NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Rapat Pengurus TPQ An Nuur Putuskan Program Kerja Selama Setahun Mendatang

MEDIA ANNUUR─Rapat Pengurus TPQ An Nuur Putuskan Program Kerja Selama Setahun Mendatang. Pengurus TPQ An Nuur Sidowayah menggelar rapat tahunan pasca Idulfitri 1443 H, untuk merencanakan program kerja selama setahun ke depan. Rapat dilaksanakan di Bale Steak & Resto Banaran, Pundungrejo, Tawangsari, Sukoharjo pada hari Ahad, 29 Mei 2022 dimulai pukul 09:30 WIB hingga menjelang Salat Zuhur. Dihadiri para pengajar TPQ An Nuur, kecuali Mbak Dinda dan Mbak Wanda yang izin tak bisa gabung.

Pak Ibnu Ka'ab selaku Kepala TPQ An Nuur Sidowayah memimpin jalannya rapat. Beliau memulai dengan melakukan evaluasi atas program kerja tahun sebelumnya. Mana yang sekiranya perlu dilanjut dan mana yang perlu diperbaiki.

Rapat TPQ An Nuur
Pak Ibnu Ka'ab pimpin rapat

Dimulai dari pengelompokan santri yang kemudian disepakati tetap berdasarkan kelas sekolah. “Masalah klasik, jika santri sesuai tingkatan iqro maka akan muncul problema dalam satu kelompok ada beberapa usia kelas. Bocah usia besar akan malu gabung dengan usia kecil. Maka kita pakai kelompok sesuai kelas sekolah,” kata Pak Ka'ab.

Selanjutnya, masalah yang sering muncul adalah santri yang selesai baca-tulis suka berkeliaran main sehingga mengganggu santri lain yang belum selesai. “Mohon dikondisikan agar tiap kelompok tidak meninggalkan kelompoknya sampai selesai kegiatan belajar. Berikan tugas agar santri tetap di tempat.”

Bu Alim, Bu Yeni, dan Bu Tiya

Selanjutnya, evaluasi untuk kegiatan TPQ pada hari Selasa yang selama ini berjalan adalah program ekstrakurikuler. Seperti kerajinan tangan, penampilan santri, pemutaran film, dan sebagainya.

Pemutaran film ditiadakan karena sering terkendala teknis. Agenda lain yang tetap akan dijalankan adalah kerajinan tangan, penampilan santri, permainan, dan ditambah latihan praktik ibadah.

Mbak Septi, Bu Naning, Mbak Nur, dan Mbak Shofi

Selanjutnya, ditegaskan bahwa santri wajib memiliki buku prestasi harian. Buku diberikan oleh TPQ secara gratis, jika hilang harus membeli seharga Rp5.000, tujuannya agar santri benar-benar merawat buku tersebut. Iqro yang digunakan adalah iqro klasikal yang isinya 55 halaman.

Hafalan bacaan salat, doa, dan hadis menggunakan panduan dari putusan tarjih Muhammadiyah seperti yang digunakan oleh BA Aisyiyah Sidowayah. Diusahakan membuat cetakan sendiri untuk pegangan guru.

Bu Winarsih dan Bu Nurul

Perbaikan gerakan wudu dan salat serta bacaannya dilaksanakan secara berkala saat kegiatan belajar mengajar. Sesekali gabung bersama, sesekali dilaksanakan tiap kelompok.

Agenda kegiatan outing class direncanakan 2 kali selama setahun berupa outbond dan renang. Untuk waktunya akan diputuskan saat rapat bulanan. Rencana awal adalah bulan September 2022 dan Februari 2023.

Mulai tahun ini, pengurus TPQ mengagendakan kegiatan kebersihan masjid setiap hari Kamis sore. “Memilih hari Kamis karena besoknya untuk Salat Jumat biar kondisi masjid bersih saat banyak jemaah yang datang.”

Selanjutnya, untuk divisi media sosial selain untuk sharing kegiatan TPQ An Nuur Sidowayah, juga akan dimaksimalkan untuk menampilkan kreasi santri dalam bentuk video-video edukatif.

Demikian beberapa kesepakatan yang berhasil dibuat dalam rapat tahunan pengurus TPQ An Nuur Sidowayah. “Jika masih ada yang perlu dirembuk, kita bahas di grup internal TPQ An Nuur,” pungkas Pak Ka'ab.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822