NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Pengurus TPQ An Nuur Agendakan Kebersihan Masjid Tiap Kamis Sore

MEDIA ANNUUR─Pengurus TPQ An Nuur Agendakan Kebersihan Masjid Tiap Kamis Sore. Masjid yang bersih akan membuat jemaah yang beribadah menjadi nyaman. Kebersihan mendapat perhatian khusus dalam Islam bahkan menjadi bagian dalam beriman, sebagaimana kata Nabi dalam sebuah hadis yang sangat populer berikut ini.

النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ

Annadhofatu minal iman.

Artinya, “Kebersihan adalah sebagian dari Iman.”

Membersihkan masjid
Membersihkan masjid

Untuk menjaga kebersihan masjid, pengurus TPQ An Nuur Sidowayah mengagendakan kegiatan kebersihan sepekan sekali. “Kebersihan dilaksanakan para guru TPQ usai Salat Asar tiap hari Kamis sore,” kata Pak Ibnu Ka'ab, kepala TPQ An Nuur saat ditemui Media An Nuur di masjid, di sela acara bersih-bersih pada Kamis, 2 Juni 2022.

Pak Ka'ab menyapu
Pak Ka'ab menyapu

Terlihat para pengurus TPQ An Nuur sedang melaksanakan kebersihan masjid. Ada yang menyapu dan mengepel lantai, membersihkan karpet dengan vacum cleaner, membersihkan kaca jendela, membersihkan tempat wudu, membersihkan toilet, dan membakar sampah di samping masjid.

Pak Wakhid
Pak Wakhid bersihkan karpet

Menurut Pak Ibnu Ka'ab, sebagian besar pengurus TPQ adalah guru sekolah dan bekerja, jadi waktu sore hari menjadi pilihan terbaik. “Untuk harinya kami pilih Kamis sore, alasannya agar masjid dalam keadaan lebih bersih hari besoknya. Kan buat Salat Jumat,” katanya.

Menyapu lantai masjid
Menyapu lantai masjid

Selain agenda Kamis sore, setiap usai kegiatan belajar mengajar TPQ pada hari Selasa, Jumat, dan Ahad, para guru TPQ juga memastikan masjid bersih dengan menyapu lantainya. Dengan demikian diharapkan masjid selalu tampil bersih.

Membersihkan jendela
Membersihkan jendela

“Kami juga mengimbau pada adik-adik santri TPQ untuk ikut menjaga kebersihan saat belajar di masjid. Caranya, membuang sampah sisa jajan di tempat sampah,” kata Pak Ka'ab.

Mengepel lantai
Mengepel lantai

Para pengurus TPQ juga berharap peran aktif semua jemaah masjid dalam menjaga kebersihan dan kerapian masjid secara bersama-sama. Banyak hadis yang berisikan tentang kebersihan di antaranya sebagai berikut.

عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّ الْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ

Artinya: “Dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR. Tirmizi).

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822