NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Takbir Keliling TPQ An Nuur Meriahkan Malam Iduladha 1443 H

MEDIA ANNUUR─Gema takbir mengumandang penanda sudah masuk hari kesepuluh bulan Zulhijjah yang berarti besok pagi akan dilaksanakan Salat Iduladha 1443 H. TPQ An Nuur Sidowayah menggelar acara Takbir Keliling.

Berhubung Hari Raya Iduladha 1443 H ada perbedaan dengan pemerintah, rute Takbir Keliling tidak sampai ke kampung sebelah untuk menghormati mereka yang besok masih berpuasa. Takbiran hanya berkeliling Sidowayah saja.

Santri TPQ An Nuur
Santri TPQ An Nuur adakan Takbir Keliling

Takbir Keliling dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Juli 2022 seusai Salat Isya. Adik-adik santri TPQ sudah berdatangan dengan wajah ceria mereka. Sebagian diantar orang tua, sebagian besar lagi datang sendiri bersama teman-temannya. Bahkan tak sedikit orang tua yang menemani anak sepanjang berkeliling.

Seperti biasa, Takbir Keliling ala TPQ An Nuur Sidowayah dilaksanakan dengan berjalan keliling kampung sembari mengumandangkan takbir. Panitia menyiapkan 2 soundsystem portable yang dibawa berkeliling.

Rute takbiran kali ini dimulai dari halaman masjid menuju utara, perempatan masjid belok ke kanan atau arah ke timur. Sampai di perempatan perbatasan ke Candi atau jembatan Sidowayah etan, rombongan takbiran belok ke selatan sampai pertigaan dekat rumah Pak Haji Iskandar belok ke barat.

Santri TPQ An Nuur
Takbiran keliling Sidowayah.

Berjalan ke perempatan utara Musala At Tafsir lanjut belok ke selatan berjalan terus menuju ke Tegalombo. Dari Tegalombo menuju ke jembatan memasuki lingkungan RT 02/07. Lanjut ke utara sampai ke Cowati. Baru kemudian menuju finish di Masjid An Nuur Sidowayah.

Sesampai di masjid, minuman air mineral dan jajanan snack dibagikan sembari beristirahat. Pak Wakhid memanfaatkan waktu untuk menyampaikan beberapa hal. Pertama, kaitan libur TPQ sampai lewat hari tasyrik.

Selanjutnya, Pak Wakhid mengingatkan adik-adik bahwa besok pagi pelaksanaan Salat Iduladha dilanjutkan penyembelihan kurban yang berpusat di Masjid An Nuur Sidowayah.

“Salah satu sunah yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw, besok pagi sebelum Salat Id, adik-adik jangan sarapan dulu, ya,” kata Pak Wakhid. “Makan paginya nanti setelah selesai Salat Iduladha. Berbeda dengan Idulfitri, ya. Kalau Idulfitri disunahkan sarapan dulu.”

Sekira pukul 21:00 WIB kegiatan Takbir Keliling diakhiri. Para remaja masjid malam ini melanjutkan dengan tugas menjaga ternak kurban yang sudah diantar ke masjid. Para remaja menginap di masjid demi mengamankan sapi-sapi tersebut.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822