NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Puasa Ramadan Ibadah Istimewa Perisai dari Perbuatan Keji

MEDIA AN NUUR─Senin, 18 September 2023. Kajian rutin malam Selasa di Masjid An Nuur Sidowayah diasuh Ustaz Danuri, ketua ranting Muhammadiyah Ngreco. Pertemuan diawali dengan tilawah Al-Qur’an melanjutkan Surat An Najm (53) ayat 26 sampai 32.

Malam ini kajian masuk ke materi puasa Ramadan. Tak terasa setelah Ramadan 1444 H sudah berbulan-bulan kita lewati, dan tak akan lama lagi Ramadan 1445 H pun akan segera tiba.

عن أَبي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قال : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : قَالَ اللَّهُ : كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلا الصِّيَامَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu berkata, Rasulullah Shallallahu’alai wa sallam bersabda, “Allah berfirman, ‘Semua amal anak Adam untuknya kecuali puasa. Ia untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis di atas menjelaskan bahwa amal apa saja yang kita lakukan adalah untuk kita sendiri. Amalan itu juga tampak, misal salat, zakat, berhaji, dan sebagainya. Namun, satu-satunya amalan yang sifatnya tidak terlihat adalah puasa, karena hanya kita yang tahu apakah benar puasa atau pura-pura.

Ustaz Danuri
Ustaz Danuri sampaikan tentang puasa Ramadan

Selain itu, tertera jelas pada lafal hadis qudsi di atas, ternyata puasa itu ibadah khusus untuk Allah dan Dia yang membalasnya. Nilai pahala yang berbeda bisa didapat oleh hamba yang berpuasa tersebut.

وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ وَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَصْخَبْ فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي امْرُؤٌ صَائِمٌ

Puasa adalah perisai, jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah berkata keji dan berteriak-teriak, jika ada orang yang mencercanya atau memeranginya, maka ucapkanlah, ‘Aku sedang berpuasa.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Ketika Ramadan tiba, berpuasa benar-benar efektif menjadi tameng dari beragam perbuatan buruk. Rasanya, berbuat baik sedemikian ringan karena semua orang sedang berlomba dalam kebaikan amalan.

Banyak dari kita menjauhi perkataan buruk dan bertengkar, alasan yang kita pakai biasanya adalah kita sedang berpuasa. Dan kenyataan ini adalah bukti nyata puasa sebagai perisai bagi kita.

Kajian masih bersambung pada pertemuan yang akan datang. Semoga kita bisa mengikuti sebagai bekal persiapan menyambut Ramadan yang akan datang, sehingga amal kita bisa maksimal nantinya.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822