NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Rapat Takmir Masjid An Nuur Sidowayah Sambut Ramadan 1444 H

MEDIA AN NUUR─Kamis, 16 Maret 2023. Takmir Masjid An Nuur Sidowayah mengadakan rapat dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1444 H. Bertempat di masjid, usai Salat Isya, dihadiri pengurus takmir dan para tokoh masyarakat Sidowayah.

Pak Tarto
Rapat takmir dipimpin Pak Tarto

Sebagai pembuka, Pak Danuri selaku pemandu acara membacakan maklumat PP Muhammadiyah tentang penentuan awal puasa dan hari raya berdasarkan hasil hisab Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah. Adapun puasa dimulai hari Kamis Pon, 23 Maret 2023, dan Idulfitri pada hari Jumat Pahing, 21 April 2023.

Tokoh masyarakat
Para tokoh masyarakat

Musyawarah secara umum dipimpin oleh Kepala Takmir Masjid An Nuur Sidowayah yakni Pak Sutarto. Menurutnya, sampai saat ini metode hisab relevan digunakan sehingga takmir meyakini apa yang diputuskan PP Muhammadiyah dalam penentuan awal puasa dan hari raya tetap digunakan di Masjid An Nuur. Adapun bila ada jemaah yang berbeda dipersilakan meyesuaikan, tidak ada paksaan dalam hal ini.

Ibu ibu
Para ibu hadiri rapat

Beberapa informasi dan keputusan yang berhasil didapatkan sebagai hasil musyawarah, di antaranya:

  • Akan ada santri dari Ponpes Qoryatul Qur'an yang melaksanakan program safari dakwah di Masjid An Nuur Sidowayah, perkiraan 15 hari pertama Ramadan. Muazin, imam salat, kultum, serta khotbah Jumat akan dilaksanakan oleh para santri tersebut.
  • Pada 10 hari terakhir juga akan ada santri dari Ponpes Qoryatul Qur'an yang melaksanakan Iktikaf di Masjid An Nuur Sidowayah, jumlahnya kurang lebih 10 santri.
  • Kegiatan TPQ An Nuur Sidowayah di antaranya, buka bersama setelah TPQ, tadarus setiap malam di masjid, dan takbiran keliling di malam Idulfitri.
  • Pada tanggal 4 April 2023 akan ada kunjungan tarawih keliling (tarling) dari PCM Weru ke Masjid An Nuur Sidowayah, diharapkan nanti jemaah di musala-musala bergabung ke An Nuur.
  • Penerimaan zakat fitri sekaligus pembagian kepada yang berhak, seperti biasa akan dihandel oleh Remaja Masjid An Nuur Sidowayah, menyusul akan dibuat kepanitiaan.
  • Untuk pemakaman muslim An Nuur Tegal Arum, saat ini sudah dalam proses pemasangan paving. Sudah pasang listrik sendiri dan sudah dibuatkan bangsal. Kedepan akan dibuat tata tertib dan aturan-aturan bagi pemakaman di sana.
  • Laporan keuangan pembangunan makam An Nuur dibacakan oleh bendahara masjid Pak Heri Purwanto, pemasukan sampai akhir Februari 2023 sejumlah Rp28.680.000 dan pengeluaran Rp28.580.000 saldo tersisa Rp100.000. Adapun penanggung jawab dan pengelolaan keuangan oleh Pak Sidik Pramono.
  • Laporan keuangan pengecatan gapura total Rp8.256.000, pembelian etalase untuk tempat mukena dan sarung Rp2.200.000. Saldo takmir saat ini Rp65.539.500. Laporan seutuhnya akan dibuat di akhir Ramadan.
  • Pengeluaran bulanan untuk kebutuhan listrik sampai saat ini dicukupi oleh Pak Basrowi, warga Sidowayah RT 02/06. Semoga menjadi amal jariah keluarga Pak Basrowi.
  • Imbauan untuk para ketua RT agar tetap menarik dana LPD (lembaga pembangunan desa) kepada warga seperti yang selama ini berjalan. Penyetorannya hari terakhir Ramadan atau malam Takbir.

Rapat takmir
Rapat dihadiri para tokoh masyarakat

Demikian hasil musyawarah Takmir Masjid An Nuur Sidowayah. Semoga terlaksana dengan baik semua programnya, tanpa ada kendala. Semoga bisa menjadi sarana membersamai jemaah dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822