NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

KKN UMS Bantu Mengajar di TPQ An Nuur Sidowayah

MEDIA ANNUUR─KKN UMS Bantu Mengajar di TPQ An Nuur Sidowayah. Sejumlah mahasiswa dari UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) bertugas KKN (kuliah kerja nyata) di Kelurahan Ngreco. Beberapa kesempatan mereka hadir dalam kegiatan belajar-mengajar di TPQ An Nuur Sidowayah. Kesempatan ini mereka manfaatkan untuk mengajarkan ilmu kepada adik-adik santri.

KKN UMS Sidowayah
KKN UMS mengajar TPQ.

Awalnya para santri terlihat enggan karena belum kenal dengan kakak-kakak mahasiswa. Setelah membaur akhirnya mereka tampak akrab sekali. Mereka tak segan bertanya bahkan bercanda.

Santri TPQ An Nuur
Santri TPQ An Nuur

Para mahasiswa KKN juga sempat mengadakan bimbingan belajar di MIM Sidowayah. Santri TPQ An Nuur pun memang semua adalah siswa dari MIM Sidowayah. Meski ketika bimbingan belajar tak semua bisa hadir karena rumah jauh dari sekolah.

Santri TPQ An Nuur
Kelompok kelas TPQ

Sore yang berawan di hari ke-18 bulan Februari 2022, seperti biasa TPQ dilaksanakan di Masjid An Nuur. Pak Wakhid membuka pertemuan dengan mengajak santri membaca Al Fatihah dan Doa Mau Belajar bersama-sama.

Farhan dan Zaidan
Farhan dan Zaidan

Kemudian pengucapan Ikrar Santri sebagaimana kebiasaan saat pembukaan pertemuan TPQ. Kali ini yang memimpin pembacaan Ikrar Santri adalah Farhan dan Zaidan. Setelah itu para santri membagi sesuai kelas masing-masing. Kakak-kakak mahasiswa segera menempatkan diri di tiap kelompok.

TPQ An Nuur
Antre mengaji.

Satu per satu santri membaca iqro maupun Al-Qur'an. Sambil menunggu giliran baca, sebagian menyalin huruf arab dari iqro ke buku tulis mereka. Ada juga yang usai baca langsung berlarian saling kejar dengan teman mereka. Begitulah anak-anak.

KKN UMS
Diajari Mbak KKN

Adapun kakak-kakak mahasiswa yang bertugas KKN di Kelurahan Ngreco ini total berjumlah 6 orang. Mereka menempati posko di rumah Pak Budi, kepala dusun Jlumbang di Tawangrejo. Rencananya mereka bertugas selama 34 hari, dari tanggal 31 Januari 2022 sampai dengan 5 Maret 2022.

KKN UMS di An Nuur
Menyimak penjelasan

Adik-adik santri pun sudah berkenalan dengan kakak-kakak KKN UMS tersebut. Nama-nama mereka adalah Kak Adam Pri Afandi, Kak Amalia Kartika Putri, Kak Dela Tri Wahyu Andayani, Kak Putri Ayu Rosmawati, Kak Mila Nasya Novianti, dan Kak Madinda Puspitasari.

KKN UMS di Sidowayah
Menyimak penjelasan.

Setelah selesai kegiatan membaca dan menulis santri kembali berkumpul untuk acara penutupan. Kegiatan hari ini diakhiri dengan membaca surat Al Asr dan Doa Kafaratul Majelis yang dipimpin Mas Hanif.

Mas Hanif tutup acara.
Mas Hanif akhiri pertemuan.


Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822