NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Internet Cepat Dukung Konten Dakwah Tersebar Lebih Luas

MEDIA AN NUUR─Perkembangan dunia digital begitu pesat. Sudah saatnya para pendakwah memanfaatkannya untuk kepentingan umat. Dukungan internet cepat menjadi sarana terbaik dalam berdakwah agar bisa menjangkau area dakwah yang lebih luas. IndiHome dari Telkom Indonesia menjadi salah satu Internet Provider yang bisa diandalkan untuk kepentingan dakwah tersebut.

Internet Cepat Dukung Konten Dakwah Tersebar Lebih Luas
Internet cepat untuk dakwah lebih luas

Ilmu agama beriringan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berkolaborasi menyajikan konten positif di dunia maya. Aktivitas dakwah ditunjang kemampuan membuat konten untuk media sosial menjadi alternatif dalam menyebarkan ajaran agama terutama untuk objek dakwah generasi muda.

Pendakwah Era Digital Perlu Punya Content Creator

Perkembangan kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap gaya hidup masyarakat. Menyikapi hal itu, berdakwah menggunakan platform jejaring sosial seperti YouTube, TikTok, Instagram, Twitter dan sebagainya, tentunya lebih praktis dan cukup efisien. Ibarat kata, dengan sekali unggah, kita bisa menjangkau pemirsa banyak sekali tak hanya dalam negeri bahkan juga di seluruh penjuru dunia.

Yang patut kita syukuri, di internet sudah banyak konten dakwah yang mudah diakses masyarakat umum. Konten dakwah itu dibagikan oleh kanal-kanal resmi dari para pendakwahnya. Artinya, para juru dakwah itu sudah menyadari perlunya membuat kanal mewadahi setiap konten yang dibagikan. Kaum muslimin tinggal pilih menyimak tausiah dari pendakwah mana saja yang disukai.

Para pendakwah seyogianya memiliki admin atau tim khusus untuk merawat setiap akun media sosialnya. Pasalnya, jika media sosial tersebut tidak dimaksimalkan secara profesional maka hanya akan menjadi bahan cibiran netizen. Tanpa kinerja admin yang profesional maka kesuksesan berdakwah bagai api jauh dari panggang.

Adi Hidayat Official
Salah satu konten dakwah di YouTube

Pengelolaan akun dan kanal media sosial secara profesional, banyak sekali manfaatnya. Selain menjadi daya tarik bagi para pengguna internet, juga menjadikan branding diri para pendakwah di kancah digital. Konten dakwah bisa tepat sasaran pada objek dakwahnya.

Konten yang disajikan pun harus dikemas dengan menarik. Makanya, perlu content creator yang menghandelnya. Semakin kreatif tim media sosial dalam membuat konten maka semakin banyak pemirsa terjaring, bahkan menjadi follower setia yang selalu antusias menanti setiap unggahan terbaru.

Sebagai apresiasi atas profesionalnya dalam mengelola media sosial, konten dakwah itu selain bermanfaat pada pemirsa juga bisa menjadikan sumber penghasilan. Yakni ketika kanal berhasil dimonetisasi. Memang itu bukan tujuan utama, namun ketika kanal dakwah sudah bisa menghasilkan untung maka bisa digunakan untuk mengembangkannya lebih baik lagi.

Konten dakwah juga sangat dibutuhkan oleh para pengguna internet. Tak ada yang bisa mengontrol mereka kecuali peringatan dari para da'i. Konten itu bisa mereka konsumsi ketika sudah terunggah di media sosial. Belum tentu mereka mau ke masjid untuk mendengarkan ceramah agama.

Media An Nuur Menjadi Sarana Dakwah Melalui Konten Tulisan

Blog yang sedang Anda kunjungi ini juga sebuah langkah kecil dalam berdakwah. Konten dakwah yang disajikan didominasi oleh resume kajian atau ringkasan ceramah. Meski dengan segala keterbatasan kemampuan admin, harapannya bisa memberi warna tersendiri bagi dakwah di dunia digital.

Tak dimungkiri memang daya baca masyarakat kita masih sangat minim, bahkan sekadar membaca postingan di sebuah blog. Namun begitu, setidaknya dengan melihat judul postingan, ketika ada yang menarik rasa penasaran mereka bisa membuka konten berupa teks dan gambar yang tersaji secara ringkas ini.

Blog Media An Nuur
Salah satu konten dakwah melalui blog

Konten dakwah yang disajikan di blog Media An Nuur ini hanya sebatas hasil penangkapan admin ketika menyimak kajian baik yang diikuti secara offline maupun yang diringkas melalui konten digital secara daring. Andaikan tidak ada yang membacanya, paling tidak ini adalah catatan pribadi admin sebagai ringkasan kajian yang diikuti.

Dakwah Digital dengan Berkonten Ria Bersama IndiHome 

Kembali pada pembahasan urgensi pembuatan konten dakwah untuk khalayak maya. Diperlukan koneksi internet yang stabil dan cepat untuk mendukungnya. Baik untuk keperluan mengunggah konten yang disunting sebelumnya, ataupun konten kajian live streaming. Juga diskusi keagamaan melalui aplikasi virtual meeting yang pasti lebih butuh koneksi yang cepat.

Rekomendasi terbaik ada pada layanan IndiHome dari Telkom Indonesia sebagai Internet Provider yang memiliki jaringan terluas di Indonesia. Saat ini, total pelanggan IndiHome telah mencapai 9,2 juta, dan pastinya akan terus meningkat.

IndiHome dari Telkom Indonesia
IndiHome pilihat terbaik untuk internet yang stabil

IndiHome adalah layanan internet broadband dari Telkom Indonesia yang koneksinya sudah menggunakan jaringan fiber optik. IndiHome memberikan jaminan akses internet cepat dan stabil tak kenal buffering, dengan paketan tanpa batasan kuota.

Jadi, IndiHome menawarkan beragam pilihan paket internet unlimited mulai dari 10 Mbps sampai 300 Mbps. Layanannya bersifat unlimited tanpa batasan kuota dengan mengikuti ketentuan FUP (fair usage policy), di mana pelanggan bisa sepuasnya menggunakan koneksinya. Ketika melebihi ketentuan FUP, tetap bisa digunakan hanya saja kecepatannya diturunkan.

Sebuah pilihan yang bagus untuk para pembuat konten di seluruh Indonesia. Kestabilan koneksinya mendukung pengoptimalan pengembangan potensi content creator. Tentu saja termasuk para admin konten dakwah. IndiHome mempersembahkan layanan terbaik dengan segala inovasinya.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822