Hidup di tengah masyarakat tak mungkin hanya sendirian, ada tetangga-tetangga di sekeliling kita. Maka dari itu, sudah seharusnya kita menjaga hubungan baik dengan tetangga.

وعن أَبي شُريْحٍ الخُزاعيِّ أَنَّ النَّبيَّ ﷺ قَالَ: مَنْ كَانَ يُؤمِنُ بِاللَّهِ والْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيُحْسِنْ إلى جارِهِ

Dari Abu Syuraih Al-Khuzza’i bahwa Nabi ﷺ bersabda, “Siapa saja yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaklah berbuat ihsan kepada tetangganya.” (Hadits Riwayat Al-Bukhari dan Muslim.)

Hidup bertetangga
Manusia tak bisa hidup tanpa orang lain.

Berbagi makanan dari penyembelihan aqiqah kepada tetangga ternyata memiliki banyak fungsi. Berbagi makanan sekaligus berbagi kebahagiaan, sehingga tetangga bisa turut merasakan suka cita atas kelahiran buah hati kita.

Dengan aqiqah bisa mempererat tali persaudaraan antar tetangga. Terlebih jika kita mengumpulkan mereka untuk pengajian sebagai rangkaian aqiqah. Makan bersama dan mendapat siraman ruhani dari ustaz yang menyampaikan taushiah.

Hukum Syariat Aqiqah dalam Islam

Aqiqah sebagaimana disebutkan dalam sejarahnya merupakan tradisi Arab jahiliyah, namun dijadikan syariat oleh Allah ﷻ dengan menyempurnakan tata cara dan aturannya. Kita simak hadis berikut ini.

عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْنَةٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَ يُحْلَقُ وَ يُسَمَّى

Dari Samurah bin Jundab dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” (Hadits Riwayat Abu Dawud)

Hukum pelaksanaan aqiqah adalah sunnah muakkad. Berdasarkan tinjauan ilmu ushul fiqh, sunnah muakkad adalah amalan sunnah dianjurkan untuk dilakukan sebab tingkatannya hampir mendekati ibadah wajib.

Kapan Sih Pelaksanaan Aqiqah?

Pada hadis di atas sudah disebutkan bahwa aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh dari kelahiran anak. Murid Asy Syaukani, Shidiq Hasan Khon, menerangkan bahwa sudah semestinya ada selang waktu antara kelahiran dan waktu aqiqah.

Menurutnya, pada awal kelahiran tentu saja keluarga disibukkan untuk merawat si ibu dan bayi. Sehingga ketika itu, tak mungkin jika mereka dibebani lagi dengan kesibukan yang lain.

Seandainya aqiqah disyariatkan di hari pertama kelahiran sungguh ini sangat menyulitkan. Maka syariat mengatur aqiqah pada hari ketujuh adalah sudah sangat tepat, hari yang cukup lapang untuk pelaksanaan aqiqah.

Lalu bagaimana jika tidak bisa melaksanakan aqiqah pada hari ketujuh? Apakah bisa di hari lain? Dalam masalah ini terdapat silang pendapat di antara para ulama.

Ulama Malikiyah membatasi bahwa aqiqah sudah gugur setelah hari ketujuh. Sementara ulama Syafi’iyah membolehkan aqiqah sebelum usia baligh.

Ulama Hambali berpendapat bahwa jika aqiqah tidak dilaksanakan pada hari ketujuh, maka boleh pada hari keempatbelas, atau keduapuluh satu. Lalu, bolehkah aqiqah selepas usia baligh?

Merujuk fatwa tarjih Muhammadiyah, jika masa kecil belum aqiqah, maka tidak perlu aqiqah ketika usia sudah dewasa. Apalagi mengaqiqahi diri sendiri. Tidak perlu merasa bersalah atau berdosa lantaran belum aqiqah, karena hukum aqiqah bukan wajib, tapi sunnah muakkad.

Arti Penting Aqiqah untuk Keluarga

Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga
(Lagu Harta Berharga - Bunga Citra Lestari, OST Film Keluarga Cemara)

Bait lirik lagu di atas cukup populer dan sangat familiar di telinga kita. Sangat menggambarkan kehangatan dalam keluarga. Keluarga sebagai harta paling berharga, istana paling indah, puisi paling indah, dan mutiara tiada tara.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa setiap tanggal 29 Juni ada perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas). Memang betul, setiap hari adalah hari keluarga, namun ternyata ada momentum khusus untuk keluarga di akhir bulan Juni tersebut.

Ada peristiwa sejarah mengiringi penetapan tanggal 29 Juni sebagai Harganas. Hari itu diambil mengadopsi momen para pejuang kemerdekaan RI kembali pada keluarganya pada 29 Juni 1949 tepat seminggu setelah Belanda menyerahkan kedaulatan bangsa Indonesia secara utuh.

Momentum yang tepat kita membicarakan tentang pentingnya aqiqah sebagai bentuk kesyukuran pada Allah ﷻ. Di mana kita juga berharap agar anak-anak kita menjadi anak yang salih dan salihah. Membaktikan diri pada agama dan patuh pada orang tua.

Aqiqah Nurul Hayat, Aqiqah Keluarga Indonesia

Sebagaimana sempat disinggung di atas, hadir di tengah-tengah kita layanan aqiqah yang mengedepankan kepraktisan tanpa mengabaikan syari, yakni Aqiqah Nurul Hayat yang bertekad menjadi pilihan terbaik untuk Aqiqah Keluarga Indonesia.

Aqiqah Nurul Hayat telah terbukti berpengalaman dan dipercaya puluhan ribu pelanggan. Sudah membantu ibadah aqiqah ummat hingga lebih dari 3000 ekor kambing setiap bulannya. Bahkan terdistribusi hingga 60 kota di seluruh Indonesia.

Layanan profesional sesuai syariat. Pilihan hewan, proses penyembelihan dan masak dijamin memenuhi syarat sahnya aqiqah. Aqiqah Nurul Hayat pun telah tersertifikasi HALAL dari majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dinas Kesehatan dengan nomor : 503.443.51/JB-08618/436.6.3/VIII/2012.

Yang keren lagi, dengan memilih layanan Aqiqah Nurul Hayat Aqiqah maka semakin berkah karena semua keuntungan penjualan digunakan untuk mendukung program dakwah dan sosial Pondok Pesantren Nurul Hayat. Termasuk di dalamnya, mendukung program beasiswa tiap semester 4500 anak yatim. Jadi banyak keuntungan, beraqiqah sekaligus bernilai sedekah!

Alasan memilih Aqiqah Nurul Hayat
Inilah alasan banyak keluarga memilih Aqiqah Nurul Hayat

Aqiqah Nurul Hayat adalah pelopor aqiqah siap saji. Berdiri sejak tahun 2003 sebagai unit usaha Pondok Pesantren Nurul Hayat. Aqiqah Nurul Hayat bertumbuh dengan puluhan ribu layanan aqiqah setiap tahunnya. Tentu semakin nyaman dengan jaminan sertifikat halal MUI. Pantas sekiranya menjadi langganan masyarakat, tokoh dan artis.

Testimoni dari Ricky Harun
Testimoni dari Ricky Harun atas layanan profesional Aqiqah Nurul Hayat

Aqiqah Nurul Hayat siap melayani baik dengan menyediakan hewan mentah atau sudah diolah menjadi masakan sate, gule, krengsengan, dan sebagainya. Soal kualitas dan rasa masakan terjamin karena Nurul Hayat menyiapkan juru masak yang berpengalaman. Dan tak repot lagi karena daging atau makanan tersebut diantarkan gratis ke alamat pelanggan.

Harga paket aqiqah

Pemesan juga akan mendapat 50 eksemplar Risalah Aqiqah dan untuk Tasyakuran akan mendapat 50 eksemplar Risalah Doa. Bisa juga dibantu mendistribusikan ke panti-panti asuhan dan desa untuk support program dakwah. Semakin indah berbagi kebahagiaan keluarga.

Aqiqah Nurul Hayat Tersebar di Mana-mana

Penasaran untuk mencoba layanan aqiqah ini? Kita bisa merekomendasikannya untuk saudara, tetangga, dan kenalan kita untuk memilih aqiqah kelahiran anak ke Aqiqah Nurul Hayat. Apalagi bisa memilih yang terdekat dengan tempat tinggal kita. Berikut ini daftar cabang yang bisa kita hubungi:


Cabang Kontak Lokasi
AQIQAH SURABAYA (PUSAT) (031) 8783344 / 087855265446, 087853000101 Perum IKIP Gunung Anyar B-48 Surabaya
AQIQAH SURABAYA BARAT (BIRO) TANDES (031) 99161061 / 082234563200 Jl Raya Banjarsugihan 1/11 Tandes. ( Depan Pom Bensin / Indomaret Food Junction)
AQIQAH SURABAYA BARAT (BIRO) WIYUNG 085231333317 Jl. Babatan Menganti No. 14 (Depan pintu utama Perum Royal Residence/Mitra 10)
AQIQAH SIDOARJO (031) 8070283, (031) 99701700 / 082243917000 Ruko Citra Indah C8, Jalan KH. Mukmin no.11 Kota Sidoarjo
AQIQAH SIDOARJO 083873007000 Jl.Raya Saimbang (depan Alfamidi), Kebonagung Sukodono Sidoarjo
SIDOARJO 1 (031) 99782989 / 082367877000 Jl. Raya Ngelom No. 279 Taman Sepanjang
SIDOARJO 2 087790067000 Jl. Brigjend Katamso no.31 Wedoro, Waru Sidoarjo
AQIQAH MALANG (0341) 359090 / 082262200090 Jalan S.Supriadi No.7A Sukun Kota Malang
AQIQAH MALANG 081555888850 Jl. Raya Sengkaling No. 162 Malang
AQIQAH KEDIRI (0354) 7417744 / 085102672000 Perum Rimba Karya Timur No.4 Kota Kediri
AQIQAH TUBAN (0356) 332058 / 085102920509 Jalan Delima 70, Kelurahan Kebon Tuban
AQIQAH GRESIK (031) 99103377 / 082299405000 Jalan Siti Fatimah binti Maimun gg Tambang II no.9 Gresik Kota Baru (GKB) Gresik
AQIQAH LAMONGAN (BIRO) (0322) 4675958/ 081233555241 Jl. Kusuma Bangsa No. 30A Lamongan (Depan RSUD Lamongan)
AQIQAH MADIUN (0351) 452425 / (0351) 468537 / 081259851000 Jalan Kapten Tendean No. 28A, Sidorejo, Wungu, Madiun
AQIQAH MAGETAN (0351) 452425 / (0351) 468537 / 081259851000 Jln wilis 440 Maospati RT 13/ 30 Magetan
AQIQAH PONOROGO (0351) 452425 / (0351) 468537 / 081259851000 Jln. Karang Mojo RT 02/02 Balong, Ponorogo
AQIQAH NGAWI (0351) 452425 / (0351) 468537 / 081259851000 Jln. Nongo, Klitik, Kedung rejo rt 03/04 Ngawi
AQIQAH PACITAN (0351) 452425 / (0351) 468537 / 081259851000 Jln. P. Diponegoro no 15
AQIQAH BOJONEGORO 082241411144 Jl. Setyabudi No.65 Bojonegoro
AQIQAH CEPU/BLORA 082233864411 Jl. Surabaya No. 65 Cepu
AQIQAH JEMBER (0331) 412818 / 082334877499 Jl. Hayam Wuruk XIX No. 200B, Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Kota Jember
AQIQAH BANYUWANGI (0333) 417773 / 082231671717 Jl. Ikan Wijinongko, Sobo, Banyuwangi
AQIQAH SEMARANG (024) 6735778 / 085777555699 Ruko Perum Kampoeng Semawis A8, Kedungmundu (Depan Rektorat Universitas Muhammadiyah) Semarang
AQIQAH UNGARAN SEMARANG (024) 76901449 Jl. Mayjend Sutoyo no. 1 B Ungaran
AQIQAH KENDAL 085800008236 Perumahan Purin, Ds. Purwokerto, Jl. Sawojajar no 2, Patebon - Kendal
AQIQAH YOGYAKARTA (0274) 377444/ 081223735000 Jalan Ireda No. 181, Keparakan, Kec. Mergangsan, DI Yogyakarta
AQIQAH SLEMAN (0274) 5012272/ 087839643000 Jl. A.M. Sangaji No.99, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55241
AQIQAH SOLO (0271) 630387 / 081229775752 Jalan Brigjen Katamso no.62F Jebres Surakarta (Depan RS.DR.OEN, Kandang Sapi Jebres)
AQIQAH PURWOKERTO (0281) 651 0476 / 08112664450 Jl. Komisaris Bambang Suprapto No. 16A - Purwokerto
AQIQAH CIKARANG (021) 22162881 / 085210005040 Jalan Imam Bonjol No. 104 Cibitung Kaum Kec. Cikarang Barat, Bekasi
AQIQAH KARAWANG 082322228843 Jl. Bogor No. 04 Karangpawitan Kec. Karawang Barat Kab. Karawang
AQIQAH BEKASI (021) 28084028 / 082210311175, 082817079751 Jalan Jati Makmur Kemang no. 3 RT. 004, RW. 011, Jatimakmur, Kec. Pondok Gede , Bekasi
AQIQAH JAKARTA TIMUR 082260660005 Jalan Beton No.20 RT 001 RW 005, Kampung Ambon, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13210
AQIQAH JAKARTA PUSAT/KEMAYORAN (021) 21471957 / 085283370808 Jalan Letjen Suprapto no 36 Kemayoran Jakarta Pusat
AQIQAH JAKARTA BARAT (021) 21191404 / 08118444419 Jalan Brigjen Katamso No 32 RT 5 RW 8
AQIQAH TANGERANG SELATAN (021) 7444096 / 087700404096 Jalan Ir. Juanda 55 (Raya Ciputat) Tangerang Selatan
AQIQAH CILEDUG (021) 22271004 / 081296652004 Jalan Raden Saleh Ciledug No 3 RT 001 RW 002
AQIQAH TANGERANG (021) 22251295 / 082123456309 Jl. Kavling Pemda Raya No. 167 D, Kota Tangerang
AQIQAH DEPOK (021) 77207021, 77204600 / 085100557587 Jalan Margonda Raya no.1 Depok
AQIQAH JAKARTA TIMUR (021) 2867840 /  081933320032 Jalan Beton no 20 RT 001 RW 005 Kampung Ambon
AQIQAH BOGOR (0251) 8353612 / 082211165600 Jalan Kedung Halang Talang RT 005 RW 001 Kel. Cibuluh, Kec. Bogor Utara, Bogor
AQIQAH BANDUNG (022) 7271686 / 087823536000 Jl. Reog I No.1, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat
AQIQAH CIMAHI 08112435600 Jl. Raya Cilember No 280C, Sukaraja, Cicendo, Kota Bandung, Jawa barat, 40175
AQIQAH CIREBON 082216177772 Jl. Ahmad Yani No.303, Larangan, Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat 45141
AQIQAH BALIKPAPAN (0542) 791334 / 085208477555 Jalan DI Panjaitan RT.029 no.30D Gunung Guntur, Balikpapan
AQIQAH SAMARINDA (0541) 2089812 / 082214667778 Jl. Pangeran Antasari No. 42 RT. 4, Kel. Air Putih, Samarinda, 75124
AQIQAH MAKASSAR 082344466699 Jalan Minasa Upa Raya No.7, Makassar
AQIQAH MEDAN (061)8228592 / 082274999994 Perumahan Athiya Laksa Blok C no 5 Pasar 1 Tanjungsari
AQIQAH PALEMBANG 08117117676 Jl.Rawa Sari No.2410 Kel. D2 Ilir Timur Kec. Kemuning Palembang
AQIQAH TASIKMALAYA 082171163322 Jl. Asrama Nyantong No.3 Kahuripan, Kec. Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46115
AQIQAH PURWAKARTA 082213459900 Jalan RE. Martadinata Gg. Rusa I No. 9 Nagri Tengah Purwakarta
AQIQAH CILEGON 087853000101 Jl. Perum Harjatani Permai Blok B No.12, RT.1/RW.2 Cibeber, Kota Cilegon, Banten
AQIQAH GARUT 08113519950 Jl. Merdeka no. 169 Pertigaan Pasar Ciawi Tali Utara Pengadilan Negeri Garut
AQIQAH SUMEDANG 082122218885 Jl. Angkrek Gg Bali, Bojong Ciakar RT 003/010, Kel. Situ, Kec. Sumedang Utara, Kab. Sumedang
AQIQAH SUKABUMI (0266) 24807754/ 082123333656 Jl. Ciraden RT07/RW02, Cisaat Kabupaten Sukabumi
AQIQAH BANJARMASIN 081254335551 Jl Sultan Adam RT 22 No 04 RW 08 kelurahan Surgi Mufti kecamatan Banjarmasin Utara kota Banjarmasin 70122
AQIQAH JEPARA 081235039955 Jalan Dr. Wahidin Gang Pemuda No. 2 RT.02/RW.02 Pamatan Demaan Jepara
AQIQAH MAGELANG 081235039944 Jl. Giyanti No.19, RT.05/RW.08, Cacaban, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
AQIQAH PEKALONGAN 081228500259 Jalan Kurinci No. 38 RT.05/RW.01 Kel. Podosugih Kec. Pekalongan Barat
AQIQAH SRAGEN 081289222256 Jl Brigjen Katamso, Perum Griya Tegal Sari Asri A1 Sragen (Selatan SMA Negeri 2 Sragen)
AQIQAH TEGAL 082127340002 Jl. AR. Hakim, Gg. Cendrawasih 22, No. 1, Rt/Rw. 06/08 (Belakang Dealer Suzuki Gedong Jembar), Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Tegal
AQIQAH SALATIGA 081212315689 Jl Kyai Hasyim 5B RT 06/RW 01 Dusun Cabean, Kelurahan Mangunsari, Kec Sidomukti, Salatiga
AQIQAH KLATEN 081315050078 Jl. Bhayangkara No 98 Kel. Tonggalan Kec. Klaten Tengah, Klaten
AQIQAH CIANJUR 082122224577 Jl. Baros, RT.02/RW.02, Sukataris, Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
AQIQAH PASURUAN 082122226539 Jl. Kyai H. Ahmad Dahlan, Pohjentrek, Kec. Purworejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67171
AQIQAH MOJOKERTO 082122226711 Depan Kampus UNIM, Perum Bumi Jabon Estate 2 Blok B-06 Ds. Jabon Kec. Mojoanyar Kab. Mojokerto, Jabon, Kec. Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur 61362
AQIQAH SUBANG 082122223474 Jl. Anggur Raya No.30, Sukamelang, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211
AQIQAH TULUNGAGUNG 081322333356 Perum Rimba Karya Timur No.4, Kepatihan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

Semoga artikel ini semakin menyadarkan kita akan pentingnya aqiqah dan betapa besar manfaatnya tak hanya untuk diri pribadi dan keluarga, melainkan juga untuk menunjang kehidupan bermasyarakat dengan kebiasaan baik untuk berbagi. 

#AqiqahNurulHayat
#AqiqahKeluargaIndonesia
Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 1 comments:

2907636960708278822