NqpdMaBaMqp7NWxdLWR6LWtbNmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANLITE104

Keutamaan Salat Subuh Bagai Salat Sepenuh Malam dan Berpahala Seperti Ibadah Haji

MEDIA AN NUUR─Umat Nabi Muhammad ﷺ memiliki banyak kesempatan beribadah dengan pahala yang luar biasa besarnya. Sehingga meskipun umur rata-rata umat Islam hanya berkisar 60 tahunan, namun tabungan amal bisa lebih banyak kalau dibanding umat Nabi terdahulu meski mereka berumur panjang hingga ratusan tahun.

Keutamaan salat subuh
Ustaz Miryadi sampaikan keutamaan Salat Subuh

Di antaranya adalah melaksanakan Salat Subuh berjemaah dan dilanjutkan duduk berzikir. Salat 2 rakaat ini disyariatkan dan memiliki pahala sama dengan pahala haji dan umrah sebagaimana diceritakan oleh Anas bin Malik RA dari Rasulullah ﷺ, beliau ﷺ bersabda:

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

Barangsiapa yang Salat Subuh berjamaah, kemudian ia duduk – dalam riwayat lain: ia menetap di masjid – untuk berzikir kepada Allâh sampai matahari terbit, kemudian ia shalat dua raka’at, maka ia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Dalam hadis lain disebutkan pahala Salat Subuh dihitung seperti salat semalam penuh. Maka sungguh merugi kita yang melalaikannya. Kesempatan beribadah dibuka sedemikian lebar oleh Allah ﷻ kepada kaum muslimin.

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

Barangsiapa yang Salat Isya berjemaah maka seolah-olah dia telah salat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang Salat Subuh berjemaah maka seolah-olah dia telah salat seluruh malamnya.” (HR. Muslim)

Besarnya pahala dan keutamaan Salat Subuh ternyata tak membuat semua orang bergegas mengejarnya. Hal ini juga sudah disebutkan Rasulullah ﷺ dalam hadis, bahwa Salat Subuh (dan Isya) adalah salat yang  paling berat pelaksanaannya.

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ringkasan Khotbah Jumat, 30 Desember 2022 di Masjid An Nuur Sidowayah yang disampaikan oleh Ustaz Miryadi. Diringkas dari rekaman suara.

Share This Article :
Wakhid Syamsudin

Berusaha menjadi orang bermanfaat pada sesama melalui tulisan. Saat ini mengelola blog Media An Nuur (www.media-annuur.com), Bicara Cara (www.bicaracara.my.id), dan blog pribadi (www.syamsa.my.id)

2907636960708278822