NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Menghafal dan Memahami Kandungan Surat Al Waqiah Ayat 1-10

MEDIA ANNUUR─Menghafal dan Memahami Kandungan Surat Al Waqiah Ayat 1-10. Pengajian rutin malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah pada kesempatan hari Senin, 30 Mei 2022 diisi oleh Ustaz Sutarto. Seperti biasa, diikuti jemaah Salat Isya yang didominasi ibu-ibu. Ustaz Sutarto mengajak hadirin bersama membaca sambil menghafal Surat Al Waqiah (56) ayat 1 sampai 10.

اِذَا وَقَعَتِ الْوَا قِعَةُ 
لَيْسَ لِـوَقْعَتِهَا كَا ذِبَةٌ 
خَا فِضَةٌ رَّا فِعَةٌ 
اِذَا رُجَّتِ الْاَرْضُ رَجًّاۙ
وَّبُسَّتِ الْجِبَالُ بَسًّاۙ
فَكَانَتْ هَبَاۤءً مُّنْۢبَثًّاۙ
وَّكُنْتُمْ اَزْوَاجًا ثَلٰثَةً
فَاَصْحٰبُ الْمَيْمَنَةِ ەۙ مَآ اَصْحٰبُ الْمَيْمَنَةِ ۗ
وَاَصْحٰبُ الْمَشْـَٔمَةِ ەۙ مَآ اَصْحٰبُ الْمَشْـَٔمَةِ ۗ
وَالسّٰبِقُوْنَ السّٰبِقُوْنَۙ

Selain membaca dan menghafal bersama-sama, Ustaz Sutarto juga mengajak mentadzaburi ayat-ayat tersebut. Mencoba memahami kandungan Surat Al Waqiah ayat 1-10. Beliau mengartikan ayat satu persatu dan mengulasnya sekilas.

Surat Al Waqiah
Ustaz Sutarto ajak jemaah menghafal

Surat Al Waqiah ayat 1 sampai ayat 6 megandung peringatan tentang hari kiamat. Pada ayat awal itu dijelaskan bagaimana gambaran mengenai hari kiamat, berupa guncangan yang dahsyat atau gempa bumi dan gunung meletus. Peristiwa besar itu menyebabkan semuanya tidak berdaya hingga menjadi debu yang bertebaran.

Ibu-ibu pengajian
Jemaah isya ikuti taklim

Kemudian, pada ayat 7 sampai ayat 10 disebutkan bahwa manusia kelak akan di bagi menjadi tiga golongan. Ketiga golongan itu adalah: golongan kiri (golongan sengsara), golongan kanan (golongan mulia) dan golongan orang-orang yang lebih dahulu beriman.

Agar memudahkan menghafal, Ustaz Sutarto menganjurkan mengulang-ulang membaca ayat-ayat tersebut. Semakin sering membacanya maka akan terekam dalam ingatan.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822