NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Pelaksanaan Salat Iduladha 1443 H di Masjid An Nuur Sidowayah

MEDIA ANNUUR─Sabtu, 9 Juli 2022. Takmir Masjid An Nuur Sidowayah menyelenggarakan Salat Iduladha 1443 H di masjid. Jemaah memenuhi masjid hingga halaman rumah Pak Diyono. Perbedaan penetapan tanggal hari raya menyebabkan warga dari dukuh lain turut Salat Id di Masjid An Nuur karena di lingkungan tempat tinggal mereka belum melaksanakan hari ini.

Iduladha 1443 H
Jemaah putra penuhi ruangan utama masjid.

Sebagaimana diketahui, PP Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat terkait hari raya khususnya Iduladha 1443 H ini pada tanggal 9 Juli 2022, sementara pemerintah masih besok.

Ketua Takmir
Sambutan Pak Sutarto, kepala takmir.

Sebelum pelaksanaan salat, Panitia Iduladha 1443 H menyampaikan beberapa pengumuman. Di antaranya adalah laporan ternak kurban yang diamanahkan kepada panitia. Untuk kurban sapi ada 7 kelompok, sementara kurban kambing sejumlah 3 ekor.

Laporan panitia kurban
Laporan Pak Danuri selaku ketua panitia kurban.

Salat Iduladha kali ini diimami oleh Ustaz Habib As Salam, sekaligus khatib. Pelaksanaan salat berjalan lancar dan khusyuk. Setelah salat, Ustaz Habib naik ke mimbar menyampaikan khutbah Iduladha.

Ustaz Habib As Salam
Imam dan khatib oleh Ustaz Habib As Salam.

Kelak ketika Allah Swt memperlihatkan amalan kita maka tak akan ada yang bisa mengelak, maka dari itu Ustaz Habib mengajak jemaah untuk mengisi hari-hari dengan menjalankan perintah Allah Swt dan menjauhi larangan-Nya.

Allah telah menyempurnakan Islam, meridai dan menyebut Islam sebagai satu-satunya agama yang diakui di sisi-Nya. Siapa saja yang mencari agama selain Islam maka tidak akan diterima-Nya.

Hari ini, umat Islam yang sedang memenuhi panggilan Allah Swt ke tanah suci telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji di Baitullah. Dan umat Islam diperintahkan menyembelih kurban.

Jemaah putri
Jemaah putri di serambi dan halaman.

Risalah kurban berkait erat dengan kisah Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail As. Sebagaimana diketahui bersama, Allah Swt memerintahkan Nabi Ibrahim As untuk menyembelih Nabi Ismail As, putra tercinta. Mereka patuh sehingga akhirnya Allah Swt mengutus Malaikat menggantikan domba yang disembelih.

Ujian keimanan selalu bertingkat menyesuaikan kadar iman setiap orang. Keimanan kedua Nabiyullah itu pun menjadi contoh besarnya ketaatan pada Allah Swt di atas kecintaan terhadap apapun.

Ustaz Habib mengingatkan bahwa para orang tua berkewajiban memenuhi hak anak untuk dibentuk memiliki pribadi yang beriman. Kewajiban orang tua untuk menyelamatkan keluarga dari siksa api neraka.

Orang tua yang tidak peduli pada anak terutama dalam hal mengenalkan Islam maka akan dimintai pertanggung jawaban kelak di hari akhir.

Rasulullah Saw setiap kali khutbah Id memberikan wasiat kepada kaum wanita. Kebanyakan penghuni neraka adalah wanita. Maka dari itu perbanyaklah amal agar selamat dari neraka. Wanita Islam wajib menutup auratnya. Semua itu harus dilakukan sebagai bentuk ketaatan pada Allah Swt.

Ustaz Habib juga mengingatkan, perlakuan buruk seorang istri kepada suami maka akan kembali menjadi keburukan pada istri itu sendiri. Para istri seperti itu karena tidak menganggap banyaknya kebaikan suami dan hanya melihat buruknya yang mungkin hanya sedikit jika dibanding kebaikannya.

Khutbah Iduladha 1443 H diakhir dengan doa. Demikianlah, pelaksanaan Salat Iduladha di Masjid An Nuur Sidowayah yang berjalan lancar tanpa ada kendala suatu apa.

Sarapan soto
Jamuan sarapan bersama Ustaz Habib.

Usai salat, Takmir Masjid dan Ustaz Habib sarapan soto di rumah Pak Diyono. Pelaksanaan penyembelihan kurban akan dilaksanakan setelah Salat Id hari ini.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822