NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Benchmarking dan Gathering Badko LPQ Sukoharjo, Study Tiru Pengelolaan TPQ ke Badko LPQ Bantul

MEDIA AN NUUR─Ahad, 19 Februari 2023. Badko LPQ Kabupaten Sukoharjo mengadakan kunjungan study banding ke Badko LPQ TKA TPA Kabupaten Bantul. Diikuti oleh sekitar 100 orang pengurus Badko LPQ dari 12 kecamatan se-Kabupaten Sukoharjo. Berangkat pukul 07.15 WIB, menggunakan 2 armada bus, start dari Kantor KUA Kecamatan Sukoharjo.

Badko LPQ Sukoharjo
Berfoto di depan Masjid Agung Bantul

Turut dalam rombongan, Badko LPQ Kecamatan Weru yang diwakili oleh Pak Budi Purwanto (sekretaris) ditemani 6 pengurus lainnya, Pak Handoko, Pak Suhanto, Pak Riyanto, Pak Wakhid, Bu Yuni dan Bu Ika. Sementara Pak Bambang Wahyudi selaku ketua berhalangan ikut karena ada acara lain.

Badko LPQ Weru
Perwakilan dari Weru

Pada rundown acara yang dirilis panitia, sebelum menuju ke Badko LPQ Kabupaten Bantul direncanakan berkunjung dulu ke Keraton Yogyakarta. Sayangnya, karena jalan agak tersendat karena macet, agenda trip pertama itu dibatalkan dan rombongan langsung menuju ke Masjid Agung Manunggal Bantul.

Sekira pukul 10:15 WIB rombongan sampai di Bantul, disambut segenap jajaran pengurus Badko LPQ TKA TPA Kabupaten Bantul di aula Masjid Agung Manunggal Bantul. Kepala Seksi PD Pontren Kantor Kemenag Kabupaten Sukoharjo, Pak Istanto, menyampaikan keinginan Badko LPQ Sukoharjo menimba ilmu ke Badko Bantul ini, sekiranya program-programnya dalam mengurus TPQ bisa diterapkan di Sukoharjo. 

Kepala Badko LPQ Kabupaten Bantul, Pak Arif Nuryanto mengatakan bahwa seluruh kegiatan TPQ di Bantul banyak difasilitasi pemerintah. Pendataan TPQ juga melalui Education Management Information System (Emis) Kemenag. Kebaikan yang terprogram dan terkoordinasi akan lebih berhasil daripada kebaikan yang tanpa program.

Pak Samrodin
Saling berbagi informasi kegiatan

Selanjutnya, Kepala Badko LPQ Kabupaten Sukoharjo, Pak Samrodin mengatakan bahwa di Sukoharjo pun, kegiatan Badko LPQ menggandeng pemerintah daerah meski belum bisa maksimal hasilnya. Kedepan memang akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk lebih memajukan TPQ.

Selanjutnya sesi tanya-jawab, para peserta study tiru mengupas lebih lanjut tentang kegiatan-kegiatan Badko LPQ Bantul dan bagaimana proses tiap agendanya bisa sukses terlaksana dan berkelanjutan. Para pengurus Badko LPQ Bantul dengan senang hati menanggapi setiap pertanyaan para tamunya tersebut.

Badko LPQ Bantul
Berfoto bersama Badko LPQ Bantul

Kegiatan berakhir seiring azan Zuhur berkumandang, Badko LPQ Bantul berikan kenang-kenangan berupa buku panduan pengajar TPQ. Setelah kegiatan inti study tiru di Badko LPQ Bantul, rombongan menuju trip terakhir yakni tadabur alam berkunjung ke Pantai Parangtritis.

Pantai Parangtritis
Di Pantai Parangtritis

Di pantai ini para pejuang TPQ ini saling mengakrabkan diri. Ada yang bermain bola bersama-sama, ada yang sekadar berkejaran dengan ombak alam yang nyata. Sebagian memilih menjadi penonton dan memfoto aktivitas teman-temannya. Senja mulai turun ketika rombongan beranjak pulang.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

Click here for comments 2 comments:

2907636960708278822