NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Pentingnya Menuntut Ilmu yang Meninggikan Derajat di Sisi Allah

MEDIA AN NUUR─Allah memberikan gambaran bagi orang yang berilmu seperti mendapatkan cahaya yang bisa menerangi jalan yang dilalui ke depan. Sementara bagi yang tidak memiliki ilmu, maka ia akan tersesat di perjalanan.

Ada beberapa hikmah dari seseorang yang menuntut ilmu, yakni dimudahkan jalan menuju surga. Ilmu yang didapat digunakan sehingga memberi manfaat pada orang lain, maka akan mendapatkan kebaikan sehingga menambah pahala.

Aldino Yoga Ahyan
Kajian bersama Mas Aldino

Untuk itu dalam menuntut ilmu kita harus ikhlas dan mencontoh Rasulullah, maka akan bernilai pahala. Tak ada yang rugi ketika mendapatkan ilmu apapun, baik ilmu agama ataupun yang bersifat umum.

Seorang yang menuntut ilmu ditinggikan derajatnya bersama orang yang beriman. Sebaliknya, bagi yang tidak mau mencari ilmu maka derajatnya akan diturunkan Allah. Bahkan di mata manusia pun akan beda penilaiannya.

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِذَا قِيْلَ لَـكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَا فْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَـكُمْ ۚ وَاِ ذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَا نْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ ۙ وَا لَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadilah 58: Ayat 11)

Seorang yang menuntut ilmu bagaikan pejuang yang berangkat berjihad di jalan Allah. Dari sejak berangkat sampai pulang, ia berada dalam kebaikan pejuang jihad.

Ilmu yang bermanfaat adalah satu dari 3 hal yang akan tetap mengalirkan pahala meski kita sudah meninggal dunia. Ilmu itu membawa keberkahan dari Allah dan meninggikan derajat bagi kita yang mengajarkannya.

Kajian remaja Sidowayah
Remaja menyimak kajian

Selama ilmu yang kita ajarkan dimanfaatkan oleh orang lain maka kita akan mendapatkan pahala. Meskipun ilmu itu hanya sepele dan sederhana, asalkan tetap diamalkan maka akan mengalirkan pahala untuk kita yang mengajarkannya.

Semoga dengan memahami keutamaan menuntut ilmu, kita bisa lebih bersemangat lagi mengikuti kajian ilmu. Niatkan semua karena Allah agar mendapatkan rida dari-Nya.

Kajian remaja Sidowayah, Ahad, 28 Januari 2024, bersama Mas Aldino Yoga Ahyan Sayfulloh dari Gabeng.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822