NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

5 Perkara Dibalas 5 Perkara, Enggan Zakat Akibatkan Hujan Tak Kunjung Turun

MEDIA AN NUUR─Senin, 18 Juli 2022. Pengajian malam Selasa bakda Salat Isya di Masjid An Nuur diasuh oleh Ketua PRM Ngreco, Ustaz Danuri. Seperti biasa diawali membaca Surat Al Fatihah lalu melanjutkan tilawah Surat Asy Syura ayat 1 sampai 10.

Ustaz Danuri
Ustaz Danuri sampaikan kajian

Malam ini Ustaz Danuri melanjutkan bahasan tentang zakat. Beliau membacakan sebuah hadis berikut ini:

خمسٌ بخمسٍ :
–  مانقض قوم العهد إلا سُلِطَ عليهم عدُوُّهُم
–  وماحَكَمُوا بغير الله إلا فشا فيهم الفَقْرُ
–  ولاظهرت فيهم الفاحشة إلا فشا فيهم الموت
–  ولا طفَّفُوا المكال إلا مُنِعُوا النبات وأُخِذَ بالسنين
–  ولا منعوا الزكاة إلا حُبِسَ عنهم القطر

Lima perkara yang dibalas dengan lima perkara : Tidaklah mengingkari janji suatu kaum, kecuali pasti dikalahkan musuhnya; dan tidak berhukum kepada apa yang diturunkan Allah, kecuali merajalela kefakiran; dan tidak merajalela  fahisyah (zina, mencuri, homo) kecuali pasti banyak kematian; dan tidak mengurangi timbangan/ukuran kecuali gagal panen dan diberi kemarau panjang; dan tidak menahan zakat, kecuali tidak diturunkan hujan.” ( HR. At-Thabrani dari Ibnu Abbas )

Dalam hadis di atas disebutkan ada 5 perkara yang akan dibalas Allah ﷻ dengan 5 perkara. Ingkar janji dibalas dengan kekalahan, berhukum bukan berdasar perintah Allah ﷻ dibalas kefakiran merajalela.

Pengajian
Jemaah ibu-ibu

Kemudian, zina merajalela akan dibalas banyak kematian. Kebiasaan mengurangi timbangan dibalas gagal panen. Dan yang jadi pokok bahasan, menahan berzakat maka dilanda kekeringan tanpa turun hujan.

Jemaah bapak
Jemaah bapak-bapak

Ternyata imbas dari keengganan menunaikan zakat tak hanya mengenai pribadi yang bersangkutan. Enggan berzakat maka akan menimbulkan kekeringan, tidak diturunkannya hujan. Semoga hal ini menjadi pengingat untuk kita semua.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822