NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Maksimalkan Layanan, PAFI Lampung Selatan Terus Berupaya Tingkatkan Kompetensi Anggota

MEDIA AN NUUR─Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Cabang Lampung Selatan memiliki peran yang krusial dalam memajukan bidang farmasi di wilayah yang terletak paling ujung bagian selatan pulau Sumatera ini.

PAFI Lampung Selatan sebagai bagian dari PAFI nasional, turut berperan dalam usaha untuk meningkatkan kualitas layanan farmasi sekaligus mengembangkan kompetensi para ahli farmasi di Lampung Selatan.

Peran Ahli Farmasi Mewujudkan Kesehatan Masyarakat

Farmasi merupakan suatu ilmu dan seni membuat obat dari bahan alam maupun sintetik yang cocok dan nyaman untuk didistribusikan serta digunakan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit.

Dengan kata lain, farmasi adalah ilmu yang mempelajari cara meracik, memformulasi, mengidentifikasi, membuat, mengkombinasi, menganalisis, serta menstandarkan obat. Sekaligus memastikan keamanan dan ketersediaan obat.

PAFI Lampung Selatan
PAFI Lampung Selatan memastikan ketersediaan obat masyarakat

Kesehatan memang bukan segala-galanya tapi tanpa kesehatan segalanya menjadi tidak memiliki arti. Bisa dikatakan, kesehatan merupakan tolok ukur dari kesejahteraan  masyarakat di manapun berada.

Peran PAFI dalam memastikan keamanan dan ketersediaan obat sebagai upaya menyembuhkan yang sakit adalah untuk mewujudkan kesehatan masyarakat. Maka perlu sekiranya membentuk jaringan di setiap daerah agar bisa maksimal dalam pelayanan.

Peningkatan Kompetensi Anggota PAFI Lampung Selatan

PAFI Lampung Selatan saat ini dipimpin oleh Ikea Fitrianti, S.Farm, selaku ketua yang terpilih pada mucab di Gedung IBI Kalianda, memimpin pada periode 2023 -2028. Dibantu Ridho Prihatin, A.Md.Farm selaku sekretaris dan Anita Setiawati S.Farm sebagai bendahara.

PAFI Lampung Selatan terus bergiat dengan berbagai program agar dapat menjalankan roda organisasi yang lebih baik, terutama dalam administrasi organisasi, sehingga roda organisasi dapat berjalan dalam koridornya.

Tetap memperhatikan hak-hak anggota, menjaga kompetensi dan meningkatkan profesionalisme anggota yang tergabung di dalamnya, dengan cara meng-upgrade ilmu-ilmu kefarmasian dan kebijakan regulasi terkini.

PAFI Lampung Selatan menggalakkan program pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggotanya melalui berbagai workshop, seminar, dan kursus-kursus berkala yang dirancang untuk mengikuti perkembangan terkini dalam praktik farmasi.

Maksimalkan Layanan untuk Kualitas Hidup Masyarakat Lampung Selatan

Organisasi profesi tertua di Indonesia yang didirikan sebagai wadah untuk menghimpun semua orang yang bekerja di bidang farmasi ini bertekad menjadi garda terdepan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pelayanan farmasi yang berkualitas dan beretika. 

PAFI Lampung Selatan terus menggalang kerja sama, koordinasi, dan kooperasi bersama organisasi profesi kesehatan lainnya agar diperoleh derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, melalui standar profesi, standar praktik, standar prosedur operasional yang berlaku.

Keberadaan pafilampungselatan menjadi perpanjangan tangan PAFI pusat tentu sangat krusial. Semangat untuk terus maju bersama ini semoga menjadikan PAFI semakin jaya dan kian nyata berkiprah dalam pembangunan bangsa melalui dunia farmasi.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822