NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Kesenian Hadrah Qoryatul Qur’an Meriahkan Temu Santri TPQ Kecamatan Weru

MEDIA AN NUUR─Badan Koordinasi (Badko) LPQ Kecamatan Weru menggelar kegiatan tarhib Ramadan 1444 H pada Ahad, 12 Maret 2023. Diawali dengan pawai santri yang diikuti TPQ se-Kecamatan Weru, start dari Lapangan Desa Krajan menuju finis di halaman Balai Desa Krajan.

Setiba di Balai Desa Krajan, kedatangan peserta  pawai disambut dengan hiburan kesenian hadrah dari atas panggung. Lagu selawat yang ditampilkan menimbulkan semangat kecintaan kepada Rasulullah Muhammad ﷺ.

Adapun kesenian hadrah yang tampil di atas panggung adalah hadrah yang dimainkan para santri Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) Qoryatul Qur’an. Tak disangka, selain mondok untuk menghafal Al-Qur’an, ternyata mereka piawai juga menabuh alat musik perkusi.

Tim hadrah Qoryatul Qur'an
Tim hadrah Qoryatul Qur'an

Hadrah memang akrab sebagai kesenian musik Islam yang ditampilkan dengan iringan tabuhan rebana sambil melantunkan syair-syair serta pujian terhadap akhlak mulia Nabi Muhammad ﷺ, juga biasanya mengandung nasihat-nasihat atau pengajaran yang luhur.

Para santri kelas 3 MA mengaku kesukaan mereka bermain tabuhan telah mendapat wadah penyaluran oleh pondok melalui bermain hadrah. Konon pada awalmya, para santri mendapat fasilitas alat rebana pinjaman dari Ustaz Hasim Makmun Thohar dari Dukuh Langkap, Tawangsari. Kemudian juga ada peralatan tersebut dari salah satu pengurus masjid di Alasombo, dekat pondok.

Berbekal latihan dasar memainkan alat musik perkusi yang diajarkan oleh Ustaz Syarif, mereka pun mengembangkan bakat bermain hadrah. Penampilan para santri penghafal Al-Qur’an di panggung tarhib Ramadan yang diselenggarakan Badko LPQ Kecamatan Weru ini telah menunjukkan eksistensi mereka dalam berkesenian.

Hadrah Qoryatul Qur’an ini di bawah asuhan Ustaz Azharul Fuadi. Para personil hadrah di antaranya adalah Ustaz Azhar, Aldino, Rimba, Alfath, dan Hafidz, selaku vokalis. Lalu ada Faza dan Munif yang memegang bass dan tam. Darbuka dipercayakan kepada Rafa. Sementara rebana dipegang oleh Irsyad, Amir, Rijal Nur, Azzam, dan Rijal Zaki.

Selama ini tim hadrah Qoryatul Qur'an hanya tampil untuk acara pondok. Dan baru kali ini ditampilkan di sebuah event besar yang diikuti lebih dari 3000 peserta. Dengan sukses mereka tampil membawakan beberapa lagu, di antaranya berjudul Ya Habibi, Ya Ayyuhan Nabi, Ya Imaama Rusli, dan tembang Turi Putih.

Tim hadrah Qoryatul Qur’an bahkan sempat berkolaborasi dengan pelantun selawat dari TPQ Kalimosodo, Gemawang, di bawah asuhan Ustaz Amir. Lagu yang dibawakan berjudul Sholatun Bissalamil Mubin, Ya Khoirol Baroyya, dan Turi Putih.

TPQ Kalimosodo
Penampilan TPQ Kalimosodo

Wah, meriah sekali, ya, kegiatan tarhib Ramadan 1444 H yang diadakan oleh Badko LPQ Kecamatan Weru di Desa Krajan ini. Semoga bisa menambah semangat belajar anak-anak TPQ dan semangat berpuasa di bulan Ramadan. Semoga menjadi ladang amal saleh bagi semua yang turut menyukseskan acara ini. Aamiin ya Rabbal alamiin.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822