NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Mengeksplorasi Indahnya Taruwongso dan Jejak Kenangan Masa Kanak-Kanak

MEDIA AN NUUR─Setiap orang punya kenangan semasa kecil yang tak terlupakan. Kenangan itu bisa berupa peristiwa pada suatu momen di tempat tertentu. Seperti misalnya, tentang Lebaran dan sebuah bukit indah yang disebut sebagai Gunung Taruwongso. Kenangan macam apakah itu?

Ini adalah tentang nostalgia masa kanak-kanak bagi sebagian besar warga yang tinggal di sekitar Taruwongso. Taruwongso adalah nama sebuah bukit alias gunung kecil yang berada di Desa Watubonang, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Ada yang menyebut Tariwongso, namun yang tepat ya Taruwongso itu.

Taruwongso
Salah satu mural di Taruwongso

Banyak content creator dari berbagai daerah yang telah mengunggah hasil kunjungannya ke Taruwongso baik berupa foto ataupun video. Urusan meng-upload konten, bisa mengandalkan IndiHome dari Telkom Indonesia sebagai Internet Provider dengan layanan internet terluas di seluruh nusantara.

Lebaran, Fitrah, dan Taruwongso

Masyarakat sekitar Gunung Taruwongso, baik yang masuk Kecamatan Tawangsari maupun Kecamatan Weru, ketika disebut nama bukit tersebut maka akan melintas memori masa kecil ketika tiba awal bulan Syawal alias Lebaran Idulfitri. Di mana pada saat itulah area Taruwongso berubah menjadi tempat wisata tahunan.

Banyak pedagang dadakan membuka lapak. Bahkan wahana permainan yang biasa ada di pasar malam rakyat turut meramaikan suasana di Taruwongso. Hiburan musik dangdut juga digelar untuk menghibur para pengunjung. Sangat meriah menyemarakkan libur Lebaran.

Anak-anak adalah kelompok yang paling antusias dengan wisata dadakan Taruwongso tersebut. Pasalnya, mereka sedang kaya, sedang banyak uang. Lebaran adalah sumber penghasilan dadakan mereka. Mereka membuktikan bahwa silaturahmi melancarkan rezeki.

Wisata alam Taruwongso
Taman masuk Taruwongso

Setelah berpuasa di bulan Ramadan, kaum muslimin merayakan Idulfitri dengan saling silaturahmi bermaaf-maafan. Dan sudah membudaya, mereka akan memberikan semacam angpao bagi anak-anak. Kalau area sekitar Taruwongso biasa disebut dengan fitrah. Jadi anak-anak panen fitrah berupa uang dari banyak saudara.

Apalagi momentum Lebaran banyak perantau mudik dan pastinya membawa banyak uang. Maka fitrah anak-anak semakin banyak terbagikan. Biasanya, para bocah itu dengan riang gembira berangkat ke Taruwongso untuk membelanjakan penghasilan mereka.

Kenangan itulah yang membekas ketika mereka sudah dewasa. Terlebih bagi yang merantau ke kota besar atau bertugas jauh dari kampung halaman. Tak ayal kenangan akan masa kecil di Gunung Taruwongso itu bagaikan memanggil-manggil pulang.

Daya Tarik Gunung Taruwongso

Sebenarnya, daya tarik Gunung Taruwongso tak hanya sekadar wisata Lebaran. Di luar hari raya, ada saja orang yang menyempatkan berkunjung ke bukit tersebut. Tak hanya warga sekitar, banyak yang beralamat jauh tertarik datang ke Taruwongso.

Yang pernah berkunjung biasanya dengan suka hati mengunggah momentum di Taruwongso ke media sosial mereka. Berkat internet itulah nama Taruwongso banyak dikenal orang sehingga memancing rasa penasaran para netizen. Lalu, apa sih yang menjadi daya tariknya?

Sendang Taruwongso
Salah satu taman buatan di Sendang

Yang pertama, tentu keindahan alam di Gunung Taruwongso. Banyak lokasi spot foto yang bisa dijadikan latar untuk bikin konten baik foto atau video di media sosial. Dari puncak Taruwongso, pengunjung bisa menikmati pemandangan berupa hamparan sawah di bawah sana. Kelokan jalan-jalan desa maupun jalur utama yang menghubungkan area sekitarnya. Hawa sejuk dengan embusan angin membuat kian betah berlama-lama di area gunung.

Pemandangan dari puncak Taruwongso
Pemandangan dari puncak Taruwongso

Bagi pecinta sejarah, ada makam Ki Ageng Banjaran Sari, yang konon merupakan salah satu tokoh di era terakhir Kerajaan Majapahit. Ketika ada tanda-tanda akan runtuhnya kerajaan, Banjaran Sari meninggalkan kampung kelahirannya di Kediri, Jawa Timur. Berkelana dan sampailah di sekitar Taruwongso yang saat itu masih berupa hutan belantara.

Lokasi makam Ki Ageng Banjaran Sari
Lokasi makam Ki Ageng Banjaran Sari

Daya tarik lainnya, Taruwongso memiliki tujuh mata air atau sendang. Tujuh sendang itu adalah Sendang Jaya Kusuma, Sendang Sikapa, Sendang Clarat, sendang Cahyawati, Sendang Gendong, dan dua mata air yang namanya Sendang Kembar (Sumber: Solopos.com)

Batu Taruwongso
Bebatuan unik di puncak Taruwongso

Ada juga beberapa bebatuan unik ikut menambah daya tarik Gunung Taruwongso. Batu-batu itu diberi nama sesuai dengan bentuknya, yakni Batu Gajah, Batu Kandang, Batu Pecak, Batu Manten, Batu Gua, Batu Gebyok dan Batu Amben.

Berkonten Ria Bersama IndiHome

Keberadaan internet sangat berpengaruh dalam mempopulerkan Gunung Taruwongso. Kreativitas para content creator terpacu begitu menikmati kunjungannya di bukit indah ini. Konten terkait Taruwongso banyak diunggah di alam maya, sebagai apresiasi atas keindahan gunung kecil tersebut.

Salah satunya, ada lagu berjudul Taruwongso Bangun Tresno ciptaan Agung Paidi yang dilantunkan berduet dengan Nurma. Video klipnya diambil di lokasi Gunung Taruwongso dan mengeksplorasi keindahannya. Ada juga lagu Gunung Taruwongso dan Tiwul Taruwongso karya Lilik Haryanta yang dinyanyikan oleh Vina Cahaya Mega dan Eko Gudel.

Tak hanya lagu, banyak juga traveller yang membuat konten perjalanan menuju Taruwongso sekaligus merekam kegiatan mereka di sana. Kalau mengetik kata kunci Taruwongso di YouTube misalnya maka akan banyak tersaji video dari para Youtuber.

Di antaranya dari kanal Klaten Drone dengan judul konten Napak Tilas Gunung Taruwongso Sukoharjo. Dari kanal Pecinta Alam Wisata dengan video Gunung Taruwongso Weru Sukoharjo, Suasana Lebaran. Kanal Sanggar Mustika Ghaib dengan liputan Makam Keturunan Brawijaya V, Ki Ageng Banjaran Sari. Dan masih banyak lagi.

Untuk mendukung para pembuat konten di manapun berada, IndiHome dari Telkom Indonesia telah menyediakan layanan paket internet dengan harga terjangkau dengan jaringan terluas dan berkualitas. Dukungan ini sangat penting agar content creator kian berkembang kreativitasnya.

Kembali pada Taruwongso, para putra daerah dari kampung-kampung sekitarnya jangan pernah ragu mengeksplorasi keindahan destinasi wisata kebanggaannya ini. Mengabadikannya dalam konten dan mengunggahnya di internet merupakan usaha merawat kenangan masa kecil yang sebenarnya memang tak terlupakan.

Layanan internet terbaik
Layanan internet terluas IndiHome

Dukungan Internet Provider berkelas IndiHome membuktikan kepedulian pada perkembangan industri kreatif di Indonesia. Peningkatan kualitas layanan internet dengan berbagai paket pilihan menjadikan Telkom Indonesia sebagai partner sempurna bagi content creator sehingga menghasilkan karya-karya terbaik mereka.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822