NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

4 Amalan Ini Menjamin Kita Masuk Surga dengan Selamat, Apa Saja?

MEDIA AN NUUR─Kamis, 23 Februari 2023. Pengajian warga Sidowayah RT 01/06 di rumah Pak Diyono-Bu Tipar. Dipandu Pak RT sebagai pembawa acara. Diawali membaca Al-Qur’an bersama-sama dipimpin Pak Ibnu Ka'ab, melanjutkan Surat Fussilat (41) ayat 33 sampai 44.

Tausiah malam ini disampaikan oleh Ustaz Danuri. Diawali dengan berkisah, ketika Rasulullah ﷺ pergi ke Madinah, masyarakat di sana sangat antusias berkerumun ingin melihat Rasulullah ﷺ lebih dekat. Kala itulah Nabi ﷺ memberikan pesannya.

عن عبد الله بن سلام رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: «يَا أَيُّهَا النَّاسُ، أَفْشُوا السَّلَامَ وَصِلُوا الْأَرْحَامَ، وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ، وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ، تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلَامٍ». [رواه ابن ماجه ]

Dari Abdullah bin Salam RA, dia berkata, Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, “Wahai manusia! Sebarkanlah salam, sambunglah silaturrahmi, berilah makanan, dan salatlah ketika orang-orang tidur, kalian pasti masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

Amalan Pasti Masuk Surga dengan Selamat

Pada hadis di atas, Rasulullah ﷺ menyampaikan ada 4 amalan yang bisa memasukkan kita ke surga dengan selamat. Yuk kita simak agar bisa mendapat keutamaan tersebut.

1. Sebarkan salam

Salam yang diajarkan Islam mengandung doa keselamatan. Ketika saling bertemu, kaum muslimin dianjurkan saling beruluk salam. Dengan salam ini akan menumbuhkan rasa saling mencintai, menghilangkan iri dan kebencian.

Sebarkan salam
Ustaz Danuri ajak sebarkan salam

Imam Nawawi mengatakan bahwa salam tak hanya dengan mengucapnya saat bertemu sesama muslim. Namun, harus diaplikasikan dengan menciptakan kerukunan, kedamaian, dan persatuan dalam masyarakat. Tidak membuat keributan dan kerusuhan.

Pengamalan menyebar salam juga diterapkan dengan menghargai perbedaan dalam bermasyarakat. Kita tak boleh memaksakan pendapat kita meski meyakini benar. Apalagi menyalahkan yang tak sama dengan pemahaman kita.

2. Sambunglah silaturahmi

Menyambung silaturahmi menjadi sangat penting dalam bermasyarakat. Bahkan dalam Islam, anjuran berbuat baik pada tetangga ditujukan bagi orang beriman pada Allah dan hari akhir.

 مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya.” (HR. Bukhari-Muslim)

3. Berilah makan orang lain

Amalan ini mengajarkan kita memiliki jiwa pemurah. Memberi makan orang lain adalah bentuk kepedulian kita. Lebih jauh, bisa dimaknai dengan gemar membantu orang lain yang kesusahan.

Sidowayah
Warga dengarkan tausiah

Sebentar lagi kita masuk bulan suci Ramadan. Kita akan diajarkan saling memberi dengan berbagi takjil. Ramadan juga menjadi pengingat agar bisa peduli pada sesama terutama tetangga yang membutuhkan bantuan.

4. Salat ketika orang tidur

Salat ketika orang tidur adalah salat malam atau tahajud. Apakah susah amalan ini? Ketika kita sudah membiasakan melaksanakan salat malam maka tak akan menjadi amalan yang sulit dijalankan. Kebiasaan menjadikannya mudah.

Demikian 4 amalan yang bisa memudahkan kita masuk surga dengan selamat. Mari bersama mengamalkannya, agar kelak kita bertetangga tak hanya di dunia tapi bisa bertetangga juga di surga. Sungguh betapa indahnya.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822